Minggu, September 25, 2022

Sosok Toyota Alphard Turbo 2023 yang Peluncurannya Diundur!

by Tigor Sihombing
Toyota Alphard Turbo

Kabar terbaru datang dari Toyota Alphard Turbo. Beberapa sumber media Jepang menyebut, jika SUV terbaru Toyota ini akan memulai debutnya pada bulan Mei 2023.

“Pabrikan secara resmi telah mengumumkan kepada dealer Toyota di Jepang bahwa mereka akan beralih dari generasi 3 ke generasi 4 pada Mei 2023,” tulis laman Creative311 dikutip 29 Agustus 2022.

Hal ini ada sedikit perubahan informasi dari yang awalnya akan meluncur akhir tahun 2022, dan penyerahan unit akan dilakukan awal 2023. Dengan demikian, peluncuran Alphard terbaru harus harus mundur sekitar 6 bulan lebih ke depan khususnya untuk pasar Jepang.

Meski terjadi pergeseran rencana, bukan berarti pengembangan Toyota Alphard Turbo ini terhenti. Mengacu pada gambar render yang dirills Spyder7, desain Toyota Alphard Turbo ternyata ada sedikit pengembangan dibanding gambar render sebelumnya.

Terlihat dari desain, siluet eksterior Toyota Alphard Turbo mirip dengan Alphard generasi sebelumnya. Hanya saja tampilannya wajahnya agak aneh, alias masih kurang familiar untuk saat ini.

Hal tersebut karena, pada facia Alphard 2023 terlihat lebih tajam. Ba detail desain tambahan yang dipasangkan, seperti pada grille dan lekukan-lekukan tajam di area kap mesin atas dan diffuser, yang kini berkesan kotak bersudut. Selain itu laman tersebut juga mengatakan jika ubahan lain terjadi di desain pintu, serta jendela segitiga di sisi depan akan diperbesar untuk meningkatkan visibilitas.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Calya Facelift 2022, Minim Ubahan!

Bocoran lainnnya di interior, desain dashboard pada akan banyak menggunakan ornamen horizontal untuk meningkatkan tampilan. Intinya ubahan Alphard terbaru bakal cukup signifikan dibanding model lama.

Alphard 2023 Pakai Basis Lexus RX

toyota alphard turbo 2023 - mesin

Alphard Turbo akan menggunakan mesin yang sama dengan Lexus RX dan Toyota Crown yaitu 2.4L Turbo

Informasi selanjutnya, Toyota Alphard Turbo 2023 juga akan menggunakan platform TNGA-K seperti Lexus RX baru. Dengan demikian, bobot harusnya semakin ringan.

Selanjutnya, mobil sultan ini juga dikabarkan akan berganti mesin yang serupa Lexus RX 2023 dan Toyota Crown terbaru. Dari mesin 3.5 V6 menjadi mesin 2.4 L Turbo yang konsumsi bahan bakarnya lebih efisien. Soal tenaga, mesin 2.4 L turbo milik Alphard tersebut diklaim mampu meriah angka 286 hp dan torsi puncak 429 Nm. 

Kemudian ada pula kemungkinan opsi mesin lain yaitu 2.5 L Hybrid. Teknologi hybrid ini akan dikawinkan dengan penggerak E-Four generasi terbaru.

Lantas apakah Toyota Alphard Turbo ini akan segera hadir di Indonesia? Besar kemungkinan iya, mengungat peminat MPV Luxury seperti Alphard di Indonesia sangat banyak. Tapi tentu saja, akan hadir setelah di Jepang meluncur pada pertengahan 2023 nantinya.

Baca juga  Mobil Toyota Turun Harga Hingga Ratusan Juta!

Sebelum Toyota Alphard Turbo terlahir, seperti diketahui di Indonesia telah dipasarkan Toyota Alphard generasi ketiga. Model ini memiliki beberapa varian seperti 2.5 G AT dibanderol dengan harga Rp 1.577.900.000, 3.5 Q AT Rp 1.303.700.000, dan varian 2.5 X AT dihargai Rp 1.147.200.000.

Maka bila kalian ingin tahu harga Alphard Turbo, sepertinya tidak akan jauh dari versi 3.5 Q AT. Kemungkinan kisarannya di atas Rp 1,6 miliar. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika