Minggu, Juni 16, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Pilihan Ban SUV Awas Jangan Salah Pilih

by Ivan
Paham dan kenali Pilihan ban SUV

Pertumbuhan pasar SUV saat ini terus meningkat, bahkan bertambah semarak dengan kehadiran Sport Ulility Vehicle berjantung listrik. Namun sebagai pengguna, Anda jangan sampai gagal paham pada pilihan ban SUV.

Pasalnya SUV sesuai namanya ditakdirkan siap hidup di dua alam sehingga menuntut penggunaan ban yang berbeda. Pilihan ban SUV terbagi atas ban A/T, H/T, dan juga M/T.

Pilihan ban SUV berkode A/T merupakan kependekan dari All Terrain, lalu ban H/T adalah Highway Terrain. Sementara ban M/T merujuk pada Mud Terrain. Ketiganya memiliki peruntukan masing-masing sesuai dengan tipenya.

Salah satu jenis ban H/T lansiran Michelin

Salah satu jenis ban H/T lansiran Michelin

Untuk ban A/T memiliki kemampuan untuk digunakan di beragam permukaan jalan, baik di jalan aspal maupun di jalan off-road ringan semisal di jalan tanah yang tidak terlalu gembur.

Untuk ban H/T pada beberapa ban bertipe HP yang berarti High Performance, diperuntukan bagi SUV performa tinggi yang dipakai dominan di jalan aspal dengan kecepatan relatif tinggi.

Sementara ban M/T lebih diperuntukan di medan berat seperti berlumpur atau bersalju sehingga kerap ditemukan kode M + S (Mud + Snow) karena ban tipe ini memiliki cengkraman yang baik di kedua medan tersebut.

Mengetahui Ban SUV Berdasarkan Desain Telapaknya

ban mobil suv savero at pro - ragam ukuran

Tersedia ukuran ban 17 inch dengan berabgai macam profil untuk Pajero dan Fortuner

Ketika kita sudah memahami pengertian dari masing-masing pilihan ban SUV, kini waktunya mengetahui karakteristik ban tersebut dari desain telapaknya. Pada ban A/T umumnya hadir dengan desain telapak yang sedang dimana ciri kembangannya merupakan gabungan dari kembangan kasar dan halus.

Tidak heran jika kombinasi dari gabungan desain kembangan ini memungkinkan ban A/T untuk dapat melahap jalan aspal hingga medan off-road ringan. Berbeda tuntu desain telapaknya dengan ban H/T.

Ban H/T memiliki celah yang relatif lebih rapat atau biasa disebut Rib Type. Alhasil ban tipe ini cenderung lebih nyaman dipakai SUV saat melintas di jalan aspal dan tidak berisik ketika dipacu di kecepatan tinggi, karena tidak terdapat turbulensi udara ketika ban berputar.

Lalu tipe ban M/T memiliki desain telapak ban yang lebih lebar dibandingkan tipe A/T. Celah ban yang lebar ini berguna untuk jalur pembuangan lumpur atau batu di telapak ban M/T agar tetap memiliki traksi optimal di medan jalan berlumpur. Lantas apa efek jika salah menentukan pilihan ban SUV di mobil kesayangan?

Desain telapak ban M/T

Desain telapak ban M/T

Tentu ada beberapa kerugian yang dirasakan ketika Anda salah dalam memilih tipe ban SUV yang pas bagi mobil kesayangan. Ambil contoh ketika ban M/T digunakan di jalan aspal dan dikemudikan di kecepatan tinggi maka ban akan lebih cepat aus karena kompon yang diusung ban cenderung lebih lunak.

Selain itu, jika ban M/T digunakan di jalan aspal maka akan timbul suara bising karena telapak ban M/T memiliki celah lebar yang memungkinkan angin menyusup diantara celah telapak ban. Termasuk akan lebih cepat panas dan rentan overheat sehingga berbahaya.

Begitu juga ketika SUV menggunakan ban H/T memaksakan terjun ke medan jalan berlumpur. Mobil dipastikan akan terjebak di kubangan lumpur karena desain alur rapat pada ban H/T tidak mampu membuang lumpur dengan baik.

Perawatan Ban SUV

Tidak ada yang spesial ketika kita harus melakukan perawatan ban SUV karena pada dasarnya sama dengan ban tipe lainnya. Namun penting untuk rutin melakukan 3 langkah ini agar pilihan ban SUV kita tetap awet.

1. Perhatikan Tekanan Angin

tips bawa barang di mobil saat mudik

Ban mobil harus sesuai tekanan anginnya

Memperhatikan dan memastikan tekanan angin sesuai dengan rekomendasi pabrikan jelas akan membuat ban lebih awet. Anda bisa melihat ketentuan tekanan angin yang sesuai berdasarkan informasi yang umumya tertera di pada pintu kendaraan.

2. Rotasi Ban Teratur

Langkah sederhana lain agar pilihan ban SUV Anda tetap awet ialah dengan merotasi ban secara teratur sesuai rekomendasi ban. Dan lakukanlah pemeriksaan keseimbangan ban atau lebih dikenal dengan istilah balancing roda.

3. Lihat Masa Pakai Ban

Jangan mengabaikan masa pakai ban maksimal atau TWI (tread wear indicator) ban dan patuhilah dengan mengganti ban saat telapak menyentuh TWI.

Daftar Tipe Ban A/T, H/T, dan M/T

ban model A/T dari BF Goodrich All-Terrain T/A KO2

Pilihan ban SUV model A/T dari BF Goodrich All-Terrain T/A KO2

Setelah mengetahui pengertian, karakteristik telapak ban, dan perawatan ban SUV, sekalin kami jabarkan beberapa daftar yang masuk tipe ban A/T, H/T dan juga M/T.

Pada ban A/T pilihan bannya beragam dan diyakini bikin tampilan mobil lebih macho. Mulai dari ban BF Goodrich All-Terrain T/A KO2, Toyo Open Country A/T, GT Radial Savero A/T, GT Radial Savero A/T Pro ( Pattern Baru), ban Michelin LTX A/T2 dan ban Yokohama Geolandar A/T G015.

Pilihan ban SUV model H/T

Pilihan ban SUV model H/T

Untuk ban H/T listnya jauh lebih panjang mulai dari Michelin Primacy Michelin Pilot Sport 4 SUB, BF Goodrich Advantage, Toyo Proxes T1 Sport, GT Radial Champiro HPY, Bridgestone Turanza T001 dan Potenza, Yokohama Avid Ascend, GT Radial Savero HT2, Falken Ziex ZE950 A/S dan masih banyak yang lainnya.

Lalu untuk ban M/T ada ban GT Radial Savero Komodo M/T Plus, Forceum MT-08+, Accelera MT-01, Achilles Dessert Hawk XMT, Toyo Open Country M/T, BF Goodrich All-Terrain T/A KO2, Michelin LTX A/T2, Falken Wildpeak M/T ataupun juga Yokohama Geolandar M/T G003. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika