by

Motor Sport Yamaha R7, Meluncur 18 Mei 2021

Meski belum meluncur secara resmi, namun bocoran motor sport Yamaha R7 sudah ramai berseliweran di dunia maya. Pabrikan garpu tala sendiri telah mengeluarkan teaser video di laman Youtube resmi Yamaha Europe.

“Dunia R dalam jangkauan kamu, 18/5/2021,” tulis akun Youtube Yamaha Motor Europe

Dalam video, terlihat bahwa motor full fairing tersebut punya paras yang mirip Yamaha R15 dan R25. Maksudnya adalah kehadiran lubang di tengah-tengah muka. Hanya saja di Yamaha R7, posisi lampunya agak berbeda.

Di dalam lubang itu, hadir lampu utama. Kemudian di sisi kiri-kanan, ada daytime running light. Agak aneh memang, karena motor sport pada umumnya memanfaatkan lubang tersebut sebagai ram air atau tempat masuknya udara sejuk langsung ke mesin.

Keunikan tampilan motor sport Yamaha R7 selanjutnya ada di bentuk knalpot. Lokasinya di samping kanan, namun dimensinya tidak terlalu panjang. Tidak pula menggunakan gaya underbelly atau di bawah mesin.

Lalu yang juga menarik adalah penggunaan mesin dua silinder hasil adaptasi dari MT-07. Agak unik, karena kebanyakan motor sport full fairing di kelas tersebut pakai mesin empat silinder.

Baca juga  6 Cara Modif Motor Jupiter Z Agar Tampil Keren

Ambil contoh Honda CBR600R dan Kawasaki Ninja ZX-6R. Kedua rival R7 tersebut mengandalkan mesin empat silinder yang unggul karena suara yang lebih merdu, serta tenaga maksimal di putaran atas lebih mantap.

Mesin Dua Silinder Supaya Harga Yamaha R7 Lebih Terjangkau

motor sport yamah r7
Bocoran sosok yamaha r7 (sumber: kojintekibikematomeblog.com)

Bukan tanpa alasan motor sport Yamaha R7 pakai mesin dua silinder. Salah satunya adalah supaya harga jualnya lebih terjangkau. Setidaknya itulah bocoran dari media asal Jepang.

“Inilah era di mana lebih mudah menjual produk ke masyarakat dengan harga murah dan didukung tampilan keren, dibanding memiliki performa mesin terbaik,” beber laman bestcarweb.jp mengenai kehadiran Yamaha R7.

Tidak salah ucapan media Jepang tersebut, bukti motor dengan silinder lebih sedikit dijual lebih murah sudah banyak. Di Indonesia saja, contohnya Kawasaki Ninja 250 yang punya mesin dua silinder cuma Rp 60 jutaan. Sementara Kawasaki Ninja ZX-25R dengan mesin empat silinder tembus Rp 100 jutaan. Padahal keduanya sama-sama berkubikasi 250 cc.

Hanya saja memang meski lebih murah, tapi performa mesin dua silinder memang tidak sebuas empat silinder terutama di putaran mesin atas. Coba saja lihat mesin Yamaha MT-07, yang cuma bisa melontarkan torsi 68 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 73 PS pada 9.000 rpm.

Baca juga  MV Agusta Superveloce 75 Anniversario untuk Para Kolektor

Torsinya memang besar, hanya saja tenaganya jauh sekali kalau dibandingkan Honda CBR600RR yang mencapai 121 PS dan Kawasaki Ninja ZX-6R dengan 136 PS. Semoga saja ada revisi yang diberikan oleh Yamaha untuk mesin R7, tidak asal comot milik MT-07.

Kira-kira bakal seberapa murah harga Yamaha R7 yang cuma pakai mesin dua silinder? Bila merujuk Yamaha MT-07 di Indonesia, banderolnya Rp 243 juta (OTR Jakarta). Maka R7 kemungkinan di angka Rp 250 jutaan. 

Prediksi banderol Yamaha R7 itu memang jauh lebih murah dari Kawasaki Ninja ZX-6R yang dijual Rp 317 juta (OTR Jakarta) dan Honda CBR600RR yang tembus Rp 550 juta (OTR Jakarta).

Walau begitu, entah kapan motor sport Yamaha R7 bakal dijual di Tanah Air. Peluncurannya pada 18 Mei 2021, dilakukan di Eropa. Jika masuk Indonesia, biasanya kita baru kebagian unit pada tahun depan. Sabar!

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru