by

Catat, 7 Titik Simulasi Penutupan Akses Jalan Jakarta

Kabar mengenai rekayasa penutupan jalan dari dan menuju Jakarta kian berhembus kencang. Tujuannya tidak lain untuk menekan penyebaran virus Korona. 

Hal ini pun semakin diperkuat melalui beredarnya surat telegram nomor STR/414/III/OPS.2./2020. Surat tersebut memerintahkan Kapolres di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk membuat rekayasa penutupan arus lalu lintas dari dan menuju Jakarta. 

Dalam surat telegram itu tertulis, pengamanan terkait penutupan akses masuk ke wilayah Jakarta akan dilakukan oleh Polri bersama dengan TNI.

Seperti diungkapkan, Kombes Yusri Yunus selaku Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, isi surat telegram itu merupakan skema penutupan ruas jalan di Jakarta, jika pemerintah mengimbau untuk lockdown.

“Jadi bukan berarti ada karantina wilayah. Rencana akan latihan atau simulasi, bukan lockdown atau karantina,” ujar Yusri.

Lebih lanjut Ia pun menambahkan, saat ini Pemprov DKI belum memerintahkan untuk lockdown wilayah. Pemerintah hanya mengimbau masyarakat untuk membatasi kegiatan di luar rumah dan menerapkan physical distancing atau saling menjaga jarak.

“Sekarang situasi Jakarta masih social distancing, physical distancing, tidak ada karantina wilayah atau lockdown. Tapi, kita harus tetap latihan. Apapun yang terjadi kita sudah latihan,” paparnya.

Terkait dengan sejumlah skema penutupan ruas jalan di Jakarta, pihak Kepolisian pun telah menyiapkan simulasi penutupan jalan untuk Ibukota dan sekitarnya. Berikut ulasan lengkapnya:

7 Titik Simulasi Penutupan Jalan Keluar-Masuk Jakarta

Simulasi penutupan akses jalan Jakarta-Bogor
Lampu merah Pasar Rebo, Jakarta Timur

1. Pangkalan Jati – Kalimalang

Penutupan jalan di Jakarta bakal menimpa sejumlah wilayah, seperti Kalimalang dan Jl Raya Bekasi yang mulai Minggu (29/3/2020) telah dilakukan simulasi.

Baca juga  Menakar Kemampuan Industri Otomotif Indonesia di Tengah Korona

Berdasarkan informasi yang diterima Moladin, arus kendaraan dari barat yang menuju ke Bekasi atau arah Jawa dari TL Halim Lama ke arah Jalan Raya Kalimalang hingga TL Borobudur lurus sampai dengan Pos Pam Penyekatan di traffic light Pangkalan Jati.

Dilanjutkan, TL Radin Inten lurus sampai TL Lampiri hingga Pos Pam Penyekatan di TL H. Naman, arus kendaraan dialihkan putar balik di U Turn kembali ke arah barat atau Jakarta.

2. Pengalihan Arus di Pasar Rebo

Selain itu, kemungkinan area keluar masuk Jakarta-Bogor pun akan dialihkan, yakni mulai dari Traffic Light (TL) Pasar Rebo Jl Raya Bogor. Di sini terdapat empat arus kendaraan dari berbagai arah dan tujuan yang akan dialihkan. Di mana kendaraan dari arah Selatan/Bogor dan Depok menuju Jakarta melewati TL Cibubur – TL Keong – TL Graha Cijantung – pos PAM penyekatan TL Pasar Rebo bawah jalan underpass dialihkan putar balik di U Turn, kembali ke arah Selatan yaitu Depok/Bogor.

Selanjutnya, arus kendaraan dari arah Utara/Kramat Jati menuju Bogor dan Depok melewati TL PGC Cililitan – TL Hek – pos PAM penyekatan TL Pasar Rebo bawah jalan underpass akan dialihkan putar balik di U Turn kembali ke arah Utara yaitu Kramat Jati/Jakarta.

Arus kendaraan dari arah Timur/Cipayung/Kp Rambutan menuju Bogor dan Depok melewati pos PAM penyekatan TL Pasar Rebo bawah jalan underpass akan dialihkan putar balik di U Turn Lotte kembali ke arah Timur atau belok kanan yaitu Kramat Jati/Jakarta.

Baca juga  Ford "Banting Setir" Produksi Peralatan Medis untuk Tanggulangi Korona!

Arus kendaraan dari arah Barat Caglak menuju Bogor dan Depok melewati TL Rindam – Pertigaan Caglak – pos PAM penyekatan TL Pasar Rebo bawah jalan underpass akan dialihkan belok kiri ke arah Kramat Jati/Jakarta.

3. Cakung/Cilincing – Bekasi

Jalan raya Bekasi
Jalan raya Bekasi

Arus kendaraan dari arah barat atau utara menuju Bekasi atau arah Jawa yang melalui TL Coca Cola ke Jalan Perintis Kemerdekaan hingga TL Kelapa Gading ke arah TL Warung Jengkol menuju  Jalan Sultan Hamengkubuwono lurus sampai traffic light Pupar.

Lalu masuk ke Jalan Raya Bekasi sampai dengan Pasar Cakung lurus sampai Pos Pam Penyekatan di traffic light Cakung-Cilincing di bawah jalan Tol H. Naman, arus kendaraan akan dialihkan putar balik di U Turn kembali ke arah barat atau Jakarta atau dialihkan belok kanan menuju Jalan Komarudin arah Pulo Gebang.

4. Rekayasa lalu lintas di wilayah Cilandak

kawasan ganjil genap Fatmawati, Jakarta Selatan
Kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan

Selain perbatasan Jakarta, tersebar pula simulasi penutupan akses jalan di Jakarta Selantan. Jalan yang disekat adalah depan Universitas Veteran dan Pintu Masuk Tol Fatmawati.

Bila itu dilakukan, maka kendaraan dari Selatan menuju arah Cinere Depok diminta putar balik di depan Universitas Veteran. Sementara dari arah Cinere menuju selatan, diarahkan ke kiri. Dari Jalan Haji Ipin depan Aneka Buana diarahkan kembali ke arah Cinere Depok.

4. Penutupan lalu lintas di Jagakarsa

Lokasi penutupan berada di U Turn atau putaran balik Ranco; di bawah U Turn PJO Ranco; U Turn Pos Gardu; jembatan penyeberangan orang atau JPO layang Universitas Indonesia; pintu masuk Tol Lenteng 3; dan pintu masuk Tol Lenteng 1.

Baca juga  Cegah Korona, Shop&Drive Kurangi Outlet yang Beroperasi

Penutupan jalan yang dimaksud adalah masyarakat dari arah Pertanian yang mengarah ke timur lalu lintas diputus di putaran Ranco untuk diluruskan kembali ke arah barat, gerbang tol keseluruhan ditutup, untuk yang dari UI menuju Lenteng diputarkan ke pos gardu diarahkan kembali ke arah UI.

6. Arus lalu lintas Kebayoran Lama

Lokasi penutupan jalan berada di Pasar Jumat mulai dari TL Pasar Jumat dan traffic light Lebak Bulus. Rekayasa penutupan jalan yang dilakukan dari arah timur Pondok Cabe belok kiri arah Ciputat.

Kemudian dari Pondok Indah ditutup underpass diarahkan Jalan Ciputat Raya kembali ke arah Pondok Indah. Dari arah Ciputat dialihkan putar balik di traffic light kembali ke Ciputat.

7. Penutupan jalan di Pesanggrahan

Lokasi penutupan berada di Jalan Kesehatan Raya, lalu Jalan Bintaro Utama 1 dan gerbang Tol JORR Veteran. Penutupan yang dimaksud adalah masyarakat dari wilayah Tangerang Selatan yang menuju ke Jalan Kesehatan Raya untuk memasuki Tol JORR Veteran disekat, lalu Jalan Bintaro Utama 1 dialihkan ke Jalan Bintaro Utama arah Tangerang Selatan kembali ke wilayah Banten.

Dilanjutkan dari wilayah Pesanggrahan dialihkan di Jalan Kesehatan Raya untuk putar balik.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru