by

Rekomendasi 6 Mobil Hatchback Terbaik 2021

Mobil hatchback terbaik 2021, kerap dicari oleh konsumen yang menginginkan kendaraan beraura sporty. Bodi ringkas, serta performa mesin mantap jadi keunggulannya.

Walau demikian, tidak semua mobil jenis hatchback selalu berperfroma tinggi. Tersedia pula hatchback paket hemat yang dijual di Indonesia.

Bodinya memang sporty, namun performa mesin tidak terlalu istimewa layaknya mobil sport. Meski demikian, tidak bisa dikatakan jelek juga. Sebut saja Toyota Yaris, Suzuki Baleno, Mazda 2, Kia Rio, dan Honda Jazz.

Pabrikan banyak membuat mobil hatchback seperti ini, agar nyaman untuk dikendarai sehari-hari melewati kemacetan jalan. Tujuannya tidak lain, supaya konsumsi BBM lebih hemat. Sekaligus harga jual bisa juga bisa ditekan.

Jika kamu mencari hatchback dengan kriteria seperti itu. Ada baiknya simak rekomendasi 6 mobil hatchback terbaik dan termurah tahun 2021, lewat tulisan di bawah ini:

1. Toyota Yaris

toyota yaris td sportivo
Salah satu hatchback paling populer di Indonesia, Toyota Yaris

Mobil hatchback terbaik 2021 dengan harga murah yang pertama adalah Toyota Yaris. Kendaraan ini dijual mulai Rp 266,25 juta (OTR Jakarta).

Di atas kertas, Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.500 mm. Kemudian soal mesin, tidak ada beda dengan Vios selaku kembarannya yang menggunakan kubikasi 1.496 cc.

Salah satu keunggulan dari mobil hatchback Toyota ini, sudah memiliki berbagai fitur keselamatan. Mulai dari anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), hingga brake assist (BA). Hadir pula airbag, vehicle stability control (VSC), serta hill start assist (HSA) yang mampu melindungi pengendara dan penumpang selama berkendara.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota GR Yaris yang Siap Masuk Indonesia

2. Suzuki Baleno

Suzuki Baleno Hatchback 2015
Desain Suzuki Baleno Hatchback sangat modern, banderolnya juga terjangkau

Harga mobil hatchback terbaik 2021 dari Suzuki ini memang sangat terjangkau. Baleno dijual mulai dari Rp 235 jutaan.

Walau demikian, dari sisi fitur tidak kalah dengan kompetitor. Sebut saja kehadiran sistem pencahayaan LED proyektor di lampu depan, keyless entry, sensor parkir, head unit layar sentuh, hingga auto AC.

Salah satu yang membuat harga Suzuki Baleno terjangkau adalah kapasitas mesin tidak terlalu besar. Kubikasinya cuma 1.373 cc. Alhasil jangan terlalu banyak berharap ke performa. Di sisi lain, keuntungan pakai mesin kecil, konsumsi BBM bisa lebih hemat.

3. Daihatsu Sirion

mobil hatchback terbaik
Sirion merupakan hatchback entry level termurah di Indonesia

Kalau kamu cari mobil hatchback terbaik yang paling murah, maka Daihatsu Sirion facelift adalah jawabannya. Harga kendaraan berlogo D ini cuma Rp 201,75 juta (OTR Jakarta).

Alasan banderol Sirion bisa sangat terjangkau, lantaran dimensinya paling ringkas dibanding kompetitor. Panjangnya cuma 3.895 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.525 mm.

Lalu kapasitas mesin, Daihatsu Sirion juga paling kecil yaitu cuma 1.329 cc. Dengan demikian, fokusnya memang untuk mengirit konsumsi BBM. Bukan performa akselerasi.

Baca juga  Toyota Yaris Sedan Akan Disuntik Mati

Fitur-fiturnya pun cukup istimewa dengan AC digital, head unit layar sentuh, lampu depan LED, hingga, kamera parkir.

4. Mazda 2

mobil hatchback terbaik mazda 2
Kelebihan Mazda 2 ada di fitur keselamatan yang sangat lengkap, ditambah performa mesin mantap

Di segmen hatchback entry level, Mazda 2 bisa dibilang punya performa mesin cukup hebat. Mesin Skyactiv-G berkubikasi 1.496 cc miliknya bisa melontarkan torsi 144 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 111 PS pada 6.000 rpm.

Selain punya performa mantap, fitur-fitur Mazda 2 juga sangat modern. Ada head up display, pengaturan head unit dari kenop pintar, dan lain-lain. Soal keselamatan, juga paling istimewa. Mazda memberi teknologi i-Activesense yang bisa membuat mobil mengerem secara otomatis untuk mencegah potensi tabrakan.

Lewat berbagai kelebihan tersebut, wajar kalau Mazda 2 masuk ke dalam kategori mobil hatchback terbaik. Jika kamu tertarik, harganya mulai Rp 285,3 juta (OTR Jakarta).

5. Honda Jazz

Honda Jazz 2021
Punya performa mesin mantap dan harga terjangkau jadi kelebihan Honda Jazz

Mobil hatchback yang sangat populer di Indonesia, tidak lain adalah Honda Jazz. Rival Toyota Yaris ini istimewa lantaran mesinnya paling bertenaga dibanding kompetitor.

Mesin 1.5 liter milik Jazz mampu melontarkan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm dan tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm. Lebih hebat dari Mazda 2.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki Baleno Hatchback, Ini Faktanya!

Walau demikian, Jazz masih kalah dari sisi fitur keselamatan. Honda cuma memberi mobil hatchback terbaik ini ABS, EBD, dan airbag.

Kelebihan lain dari Honda Jazz adalah harganya. Kendaraan ini dijual mulai Rp 255 juta (OTR Jakarta). Bila kamu ingin meminangnya, sebaiknya cepat. Pasalnya tidak lama lagi, Jazz bakal digantikan oleh City Hatchback untuk pasar Tanah Air.

6. Kia Rio

kia rio
Dengan membeli Kia Rio, kamu bakal tampil beda

Mobil hatchback terbaik 2021 yang satu ini memang jarang terdengar, walau demikian tetap dijual di Indonesia. Potensi Kia Rio sebagai kendaraan sporty dan ringkas juga boleh diadu.

Kelebihannya yang pertama adalah fitur unik seperti sunroof. Ada pula rem cakram di empat roda. Fitur-fitur lain seperti head unit layr sentuh yang terkoneksi Apple Car Play dan Android Auto juga tersedia.

Performa mesin, tidak terlalu istimewa. Cuma pakai kubikasi 1.348 cc. Lalu harganya juga tidak bisa dibilang murah, mulai Rp 277,45 juta (OTR Jakarta). Mobil Kia ini cocok sekali untuk kamu yang ingin tampil beda.

Itulah tadi enam rekomendasi mobil hatchback terbaik 2021 dan murah di Indonesia. Kalau kamu lebih suka yang mana?

Terbaru