Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Etios Valco, Mobil Muda Harga Bekas Murah

by Tigor Sihombing
Etios Valco

Toyota Etios Valco adalah hatchback kecil yang menempati satu segmen persis di atas LCGC Toyota Agya. Harga mobil berbensin 1.2-liter ini ketika pertama kali mengaspal terbilang murah, dengan banderol hanya Rp135,5 juta on the road (OTR) Jakarta, sedangkan tipe termahalnya Rp161,6 juta OTR Jakarta.

Diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2013, Etios Valco dirancang sebagai salah satu opsi terjangkau dalam segmen kendaraan keluarga kompak. Sayang lantaran tidak pernah memiliki varian matic, mobil ini pun kurang diminati.

Imbasnya perjalanan Toyota Atios Valco hanya bertahan hingga tahun 2016-2017 karena harus setop produksi.

Di pasaran saat itu Toyota Etios Valco dihadirkan dalam tiga varian, yaitu tipe J, E, dan G. Pada saat itu Etios Valco sudah dibekali dengan beberapa fitur modern yang patut diperhitungkan.

Fitur-fitur tersebut antara lain AC, SRS airbag, steel wheel 14 inch, cooler box, front seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, seat belt warning, adjustable front headrest, lampu depan halogen, lampu sein/belok di fender, sun visor plus cermin, 7 cup holder, serta tempat untuk koin dan kartu.

Baca juga  5 Mobil Toyota Terpopuler Beserta Daftar Harganya!

Versi G dari Etios Valco memiliki fitur paling lengkap, termasuk teknologi rem ABS dan EBD yang meningkatkan keamanan.

Fitur lain yang dihadirkan adalah lampu kabut, spion elektrik, kemudi berlapis kulit, tombol di kemudi, audio 2DIN seperti tipe E dengan tampilan yang lebih modern, dan ornamen krom yang menambah kesan mewah.
Perihal performa, mesin Etios Valco terbilang bertenaga dan tangguh.

Mesin Belum VVT-i

Toyota Etios Valco

Dengan bandrol Rp60 jutaan kamu sudah bisa mendapatkan mobil berusia muda.

Toyota Etios Valco ditenagai oleh mesin 1.197cc, 3 NR-FE, 4 silinder, 16 valve DOHC, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 80 hp pada 5.600 rpm, serta torsi 10.6 kgm pada 3.100 rpm.

Selain tidak memiliki transmisi matic, mesin Etios Valco belum VVT-I hal inilah yang menjadi kekurangan Etios Valco di banding produk LCGC Toyota lainnnya.

Padahal di era modern, teknologi mesin VVT-i milik Toyota adalah penting karena akan menghasilkan kendaraan yang lebih bertenaga dan ramah lingkungan karena ada pengaturan otomatis di katup masuk atau katup hisapnya.

Baca juga  Toyota Patenkan Nama Innova Hycross, Bermesin Hybrid?

Hal ini tentu berbeda jauh dengan sistem pengaturan katup dahulu, yang masih digunakan Etios Valco.

Bagi kamu yang sedang mengincar Etios Valco bekas, harga bekasnya saat ini sudah jauh lebih murah. Di akhir penjualannya, mobil ini sempat memiliki harga baru sekitar Rp 180 jutaan.

Namun saat ini di pasaran, mobil bekas Etios Valco keluaran pertama pada tahun 2013 dibanderol dalam kisaran harga Rp 50 hingga 60 jutaan.

Sementara itu, untuk Etios Valco tahun-tahun akhir berkisar antara 130  – 150 jutaan. Hal menarik adalah, dengan usia mobil yang masih tergolong muda, berada di bawah 9 tahunan, harga bekasnya terbilang murah.

Membuat mobil ini semakin menarik untuk menjadi salah satu opsi yang mencari kendaraan kompak dengan harga terjangkau. Demikian ulasan terkait review Etios Valco. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika