by

3 Produk Ini Dorong Penjualan Ritel Daihatsu di 2020

Penjualan ritel Daihatsu sepanjang tahun 2020 ini cukup baik, meski pasar otomotif Tanah Air mengalami penurunan. Karena diterpa pandemi virus korona (Covid-19).

Tercatat penjualan Daihatsu sejak awal tahun hingga November 2020 berhasil menembus 90.823 unit. Torehan itu menjadi sinyal positif terhadap pasar otomotif di Indonesia yang berangsur membaik jelang tutup tahun 2020.

Mengacu pada penjualan ritel Daihatsu di bulan November lalu berhasil membukukan 9.200 unit. Torehan itu alami peningkatan sekitar 13 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Di mana penjualan Daihatsu tercatat sebanyak 8.135 unit.

“Kami bersyukur, hingga November penjualan Daihatsu tetap mencatatkan hasil positif, didukung dengan pasar otomotif yang menunjukkan pemulihan secara perlahan,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director and Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Produk yang Berkontribusi Terhadap Penjualan Ritel Daihatsu

Gran Max berkontribusi dorong penjualan ritel Daihatsu di 2020
Gran Max berkontribusi dorong penjualan ritel Daihatsu di 2020

Adapun penjualan ritel Daihatsu secara kumulatif selama 11 bulan di tahun 2020, masih ditopang oleh 3 produk terlaris mereka, yakni:

1.Astra Daihatsu Sigra

2. Daihatsu Gran Max Pikap

Baca juga  PPnBM Nol Persen, Penjualan Mobil Diprediksi Naik!

3. Daihatsu Terios

Torehan penjualan Daihatsu Sigra sejak Januari hingga November tercata sebanyak 24.021 unit atau berkontribusi sebesar 26 persen dari total penjualan Daihatsu. Pada posisi kedua diikut oleh kendaraan komersial, Gran Max Pikap yang berkontribusi sebesar 24 persen.

Pada tahun 2020 ini, Daihatsu Gran Max Pikap sejak Januari hingga November 2020 membukukan penjualan sebanyak 21.699 unit. Diikuti Daihatsu Terios yang berada diposisi ketiga dengan total penjualan sebanyak 13.189 unit atau berkontribusi sebesar 15 persen terhadap penjualan ritel Daihatsu.

Di posisi keempat dihuni oleh Daihatsu Ayla yang berhasil terjual sebanyak 11.587 unit atau berkontribusi sebesar 13 persen dalam penjualan Daihatsu sejak Januari hingga November 2020.

Selanjutnya ada Daihatsu Xenia yang berhasil membukukan penjualan sebesar 8.608 unit dengan kontribusi penjualan sebesar 9 persen. Lalu Gran Max MB yang tercatat terjual sebanyak 9.087 unit.

Terakhir Daihatsu Luxio dan Sirion tercatat terjual sebanyak 2.632 unit atau berkontribusi sebesar 3 persen dari penjualan ritel Daihatsu sepanjang bulan Januari hingga November 2020.

Baca juga  Pro dan Kontra Pajak 0 Persen Mobil Baru Ditolak

Sedangkan untuk penjualan ritel Daihatsu secara bulanan. Persentase penjualan produk-produk Daihatsu di bulan November turut merangkak naik, jika dibandingkan dengan bulan Oktober.

Contohnya seperti pada Astra Daihatsu Sigra yang terjual sebanyak 2.321 unit atau meningkat 30 persen dibandingkan bulan Oktober. Daihatsu Terios juga mengalami peningkatan 29 persen dengan total penjualan sebanyak 1.298 unit.

Sementara Daihatsu Gran Max berhasil terjual sebanyak 1.006 unit atau mengalami pertumbuhan sebesar 27 persen. Selain ketiga produk andalan Daihatsu tersebut, penjualan produk lainnya juga turut membaik.

“Kami berharap, tren peningkatan dan kondisi ini dapat terus kondusif, sehingga pasar otomotif yang menjadi salah satu industri penting penggerak perekonomian di Indonesia dapat bergairah kembali,” pungkas Amelia.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan pasar otomotif segera pulih di Indonesia.

Baca juga:

Terbaru