by

Biaya Modifikasi Suzuki XL7 Adventure, Tembus Rp 100 Jutaan

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menampilkan modifikasi Suzuki XL7, bersamaan dengan digelarnya ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 yang berlangsung pada Sabtu (10/10/2020).

Pada ajang ini, Suzuki Indonesia tidak hanya menampilkan modifikasi Suzuki XL7 saja. Namun turut menampilkan versi modifikasi dari Suzuki Ignis dan juga meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition.

Sedikit mengulas Suzuki XL7, mobil ini resmi diluncurkan pada bulan Februari 2020 lalu. Sport utility vehicle (SUV) terbaru andalan Suzuki Indonesia itu menjadi salah satu SUV yang cukup laris di tahun 2020 ini.

Berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) segmen SUV mengalami peningkatan. Khususnya untuk Suzuki XL7, berhasil terjual sebanyak 5.549 unit sejak Januari hingga Juli 2020.

Tentunya pencapaian positif tersebut membawa Suzuki XL7 menjadi salah satu produk low SUV yang laris manis di Indonesia. Terlebih di tahun 2020 ini, meski di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia.

Lalu seperti apa sosok modifikasi Suzuki XL7 yang mejeng di IMX 2020? Simak ulasan lengkap berikut ini:

Mengenal Modifikasi Suzuki XL7 Adventure

Contoh modifikasi Suzuki XL7
Contoh modifikasi Suzuki XL7

Seperti dijelaskan sebelumnya, modifikasi Suzuki XL7 Adventure cukup menarik perhatian di ajang IMX 2020. Mobil ini punya tampilan yang lebih garang dan juga menarik.

“IMX 2020 merupakan ajang yang tepat bagi masyarakat untuk mengetahui perkembangan terbaru industri modifikasi otomotif Indonesia,” ujar Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

Donny menambahkan, “Kami memanfaatkan momen ini untuk berkolaborasi dengan para pecinta dan pegiat modifikasi untuk menampilkan sebuah mobil dengan komponen-komponen modifikasi yang sesuai tren”.

Baca juga  4 Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross, Rival Honda HR-V

“Kami harap modifikasi XL7 ini menjadi inspirasi bagi para pemilik Extraordinary SUV ini dan pengunjung lainnya,” tambah Donny.

Menurut Donny, dipilihnya Suzuki XL7 sebagai kendaraan yang di modifikasi pada ajang IMX 2020. Berangkat dari tren SUV yang semakin meningkat dan performa penjualan Suzuki XL7 yang sangat positif.

Suzuki XL7 menawarkan beragam fitur pendukung kenyamanan berkendara, kabin lapang dan bahan bakar yang efisien, serta desain yang kuat dan gagah. Hal ini yang menjadi alasan modifikasi Suzuki XL7 yang tampil di IMX 2020.

Mengacu pada sejumlah sentuhan modifikasi Suzuki XL7 Adventure, ubahan terletak pada sisi eksterior yang kini terlihat lebih tangguh dan menarik. Beragam aksesoris Suzuki XL7 versi modifikasi menghiasi mobil itu.

Daftar Aksesoris Suzuki XL7 Adventure versi Modifikasi

Modifikasi Suzuki XL7
Dalam modifikasi Suzuki XL7, biaya yang dikeluarkan bisa disesuaikan

Membahas mengenai modifikasi Suzuki XL7, beragam aksesoris menghiasi khususnya pada sisi eksterior. Kesannya jadi terlihat semakin gagah dan berjiwa petualang.

XL7 versi modifikasi hadir dengan balutan kelir hitam, yang mempertegas tampilannya. Selain itu, ubahan terlihat pada penggunaan bodykit FRP Custom Add On pada bodykit bagian depan dan belakang.

Bodykit FRP Custom Add On juga tersedia untuk side skirt dan 4 sisi over fender. Terdapat juga ubahan pada Bodykit FRP Custom Add On Wing Spoiler, Raptor Painting, Roof Box, Roof Bar, Strip and Mountain Decal Airbrush, Hella Chibi Lamp, Under Cariage, dan Interior Retrimed Synthetic Leather.

Baca juga  9 Perbedaan Toyota Avanza Vs Xenia, Mana Lebih Baik?

Guna menunjang tampilannya, modifikasi Suzuki XL7 ini didukung dengan pelek MYTH 07 HSR Ring 16×7 Hole 5×139, 7 ET20 SMG dan Tires Geolandar A/T G015.

Buat kalian yang ingin modifikasi Suzuki XL7 bergaya off-road tersebut, setidaknya harus menyiapkan dana sebesar Rp 107 jutaan.

Harga Aksesoris Modifikasi Suzuki XL7

Aksesoris Modifikasi Suzuki XL7
Aksesoris modifikasi Suzuki XL7

Totalnya ada sembilan aksesoris aftermarket yang melekat di Suzuki XL7 modifikasi adventure. Komponen tersebut antara lain, bodykit, pelek, ban, lampu kabut, serta masih banyak lagi. Semua ubahan tersebut membutuhkan biaya Rp 107 juta.

Ingin tahu apa saja aksesoris yang dikenakan oleh Suzuki XL7 Adventure, berikut daftar lengkap beserta harganya:

No.

PART MODIFIKASI SUZUKI XL7 ADVENTURE

VALUE

1.

Bodykit Custom

Rp25.000.000

2.

Raptor Paint

Rp30.000.000

3.

Wheels

Rp8.000.000

4.

Tires

Rp12.000.000

5.

Interior Work

Rp8.000.000

6.

Livery Concept

Rp4.000.000

7.

Under Carriage

Rp8.000.000

8.

Hella Lamp

Rp4.000.000

9.

Roof Box

Rp8.000.000

TOTAL VALUE

Rp107.000.000

Interior dan Mesin Tak Alami Ubahan Signifikan

Modifikasi Suzuki XL7
Konsep modifikasi Suzuki XL7

Namun sangat disayangkan modifikasi Suzuki XL7 ini hanya sebatas tampilannya saja. Ubahan tidak terjadi pada sisi interior maupun sektor jantung mekanisnya.

Ubahan pada sisi interior terletak pada penggunaan retrim pakai material kulit sintetis. Membuat nuansa kabin terasa lebih mewah, dibandingkan dengan versi standarnya.

Keunggulan Suzuki XL7 dilengkapi dengan fitur smart E-Mirror di varian tertinggi (Alpha). Gunanya untuk menangkap gambar secara digital baik di depan dan belakang kendaraan. Selain lebih modern, fitur smart E-Mirror juga belum dipunya kompetitor.

Baca juga  Kupas Tuntas Nissan Evalia Bekas, Masih Layak Dibeli?

Tersedia fitur modern lainnya, seperti sistem pencahayaan LED untuk visibilitas berkendara lebih baik ketika mengemudi di malam hari. Soal keamanan, mobil ini dilengkapi dengan immobilizer dan alarm.

Tak ketinggalan, Suzuki XL7 sudah disematkan fitur anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dual SRS Airbag, sensor parkir belakang, dan ISOFIX.

Ada pula fitur electronic stability programme (ESP) untuk mencegah mobil tergelincir saat bermanuver di tikungan. Ada pula hill hold control khusus transmisi otomatis.

Dalam menunjang kenyamanan, mobil ini didukung fitur hiburan berupa head unit layar sentuh 8 inci. Tidak ketinggalan AC Digital, dan power outlet untuk mengisi daya smartphone. Khusus varian Beta dan Alpha ada tambahan fitur keyless, auto climate + heater, dan cup holder yang memiliki pendingin.

Terkait jantung mekanis mobil ini dipersenjatai mesin K15B berkapasitas 1.462 cc berteknologi VVT DOHC 16 katup. Dapur pacu itu mampu menyemburkan performa yang cukup baik dikelasnya.

Mesin tersebut mampu menghasilkan torsi puncak sebesar 138 Nm pada 4.400 rpm. Dengan tenaga maksimalnya 103 hp pada 6.000 rpm. Padanannya adalah transmisi 4-percepatan otomatis. Ada pula pilihan 4-percepatan manual.

Sudah cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan berkendara di segala medan jalan di Indonesia. Well.. Semoga informasi mengenai modifikasi Suzuki XL7 ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru