MPV DFSK Tertangkap ‘Wara-Wiri’ di Ibu Kota, Kembaran Serena?

Produk multi purpose vehicle (MPV) berlogo DFSK kepergok ‘wara-wiri’ di jalan perkotaan Jakarta, pada Kamis (19/3/2020). Mobil keluarga asal Tiongkok itu terlihat cukup menarik perhatian, karena dari sisi desain sejatinya mobil ini cukup baik dan bisa menjadi ‘tandem’ Nissan Serena di Indonesia.

Mobil itu ternyata masuk bukan melalui PT Sokonindo Automobile selaku agen pemegang merek (APM) DFSK di Indonesia. “Bukan mobil keluaran Sokonindo Automobile,” ujar Arviane D Bahar, PR Digital Manager & Marketing DFSK Indonesia saat dihubungi Moladin via gawai, Kamis (19/3/2020).

Setelah ditelisik lebih dalam, mobil ini merupakan produk Zhengzhou Nissan Automobile of China (ZNA) Succe yang sempat masuk di tahun 2013 lalu. Namun sayang, populasinya terbilang cukup langka, karena mobil ini kurang mendapatkan minat masyarakat.

Kala itu ZNA Succe diboyong PT Xarrina Motor Indonesia (XMI) selaku agen pemegang merek (APM) ZNA di Tanah Air. Di Tiongkok, ZNA merupakan bagian dari grup Dongfeng Motor Corporation. Maka tak heran jika ZNA Succe memiliki logo yang sama dengan sejumlah produk DFSK yang dipasarkan di Indonesia saat ini.

Baca juga:

Mengenal ZNA Succe MPV berlogo DFSK

ZNA Succe
ZNA Succe sempat dipasarkan di Indonesia, namun sayang kurang diminati

Secara desain mobil ini terlihat cukup modern, ZNA Succe dibangun dari basis Nissan Serena generasi ke-2 atau C24 yang juga dijual di Indonesia. Namun untuk memenuhi selera di Cina, maka mobil ini tampangnya harus dirombak.

Pihak pabrikan mengklaim pada lampu utama, gril, dan bumper depan memiliki bahasa desain ‘faddish U style’. Pada bagian samping, lekuk bodi atap tinggi sangat mirip dengan Serena. Bedanya hanya desain pelek model palang lima yang terlihat kurang menarik, ketimbang kembarannya itu.

Pada bagian interior, tampilannya tidak terlalu menarik seperti yang tersedia di Nissan Serena. Dasbor dengan desain yang sederhana, head unit standarnya pun masih single din.

Mobil ini didukung dengan sejumlah fitur-fitur keselamatan yang cukup baik, seperti sistem rem ABS dan EBD, airbag. Untuk menunjang penumpang di baris kedua, sudah tersedia AC double blower.

ZNA Succe ditawarkan dengan mesin bensin 1.5 liter bertipe 4A15 yang menghasilkan tenaga sebesar 112 hp dengan torsi 135 Nm. Mesin tersebut disalurkan melalui transmisi 5-percepatan manual, dan tidak ada versi otomatisnya.

Di tahun 2013 lalu, MPV berlogo DFSK itu dibanderol dengan harga Rp168 juta hingga Rp178 juta. Dengan harga tersebut ZNA Succe bersaing dengan Nissan Evalia, Suzuki APV, Daihatsu Luxio dan Daihatsu Gran Max.

Baca juga:

 

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *