oleh

5 City Car Bekas di Bawah Rp 100 juta, Pilih Mana?

Mobil bekas segmen City Car (mobil perkotaan) memang peminatnya tidak sebanyak mobil MPV atau SUV. Meski demikian eksistensinya tetap diperhitungkan, apalagi untuk City Car bekas di bawah Rp 100 juta.

City Car lebih banyak diminati kaum muda dengan gaya hidup yang dinamis yang bermukim di kota-kota besar seperti Jakarta. Jelas saja, untuk melewati kemacetan jalanan kota tentunya akan lebih mudah dilalui dengan City Car yang notabennya berdimensi kecil, irit konsumsi bahan bakar serta perawatan yang mudah.

Saat ini harga mobil perkotaan ini dibanderol rentang Rp 150 juta hingga Rp 200 jutaan. Alhasil peminat mobil perkotaan lebih memilih membeli kondisi bekas yang harganya bisa di bawah Rp 100 juta.

Meski tentunya dalam membeli mobil bekas ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari kondisi mobil hingga keabsahan surat-suratnya.

“Mobil City Car kebanyakan peminatnya anak muda di kota besar seperti Jakarta. Karena ya semua sudah tau kalo mobil ini konsumsi bensinnya irit serta ukurannya kecil, jadi buat nyelap-nyelip enak saat melewati macet,” ungkap Bady Qadarsyah selaku Head Operation salah satu balai lelang di Tangerang Selatan. (2/11/2021).

Berikut adalah rekomendasi city car bekas di bawah Rp 100 jutaan:

Inilah Daftar City Car Bekas Murah

1. Honda Brio E 2013 – 2014

city car bekas di bawah Rp 100 juta
Honda Brio 2014

City Car bekas di bawah Rp 100 juta yang pertama adalah Honda Brio varian E. Harga bekas Brio lansiran 2013 hingga tahun 2014 saat ini ada dikisaran Rp 90 juta hingga Rp 94 juta untuk varian E dengan transmisi manual.

Sedangkan untuk varian E dengan transmisi otomatis, harga bekasnya direntang Rp 95 juta hingga Rp 98 juta.

Soal fitur keselamatan, Honda Brio lansiran 2013 – 2014 hanya mengusung dual SRS Airbag, sistem pengermean ABS, EBD serta immobilizer. Sedangkan untuk fitur hiburan, Brio menyuguhkan sistem audio 2-din yang mampu mengakomodir MP3, USB, AUX, Bluetooth, dan iPod.

Baca juga  Harga Toyota Sienta Bekas, Semahal Apa?

Sementara itu untuk dimensinya, Honda Brio memiliki panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm serta tinggi 1.485 mm.

Pada bagian mesin, Honda menyematkan mesin berkapasitas 1.3 liter SOHC i-VTEC yang diklaim mampu menghasilkan tenaga 99 dk dan torsi 127 Nm. Pilihan transmisi pada Brio ini tersedia 2 pilihan, yaitu manual 5 percepatan dan otomatik 4-percepatan.

Kelemahan Honda Brio adalah desain interior yang terbilang terlalu sederhana. Selain itu material plastik dashboard juga terlihat kualitasnya kurang bagus.

Beberapa pemilik Honda Brio lansiran tahun ini juga mengeluhan panel penutup airbag di dashboard sisi penumpang kurang rapat.

“Sudah umum masalah itu, bagian dashboard sebelah kiri tidak rapat. Bisa kita perbaiki dengan mengencangkan baut-baut pada bagian tersebut,” ungkap Rahmat, salah satu mekanik bengkel resmi Honda Pondok Cabe.

2. Daihatsu Sirion G 2013 – 2014

city car bekas di bawah Rp 100 juta
Daihatsu Sirion 2013

City Car bekas di bawah Rp 100 juta selanjutnya adalah Daihatsu Sirion G. Mobil dengan harga bekas kisaran Rp 80 juta hingga Rp 85 jutaan ini memiliki dimensi panjang 3.690 mm, lebar 1.665 mm, serta tinggi 1.545 mm dengan ground clearance 160 mm.

Untuk urusan fiturnya, Sirion G hanya dilengkapi oleh beberapa fitur saja, seperti Dual SRS Airbags, Isofix, Rear Parking Sensor, dan Immobilizer.

Sirion dibekali mesin bensin berkapasitas 1.3 liter DOHC VVT-i. Mesin tersebut diklaim menghasilkan tenaga 89 dk dan torsi 116 Nm. Sirion memiliki dua pilihan sistem transmisi, yaitu manual 5-percepatan dan otomatik 4-percepatan.

Masalah yang kerap terjadi pada Daihatsu Sirion adalah bagian kaki-kaki bagian depan. Umumnya terjadi pada komponen karet support shockbreaker yang mudah aus. Akibatnya akan muncul bunyi gluduk-gluduk saat melewati speedtrap atau polisi tidur.

Baca juga  Kupas Tuntas Nissan Evalia Bekas, Masih Layak Dibeli?

3. Nissan March 2011 – 2014

city car bekas di bawah Rp 100 juta
Nissan March 2011

City Car bekas di bawah Rp 100 juta selanjutnya adalah Nissan March. Harga bekasnya saat ini direntang Rp 75 juta hingga Rp 83 jutaan.

Nissan March memiliki 2 pilihan jantung mekanis, yaitu mesin berkapasitas 1.2 liter dan mesin berkapasitas 1.5 liter. Sedangkan transmisinya ditawarkan dengan pilhan manual 5-percepatan dan mtomatis 4-percepatan.

Nissan March memiliki desain yang membulat. Sayangnya, pada lampu depannya belum dilengkapi dengan lampu LED. Penggunaan lampu LED hanya terdapat pada lampu kabut, lampu belakang dan lampu High Mount Stop Lamp-nya saja.

Sementara itu untuk fiturnya, March sudah dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, sistem pengereman ABS, EBD dan Brake Assist, ISOFIX, Vehicle Dynamic Control, Rear Parking Sensor, Keyless Entry, dan Immobilizer.

Adapun kelemahan Nissan March bekas yang kerap dikeluhkan oleh pemiliknya adalah kekedapan kabin yang kurang lapang, serta mobil terasa limbung saat melaju pada kecepatan tinggi.

Solusi dari masalah yang terjadi tersebut adalah memodifikasi kabin dengan menambahkan busa pada plafon atas dan pada bagian dalam doortrim pintu.

Sementara untuk masalah limbung, solusinya adalah dengan mengganti shockbreaker yang sesuai.

4. Toyota Etios Valco 2014 – 2015

city car bekas di bawah Rp 100 juta
Toyota Etios Valco 2015

Selanjutnya, City Car bekas di bawah Rp 100 juta berikutnya adalah Toyota Etios Valco yang harga bekasnya kisaran Rp 84 jutaan. City Car ini mengusung mesin 1.200 cc DOHC dengan transmisi manual 5-percepatan. Tenaganya diklaim mampu meraih 79 dk dan torsi 104 Nm.

Toyota Etios Valco memiliki dimensi panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Sementara untuk fiturnya hanya dilengkapi dengan Dual SRS Airbags dan sistem pengereman ABS, EBD saja.

Oh ya, untuk sistem audionya berupa head unit 2DIN biasa dengan 4 speaker.

Baca juga  Berburu Nissan Serena C24 Bekas, Perhatikan Hal Ini!

Kelemahan pada Etios Valco umumnya dari sistem audio yang kualitasnya kurang bagus. Mayoritas pemilik Etios Valco mengganti piranti ini agar hasilnya optimal.

5. Karimun Wagon R 2015 -2018

harga suzuki karimun bekas
Suzuki Karimun Wagon R

Rekomendasi city car bekas di bawah Rp 100 juta yang ke 5 adalah
Suzuki Karimun Wagon R. Karimun generasi ketiga ini memiliki desain paling modern dibanding pendahulunya, Karimun kotak dan Karimun Estilo.

Unit ini Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013. Walau demikian, tetaplah kami menyarankan untuk ambil unit bekas yang lebih muda yakni tahun 2015 – 2018. Di mana pada periode ini Suzuki Karimun Wagon R dibandrol pada kisaran harga 60-90 jutaan, tergantung tahun dan kondisi. Selain itu pada periode tersebut, unit-unit Suzuki karmun Wagon R terlihat masih segar Karena tahun produksi yang masih terbilang muda.

Meski masuk dalam kategori LCGC. Karimumn Wagon R dibekali dengan beragam fitur hiburan dan kenyamanan yang cukup modern. Karimun Wagon R memiliki kabin dengan rancangan yang cukup lapang dan sanggup menampung hingga lima orang penumpang.

Fitur penunjang yang fungsional telah tersedia seperti AC, headroom yang tinggi dan legroom yang lega. Desain kabin yang tinggi dan bentuk mobil yang boxy membuat bagasi lebih besar dan luas mengakomodir kebutuhan.

Untuk sektor jantung mekanis mengandalkan mesin K10B berkapasitas 998cc. Mesin dikawinkan dengan transmisi manual atau AGS hingga memuntahkan 68 tenaga kuda dengan torsi 90 NM pada 3.500 RPM.

Selain itu mobil perkotaan ini hanya menawarkan transmisi manual saja. Kemudian letak antara pedal kopling dan rem terlalu dekat. Jadi bagi yang mempunyai kaki besar tentu akan kerepotan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai City Car bekas di bawah Rp 100 juta. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru