oleh

Sejarah Nissan Evalia, MPV Bongsor Multiguna

Berbicara mobil bergaya boxy di Indonesia tentu tak lepas dari mobil yang mempunyai nama layaknya seorang puteri dari Italia. Yup, kali ini akan kita bahas sejarah Nissan Evalia.

Nissan Evalia pertama kali dipasarkan secara global pada tahun 2009 untuk pasar Jepang, Eropa dan Cina. Dibeberapa negara tersebut, Evalia mempunyai nama NV200. NV sendiri mempunyai arti New Generation Vehicle.

Di Indonesia, Evalia pada saat masih dijual, merupakan kompetitor dari Daihatsu Luxio dan Suzuki APV. Walau demikian, pembeda MPV Nissan ini pakai penggerak roda depan (FWD). Oleh karenanya, banyak yang menyangsikan kemampuan Evalia saat harus membawa banyak penumpang dan barang. 

Apalagi dari sisi mesin, tidak ada yang terlalu spesial. Sama dengan kompetitornya seperti Luxio dan APV yang pakai penggerak belakang, menggunakan mesin 1.500 cc.

Mesin besin 1.500 cc milik Evalia berteknologi DOHC, empat silinder segaris yang dipadukan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis. Di atas kertas mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 109 PS pada 5.600 rpm dan torsi puncak 134 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Peluncuran Nissan Evalia Pertama Kali Pada 2012

sejarah Nissan Evalia
Nissan Evalia 2012

Di Indonesia, Nissan Evalia mulai dipasarkan tahun 2012. Awal kehadirannya cukup menghebohkan segmen mobil MPV boxy, di mana mobil ini hadir dengan dimensi yang cukup bongsor di kelasnya. Julukannya adalah Baby Serena.

Nissan Evalia mempunyai dimensi panjang 4.440 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.850 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya adalah 2.725 mm dan ground clearance 175 mm.

Baca juga  Suzuki Ertiga dan XL7 Hybrid Siap Hadir di Indonesia

Dari segi tampilan eksteriornya, Nissan Evalia terbilang mengusung desain yang cukup modern dan elegan. Perpaduan desain grill, lampu depan, bagian belakang dengan lekukan bodynya membuat Evalia masih enak dipandang mata. Apalagi mobil ini sudah mengadopsi pintu tengah model geser yang tentunya lebih praktis untuk penumpangnya.

Alhasil tidak jarang Evalia dipakai juga untuk kendaraan pribadi. Maklum, tampilannya memang cukup manis.

Tak hanya bagian eksterior, Evalia juga mempunyai tampilan interior yang terlihat modern. hal tersebut dapat dilihat dari desain dashboard yang modern. dibagian tengah terdapat sistem audio 2din yang di bawahnya terdapat tuas putar untuk mengoperasikan AC serta ada tuas persneling.

Menariknya, bagian tengah tersebut disematkan warna silver untuk menambah kesan modern. Kemudian dibagian dashboard penumpang depan terdapat kotak penyimpanan dan cup holder yang berada di depan kisi AC.

Oh ya, pada bagian pengemudi, setir sudah dilengkapi dengan tilt steering. Serta dilengkapi MID (multi-information display) yang memberikan informasi kepada pengemudi terkait konsumsi BBM rata-rata, shift timing (indikator yang menyarankan kapan kamu harus pindah persneling agar berkendara hemat), dan jarak tempuh dari sisa bahan bakar minyak yang ada.

Nissan Evalia Facelift Lahir 2014

sejarah Nissan Evalia
Interior Nisssan Evalia facelift tampil lebih elegan berkat warna beige

Sejarah Nissan Evalia sempat terukir kembali di tahun 2014 dengan munculnya versi facelift. Meski ubahannya tidak signifikan.

Adalah pada bagian eksterior yang mengadopsi two tone. Joknya berwarna beige serta dibeberapa bagian doortrim juga mengusung warna yang sama. Meski hanya ubahan warna, namun tampilan baru ini menjadikan Evalia menjadi lebih mewah dan elegan.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Sedan Murah Bekas Taksi

Sementara untuk bagian eksteriornya bagian terdapat emblem tambahan Highway Star. Yup, pada versi facelift ini varian XV diganti menjadi XV High Star.

Penjualan Evalia Dihentikan Pada 2017

sejarah Nissan Evalia
Nissan Evalia 2014 (facelift)

Sejarah Nissan Evalia memang kurang sedap. Hal tersebut karena penjualannya semakin menurun sejak awal kehadirannya. Yup, Nissan Evalia nyatanya tidak mampu mempertahankan eksistensinya di Indonesia.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), awal mula penjualan Nissan Evalia mencapai angka 10.691 unit. Di tahun berikutnya (2013), mobil ini penjualannya turun dratstis hingga menyentuh angka 5.934 unit.

Selanjutnya di tahun 2014 ,lagi-lagi penjualannya kembali merosot dan hanya memeroleh 2.945 unit. Penurunan tak terbendung di tahun-tahun berikutnya, di mana pada 2015 anjlok 77,59 persen atau menjadi 660 unit, 2016 minus 11,06 persen (578 unit), dan terakhir di 2017 hanya 17 unit. Menyedihkan!

Hingga akhirnya di tahun 2017 tersebut, Nissan sekaligus menghentikan penjualan dari Evalia. Penyebabnya karena, penggerak roda depan dianggap belum bisa memenuhi kebutuhan pengangkatan barang serta kabin penuh penumpang. Jadi sekarang, kalau kamu mau meminang Evalia, beli dalam kondisi bekas.

Harga Bekas Nissan Evalia

Nah, karena sudah tidak diproduksi baru lagi. Bahasan mengenai sejarah Nissan evalia akan lebih lengkap jika mengulas harga bekasnya.

Untuk harga bekas Nissan Evalia lansiran 2012 hingga 2013 dibanderol kisaran Rp 85 juta hingga Rp 94 jutaan. Sementara untuk Evalia lansiran 2014 (facelift) harga bekasnya kisaran Rp 98 juta hingga Rp 120 jutaan.

Baca juga  Promo Menarik Suzuki untuk Konsumen XL7 dan Ertiga

Soal varian, Evalia punya dua opsi 1.5 SV dan 1.5 XV. Di mana perbedaan kedua varian tersebut terletak pada kelengkapan fitur-fiturnya.

Nissan Evalia 1.5 SV dibekali peranti Keyless Entry with Alarm, Multi Information Display (Tachometer, FE Display, Tripmeter, Shift Indicator & Clock), Mud Guard, Rear Wiper, 2nd & 3rd row Headrest, dan Alloy Wheel 14-inci, serta ABS (optional).

Selain itu, ada pula fitur Mechanicless Single Din, AM/FM, USB, AUX, Body Color Door Mirror, Speakers (4), Body Color Door Handle, Back Door Finisher, Black radiaror Grille with Chrome Finisher,Front Power Window, Central Door Lock, electric Door Mirror dan Electric Power Steering.

Sementara itu untuk Nissan Evalia 1.5 XV lebih komplit, jadi harga bekasnya pun lebih mahal. Tambahan fiturnya anatara lain DVD Single DIN, AM/FM Radio, USB, AUX, Roof Monitor 10-inci, Fog Lamp, Parking Sensor, Rear View Camera (Integrated with Multi Information Display), Rear Cooler, I-Key with Immobilizer, ABS (Antilock Braking System) + EBD (Electronic Brake Distribution) + BA (Brake Assist) dan Front SRS Airbag (Driver’s Side).

Soal pilihan warna, Nissan Evalia menawarkan 6 pilihan. Yaitu Dark Red Metallic, Black Solid, Silver Metallic, White Solid, Blue Green Metallic dan Grey Metallic.

Moladiners, itulah pembahasan mengenai sejarah Nissan Evalia. Mobil boxy ini mulai dijual sejak 2012 hingga disuntik mati pada 2017 karena. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru