by

4 Refrensi Modifikasi Mio, dari Trail hingga Baby Look

Modifikasi Mio – Yamaha Mio merupakan salah satu skuter matik (Skutik) yang cukup diminati masyarakat di Indonesia. Tingginya minat Yamaha Mio lantaran motor ini punya bodi standar yang menarik.

Ada sejumlah varian yang punya desain yang sportif, alhasil tetap cocok dikendarai oleh kaum Adam. Meski begitu, tak lantas membuat para pemilik Mio lantas puas.

Masih banyak para pengguna Yamaha Mio akhirnya memutuskan untuk memodifikasi kuda besi kesayangannya itu. Untuk urusan modifikasi motor Mio pun cukup mudah, dan bisa disesuaikan dengan bujet yang kamu punya.

Sebelum itu, kamu setidaknya perlu mengetahui sejumlah hal penting untuk modifikasi Mio. Agar sesuai harapan dan mungkin juga bisa menyesuaikan bujet yang kamu punya.

Beragam aliran modifikasi Mio pun bisa jadi pilihan kamu, Sob. Mulai dari  beraliran cross, Mio trail, Mio Baby Look, Mio Thailook, dan masih banyak lagi.

Berikut ini Moladin akan memberikan tips modifikasi motor Mio yang mungkin bisa jadi refrensi buat kamu. Simak ulasan ini sampai habis:

Tips Modifikasi Motor Mio

Modifikasi Mio Trail 2
Sampel Yamaha Mio aliran Cross

Bagi kamu yang ingin modifikasi Mio, kamu perlu mempertimbangkan sejumlah hal penting. Khususnya menentukan aliran dan juga menyiapkan bujet tentunya, agar modifikasi motor Mio sporty yang kamu punya dapat berjalan lancar.

Langkah pertama yang wajib kamu lakukan dalam modifikasi Mio adalah menentukan aliran. Dalam hal ini kamu harus menyesuaikan aliran modifikasi yang memang kamu suka dan tentunya tidak melanggar aturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia.

Sebagai gambaran, aliran yang mungkin kamu bisa aplikasikan mungkin modifikasi Mio cross atau trail. Pilihan modifikasi motor Mio seperti ini mampu meningkatkan tampilan dan juga fungsi kendaraan itu sendiri.

Dengan modifikasi cross atau trail, membuat skutik kamu jadi bisa diajak untuk melahap segala medan jalan, mulai dari off-road dan juga on-road.

Setelah kamu menentukan aliran modifikasi untuk motor Mio yang kamu punya. Kamu juga harus mengetahui seputar spare part yang dibutuhkan untuk menunjang modifikasi Mio yang kamu lakukan.

Berangkat dari spare part yang dibutuhkan tersebut, kamu tentunya jadi memiliki gambaran. Terkait bujet yang dibutuhkan untuk modifikasi motor kesayanganmu.

Dua hal penting yakni menentukan aliran modifikasi dan juga menentukan suku cadang yang dibutuhkan. Setidaknya bisa memiliki gambaran penting untuk modifikasi Yamaha Mio yang nantinya akan kamu lakukan.

Baca juga  Modifikasi Kawasaki D Tracker 150 Demi Up-grade Performanya

Gimana sekarang sudah tahukan kira-kira aliran modifikasi Mio yang apa yang bisa jadi pilihan kamu? Jika masih bingung, berikut sejumlah refrensi modifikasi motor Mio sporty buat kamu, Sob!

Baca juga:

1. Modifikasi Motor Mio Sporty Simpel

Modifikasi Mio Sporty Simpel
Contoh modifikasi simpel. Tidak terlalu banyak merevisi tampilan asli, tapi tetap enak untuk dilihat.

Refrensi modifikasi Mio yang pertama ini cenderung simpel, Sob! Modal yang kamu perlukan lumayan mahal, jika menggunakan part yang mewah.

Contoh modifikasi Mio ini cenderung hanya melakukan sentuhan modifikasi pada sejumlah bodi dan pelek saja. Secara tampilan body masih tersaji bentuk bulat khas Yamaha Mio generasi pertama. Namun sudah diganti dengan warna merah yang terlihat mencolok.

Tampilan Yamaha Mio lansiran 2009 ini tampil lebih gaya dengan sentuhan serat karbon pada bagian cover speedometer. Motor matik ini makin keren dengan part yang tak main-main, seperti kaliper rem Brembo 4-piston lengkap dengan master.

Shock juga sudah diganti menggunakan Ohlins, serta knalpot custom dari titanium. Peleknya juga ikut diganti dengan ukuran 17 inci model jari-jari. Gimana tertarik?

2. Modifikasi Mio Trail, Asyik Dikendarai Dengan Tampilan Tangguh

Modifikasi mio trail
Aliran modifikasi trail

Selanjutnya, kamu bisa memilih modifikasi Mio dengan aliran cross ataupun trail, Sob! Opsi modifikasi Yamaha Mio beraliran trail ini kerap menjadi pilihan banyak masyarakat pecinta petualangan.

Karakter khas motor trail adalah pada kemampuan jelajahnya yang tinggi. Dengan beberapa perubahan pada bodi maupun mesin, Yamaha Mio pun dapat disulap menjadi motor trail yang keren.

Tanpa berpanjang lebar, berikut ide modifikasi Mio trail yang bisa jadi refrensi buat kamu:

Demi menunjang tampilan modifikasi Mio trail, kamu bisa mengganti sepatbor belakang dengan model yang lebih tinggi. Hal ini dilakukan untuk menunjang tampilan trail semakin kuat.

Tujuannya adalah untuk melindungi punggung pengendara supaya tidak terkena cipratan air atau lumpur. Modifikasi ini sangat diperlukan karena motor trail biasanya dipacu di medan yang tidak mulus

Ganti Ban Pacul, Tampilan Kece dan Mampu Melahap Segala Medan Jalan

Modifikasi Mio Trail gunakan ban pacul
Modifikasi Mio Trail gunakan ban pacul

Sentuhan modifikasi Mio trail selanjutnya, kamu bisa ganti dengan ban pacul atau ban off-road. Ciri utamanya adalah pola kembang ban yang sangat menonjol.

Baca juga  Sejarah Honda Vario, Perjalanan Dari 2006 Hingga Kini

Jenis ban ini akan lebih aman digunakan pada medan yang sulit, karena daya cengkramnya lebih kuat. Sebagai refrensi kamu bisa pakai ban Swallow Terra Cros 70/100-17 dan Swallow X-Cross 100/90-14.

Ukuran yang berbeda ini penting diperhatikan. Karena membuat motor dapat melahap medan yang tidak rata dengan mudah.

Lebih jauh, tidak hanya didukung dengan ban yang mumpuni. Kamu juga perlu mengubah bodi yang agar lebih tinggi dan ramping. Dalam hal ini ada sejumlah komponen yang perlu diubah, seperti suspensi, jok, dan stang bisa dibuat lebih tinggi.

Motor trail identik dengan kesan sporty. Untuk Yamaha Mio, hal ini tidak mustahil dilakukan. Caranya adalah dengan menambahkan sejumlah aksesori yang semakin memperkuat kesan tersebut.

Bukan hanya pada perubahan komponen, tetapi juga penambahan striping pada bodi sehingga tampilan motor semakin sporty.

Tambahkan Rangka Penguat, Untuk Modifikasi Mio Trail

Modifikasi Mio menggunakan rangka penguat
Dalam modifikasi Mio bisa menggunakan rangka penguat

Dalam modif Mio trail, kekuatan adalah faktor penting yang perlu kamu perhatikan. Yamaha Mio standar pada dasarnya memang tidak ditujukan untuk medan yang sulit sehingga harus diantisipasi dengan rangka penguat.

Rangka ini tidak terlalu besar, tetapi cukup mampu diandalkan untuk menahan benturan keras. Ketika motor sedang menempuh medan apapun. Modifikasi Mio cross atau trail ini juga ternyata ternyata masih asyik untuk penggunaan harian.

Sebagai penunjang kenyamanan Mio trail, kamu membutuhkan stang motor yang lebih fleksibel. Mungkin kamu bisa menggunakan stang model Fatbar yang lebih ramping dan lebar.

Penggunaan stang ini bukan hanya mendukung modifikasi Mio jadi terlihat menarik. Namun juga lebih nyaman untuk dikendarai.

Bagian lain yang perlu dilakukan untuk Mio modif trail, agar cocok digunakan untuk kegiatan trail adalah suspensi, baik pada bagian depan maupun belakang.

Suspensi depan dapat diganti dengan suspensi Kanzen Taurus. Dimensinya lebih panjang sehingga motor terasa lebih jenjang.

Pada bagian belakang, Mio modif trail ini bisa menggunakan suspensi standar Yamaha X-Ride. Supaya ground clearance terlihat lebih tinggi. Ukurannya lebih baik dibuat berbeda antara suspensi depan dan belakang.

Baca juga  Motor Honda Scoopy Kamu Ingin Tampil Beda? Intip Modifikasi Ini

Jangan Lupa Upgrade Mesin Untuk Menunjang Modifikasi Mio Trail

Modifikasi Mio trail Bodi di buat lebih tinggi
Bodi lebih tinggi, untuk modifikasi Mio trail

Motor trail identik dengan medan yang berat, untuk itu dalam modifikasi Mio trail kamu perlu perhatikan juga faktor mesin. Salah satu langkahnya mungkin kamu bisa bore up sehingga naik jadi 150cc. Perubahan ini Yamaha Mio bisa diajak melahap jalan berat sekalipun.

3. Modifikasi Motor Mio J Baby Look

Modifikasi Mio Baby Look
Contoh modifikasi Mio Baby Look. Paling jamak dilakukan ke Mio J, tapi bisa juga diaplikasikan ke Mio M3 dan berbagai generasi Mio lain.

Refrensi modifikasi Mio selanjutnya yang bisa kamu jadikan acuan adalah konsep baby look. Jenis modifikasi ini cukup digemari anak muda di Indonesia.

Konsep modifikasi Mio baby look, yakni merubah motor standar menjadi lebih trendy dan keren. Khas modifikasi ini adalah dengan menurunkan ketinggian jarak pijak atau ceper.

Demi mendukung tampilan agar terlihat lebih ceper, kamu juga perlu membuat suspensi motor jadi lebih pendek. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu mengubah sejumlah komponen pendukung seperti kampas kopling, asklep, magnet, karburator, dan kelistrikan.

Jenis modifikasi Mio baby look dikenal dengan tampilannya yang mungil namun kencang. Untuk itu, kamu perlu optimalkan bagian mesinnya.

Mungkin dengan melakukan bore up, untuk meningkatkan kapasitas mesin agar lebih optimal. Tak sampai di situ saja, dalam menunjang tampilan dan juga memaksimalkan performa. Kamu perlu mengganti knalpot standar dengan model racing.

4. Modifikasi Yamaha Mio Thailook

Mio Thailook Style
Modifikasi Mio Thailook

Gaya Thailook adalah salah satu gaya modifikasi yang disukai oleh anak-anak muda. Pasalnya, tampilan motor yang diubah dengan gaya ini terlihat menjadi lebih menarik.

Sejalan dengan namanya, gaya ini terinspirasi dari modifikasi motor yang dilakukan di Thailand. Ciri khas modifikasi mio Thailook adalah terlihat meriah dengan warna-warni cerah.

Yamaha Mio yang dimodifikasi ala Thailook Style menggunakan ban dengan ukuran kecil. Pelek yang digunakan adalah pelek jari-jari sehingga kesan ramping lebih maksimal.

Jenis modifikasi Mio Thailook, sebagian bodi juga dapat dibuang sehingga bobot motor semakin ringan.

Nah, sekarang sudah tahukan modifikasi Mio apa saja yang bisa kamu aplikasikan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu.

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

Terbaru