Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Penyebab Lampu Motor Redup dan Cara Mengatasinya

by Tigor Sihombing
lamou motor

Lampu adalah salah satu perlengkapan wajib yang harusnya berfungsi baik saat berkendara. Ketika lampu motor tiba-tiba redup, tentu berpotensi mengancam keselamatan berkendara di malam hari, dan juga bisa kena tilang dari petugas Kepolisian.

Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk memahami penyebab dan solusi terhadap penurunan kecerahan lampu ini.

Karena pada kenyataanya penyebab utama dari lampu depan motor yang redup umumnya terkait dengan gangguan pada sistem kelistrikan di motor itu sendiri.

Komponen-komponen seperti spull, kiprok, kabel bodi, dan baterai atau aki menjadi fokus utama perhatian, karena gangguan pada bagian ini dapat mengakibatkan penurunan kecerahan lampu.

Lampu motor yang redup berpotensi menimbulkan celaka

Lampu motor yang redup berpotensi menimbulkan celaka

Berikut kami sampaikan 7 penyebab lampu motor redup beserta solusi cara mengatasinya.

1. Aki Motor Mulai Melemah

Daya listrik untuk menyalakan lampu berasal dari aki motor. Oleh karena itu, memeriksa secara rutin kondisi aki menjadi langkah yang penting. Aki yang mulai melemah dapat menjadi penyebab lampu motor yang redup.

Baca juga  Cara Memasang Mika Lampu Motor yang Benar

2. Kabel Kelistrikan Bermasalah

Modifikasi pada kelistrikan sepeda motor seringkali dilakukan oleh pemilik kendaraan. Pemasangan kelistrikan yang tidak benar dapat mengakibatkan lampu motor redup.

Pemeriksaan kabel utama penghubung lampu juga penting untuk memastikan tidak ada kesalahan arus yang dapat menyebabkan penurunan kecerahan lampu.

Lampu Motor

Relay berpotensi jadi penyebab lampu motor mati

3. Masalah Relay

Permasalahan pada relay atau sekring yang terhubung dengan lampu sepeda motor dapat menjadi penyebab lampu yang redup. Pemeriksaan secara rutin terhadap kebersihan dan kondisi relay dapat membantu menjaga performa lampu.

4. Kondisi Socket Lampu Sepeda Kotor

Socket lampu sepeda motor yang kotor, longgar, atau lepas dapat menyebabkan penurunan kecerahan lampu. Pemeriksaan jalur kabel dan socket dengan cermat diperlukan, termasuk perhatian terhadap kondisi plastik pada socket yang mungkin mengalami kekenduran.

5. Saklar Lampu Kotor

Saklar lampu yang kotor akibat penggunaan yang lama tanpa perawatan dapat menyebabkan lampu motor menjadi redup. Masa pemakaian yang lama dapat menghasilkan debu dan karat pada saklar, memengaruhi stabilitas sinar lampu.

Baca juga  Peraturan Lampu Motor, Siang Hari Wajib Menyala?

6. Fitting Lampu Rusak

Fitting lampu yang rusak juga dapat menjadi penyebab redupnya lampu motor. Pemeriksaan terhadap dudukan lampu, terutama bagian tembaga yang menghantarkan listrik, sangat penting untuk memastikan koneksi yang baik.

7. Spull Penerangan Melemah

Spull penerangan yang melemah dapat menjadi penyebab utama lampu utama yang redup. Pengukuran ketahanan spull penerangan secara rutin diperlukan untuk memastikan kinerja normalnya. Jika ketahanan mendekati 2 ohm, sebaiknya spull penerangan segera diganti.

Memahami penyebab dan solusi dari lampu motor yang redup dapat membantu pengendara untuk melakukan perawatan preventif dan menghindari potensi risiko keselamatan dan tilang. Dengan pemeliharaan yang baik, lampu motor tetap terang dan memberikan jarak pandang yang optimal saat berkendara di malam hari.

Demikian ulasan terkait penyabab lampu motor redup. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika