by

Penjualan Ritel Daihatsu Naik 36,2%, Sigra Kalahkan Xenia

Penjualan ritel Daihatsu naik 36,2% sampai dengan Agustus 2021. Hal tersebut sejalan dengan penjualan otomotif nasional yang mengalami peningkatan secara bertahap di tengah dukungan pemerintah terhadap industri otomotif melalui relaksasi pajak (PPnBM).

Sepanjang periode Januari  sampai Agustus 2021, total volume market nasional untuk ritel mencapai sekitar 527 ribu unit. Sedangkan volume wholesales, yang mengalami peningkatan menjadi sekitar 543 ribu unit.

Daihatsu yang notabennya juga mendapat relaksasi PPnBM dari pemerintah juga kena imbas positifnya, dibuktikan dengan penjualan ritel Daihatsu naik mencapai 89.601 unit, atau naik sebesar 36,2% dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu.

Peningkatan penjualan juga terjadi pada sisi whole sales mobil Daihatsu sebanyak 98.519 unit, naik sebesar 69,9% dibandingkan periode serupa. Selain capaian total, penjualan Daihatsu secara bulanan juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya.

penjualan ritel daihatsu naik

Pada Agustus 2021, penjualan ritel Daihatsu naik sebesar 12.199 unit, tumbuh sebesar 20% dibandingkan Juli 2021 lalu, serta kenaikan wholesales pada periode yang sama sebanyak 14.408 unit, atau naik 55,2% dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca juga  5 Rekomendasi Velg Avanza-Xenia Ring 15, Harganya Terjangkau

“Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2021 mencapai raihan yang cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak untuk menggairahkan sektor industri otomotif” ujar Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso seperti dalam keterangan resminya (14/9/2021).

Sekilas Daihatsu Sigra

penjualan ritel daihatsu naik

Ada yang menarik dari data yang dipublikasikan oleh Daihatsu. Adalah Daihatsu Sigra yang menduduki nomor dua dalam raihan total penjualan pabrikan berlogo D di Indonesia dengan menyumbang kontribusi sebesar 24,3 persen, total penjualannya sebesar 21.895 unit. Angka tersebut mengalahkan penjualan Xenia yang hanya mampu mencapai 6.375 unit.

Mobil ini dibangun dari konsep UFC-3 yang sempat ditampilkan oleh Daihatsu di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 lalu dengan segmen mobil LCGC. Menyusul peluncuran secara resmi di Indonesia si kembar Daihatsu Sigra dan Toyota Calya di tahun 2015.

Daihatsu Sigra sendiri dikembangkan dari platform Daihatsu Ayla, namun dengan dimensi yang lebih besar. Yang membedakan adalah Daihatsu Sigra ditawarkan dalam konfigurasi 3 baris yang mampu menampung 7-penumpang, sementara Daihatsu Ayla hanya berkapasitas 5-penumpang saja.

Baca juga  Spesifikasi Daihatsu Ayla M, Mobil Matik Termurah

Daihatsu Sigra memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.600 mm. Jarak sumbu roda Daihatsu Sigra sebesar 2.525 mm.

Mobil ini ditawarkan dalam 10 tipe dari 6 varian utama: D, M, X, X Deluxe, R dan R Deluxe. Selain itu, mobil ini juga dipasarkan dalam dua pilihan mesin, 3-silinder 1.0-liter dan 4-silinder 1,2-silinder, serta opsi transmsi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Mendapat respon positif selama perjalanannya, tahun 2019, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penyegaran pada Daihatsu Sigra. Secara tampilan Daihatsu Sigra kini tampil lebih modern, serta dilengkapi dengan sejumlah fitur baru.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penjualan ritel Daihatsu naik 36,2 persen. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru