by

7 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Jalan, Waspadalah

Bagi kamu yang penasaran mengenai penyebab mobil matic tidak bisa jalan, umumnya disebabkan oleh sejumlah hal. Ketika kondisi ini terjadi tentunya kalian perlu mengetahui bagaimana solusi yang tepat mengatasi kendala ini.

Seperti diketahui penyebab mobil matic tidak bisa jalan biasanya kerap dirasakan para pemilik mobil pada kondisi tertentu. Bisa terjadi secara tiba-tiba, atau sebelumnya timbul gejala terlebih dahulu.

Ketika terjadi secara tiba-tiba, tentunya mobil matic tidak bisa jalan bakal menyulitkan kalian. Terlebih saat menghadapi kemacetan kota, atau ketika ingin memulai aktivitas sehari-hari.

Lalu kira-kira apa saja yang jadi penyebab mobil matic tidak bisa jalan? Berikut ini Moladin akan memberikan sedikit gambaran penyebab mobil matic tidak bisa jalan:

1. Transmisi Slip atau Loss Jadi Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Jalan

Faktor penyebab mobil matic tidak bisa jalan
Faktor penyebab mobil matic tidak bisa jalan

Membahas mengenai penyebab mobil matic tidak bisa jalan yang pertama, mungkin bisa disebabkan karena terjadi slip di mesin atau transmisi. Masalah ini kerap terjadi ketika mobil tengah melaju.

Umumnya loss atau slip pada proses perpindahan gigi yang seharusnya terjadi secara otomatis. Alhasil mobil akan terasa kehilangan terasa kehilangan tenaga, dan diakhiri mesin akan mengeluarkan bunyi meraung.

Seakan pengemudi menginjak pedal gas terlalu dalam, namun mobil tidak akan melaju seiring suara mesin yang meraung. Ketika terjadi dalam kondisi ‘stop n go’, seperti menghadapi kemacetan di perkotaan, mobil tidak akan melaju, meski posisi  gigi telah dipindahkan ke ‘D’.

Baca juga  9 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Berikut Solusinya

Saat kondisi ini menimpa mobil kalian, segera cek transmisi otomatis mobil kalian. Tak lupa cek, apakah waktu pergantian pelumas sudah perlu dilakukan? Mengingat jika terjadi kerusakan pada sistem transmisi otomatis, biaya yang harus dikeluarkan cenderung besar.

2. Perpindahan Gigi Tidak Berjalan Normal

Gejala awal yang muncul, transmisi tidak akan berjalan normal
Gejala awal yang muncul, transmisi tidak akan berjalan normal

Kendala kedua yang jadi penyebab mobil matic tidak bisa jalan bisa dikarenakan oleh perpindahan gigi terasa tersendat atau terhentak ketika mulai berjalan. Biasanya kondisi dibarengi dengan gas diinjak, namun putaran mesin seakan terasa tersendat.

Umumnya kondisi disebabkan oleh transmisi otomatis mobil kalian alami masalah. Pasalnya kondisi normal sebuah mobil dengan transmisi otomatis, perpindahan gigi cenderung halus tanpa hambatan.

Ketika ditelusuri lebih dalam, masalah ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada komponen solenoid pressure atau TCM speed sensor pada transmisi matic elektrik. Sedangkan untuk jenis transmisi konvensional, bisa disebabkan oleh terjadi kebocoran oli atau pelumas yang kotor.

Dampaknya mengakibatkan tekanan tak kuat mengangkat perpindahan gigi pada rpm yang sesuai. Oleh karena itu, rutinlah mengganti pelumas transmisi sesuai waktu yang telah ditentukan.

3. Mobil Bergetar dan Mati Secara Tiba-Tiba

Munculnya getaran kuat, jadi penanda transmisi matik mulai alami masalah
Munculnya getaran kuat, jadi penanda transmisi matik mulai alami masalah

Masalah yang kerap menjadi penyebab mobil matic mati tidak bisa jalan, dikarena transmisi matik mengalami kendala seperti mati secara tiba-tiba. Gejalanya bukan hanya sebatas tersentak saja, namun mobil akan terasa bergetar hebat, yang berujung mati secara tiba-tiba.

Baca juga  6 Tips Merawat Mobil untuk Pemula, Sederhana dan Mudah!

Gejala yang mungkin muncul biasanya terjadi ketika pengemudi melakukan pengereman. Getaran akan terasa cukup kuat, lalu mesin berhenti perlahan, hingga akhirnya mati total.

4. Perpindahan Gigi Tidak Berjalan Lancar

Penyebab mobil matic tidak bertenaga
Penyebab mobil matic tidak bertenaga karena kelebihan muatan

Mengenal lebih jauh penyebab mobil matic tidak bisa jalan bisa disebabkan oleh transmisi otomatis yang tidak mau berpindah sesuai kebutuhan. Masalah ini bisa disebabkan terjadi kerusakan pada sisi switch di transmisi.

Kerusakan pada switch itu membuat transmisi tidak mau berpindah, sehingga mobil tetap berada pada mode parkir. Selain itu, masalah bisa disebabkan oleh free play pedal kopling yang terlalu besar atau komponen di dalam persneling mengalami kerusakan.

Kala hal ini menimpa mobil ini, segera lakukan perbaikan. Agar kerusakan tidak menjalar ke komponen mesin lainnya.

5. Transmisi Otomatis ‘Nyangkut’

Ketika transmisi nyangkut tentu akan merepotkan pengemudi
Ketika transmisi ‘nyangkut’ tentu akan merepotkan pengemudi

Penyebab mobil matic tidak bisa jalan, umumnya disebabkan oleh transmisi atau gigi yang mengalami kendala. Ada sejumlah temuan bahwa mobil matik tak mau berjalan karena sistem transmisi tidak bergerak dari posisi paling tinggi.

Biasanya transmisi terasa ‘nyangkut’ atau stuck. Gigi tidak bisa naik maupun turun, seakan tersangkut.

6. Tak Kuat Menanjak

Ilustrasi mobil menanjak
Ilustrasi mobil menanjak

Mengacu dari sejumlah sumber, penyebab mobil matic tidak bisa jalan bisa disebabkan oleh kondisi jalan. Seperti diketahui kelemahan mobil bertransmisi otomatis biasanya di jalanan menanjak.

Baca juga  Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil, Ampuh Sob!

Meskipun posisi tuas transmisi berada di posisi L atau 1, dengan kondisi pedal gas diinjak dalam. Namun pada beberapa kesempatan, mobil justru tak mau diajak menanjak.

Kalau hal ini terjadi pada mobil kalian, biasanya bisa disebabkan tenaga mobil yang kurang mumpuni melahap kondisi jalan. Sejalan dengan beban mobil yang terlalu berat.

Bisa juga disebabkan oleh kondisi mobil yang tak mumpuni, mungkin karena usia yang cenderung tua.

7. Kelistrikan Bermasalah Jadi Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Jalan

Cek kelistrikan mobil, karena berpotensi membuat mobil mati
Cek kelistrikan mobil, karena berpotensi membuat mobil mati

Berdasarkan pengalaman banyak pengguna mobil, masalah yang terjadi ditenggari oleh sistem kelistrikan yang alami masalah. Alhasil mobil tidak berjalan seperti biasanya.

Terdapat beragam penyebab yang mempengaruhi sistem kelistrikan mobil, seperti aki yang cenderung aus atau soak, atau sistem elektrikal yang mengalami masalah.

Perlu untuk kalian ketahui, merawat mobil bertransmisi matik memang membutuhkan perhatian ekstra, dibanding mobil-mobil bermesin manual. Biasanya masalah timbul, karena pemilik mobil lalai melakukan perawatan.

Oleha karena itu, penting untuk pemilik kendaraan selalu melakukan perawatan berkala dengan teratur untuk menjaga kondisi mobil tetap dalam kondisi prima.

Baca juga:

Terbaru