Rabu, April 24, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sosok Toyota Alphard Turbo 2023, Interior dan Eksterior Terkuak!

by Tigor Sihombing
Toyota Alphard Turbo

Kabar terbaru datang dari Toyota Alphard Turbo 2023. Sedikit demi sedikit, informasinya terkuak hingga eksterior dan interiornya lewat sebuah presentasi di Cina untuk para sales Toyota pada beberapa waktu lalu.

Soal peluncuran, sumber media Jepang menyebut jika SUV terbaru berlogo T ini akan memulai debutnya pada Mei 2023.

“Pabrikan secara resmi telah mengumumkan kepada dealer Toyota di Jepang bahwa mereka akan beralih dari generasi 3 ke generasi 4 pada Mei 2023,” tulis laman Creative311 dikutip pada 29 Agustus 2022.

Hal ini ada sedikit perubahan informasi dari yang awalnya akan meluncur akhir tahun 2022, dan penyerahan unit akan dilakukan awal 2023. Dengan demikian, peluncuran Alphard terbaru harus harus mundur sekitar 6 bulan, khususnya untuk pasar Jepang.

Meski terjadi pergeseran rencana, bukan berarti pengembangan Toyota Alphard Turbo ini terhenti. Mengacu pada gambar render yang dirills Spyder7, desain Toyota Alphard Turbo ternyata ada sedikit pengembangan dibanding gambar render sebelumnya.

Terlihat dari desain, siluet eksterior Toyota Alphard Turbo 2023 mirip dengan Alphard generasi sebelumnya. Hanya saja tampilannya wajahnya agak aneh, alias masih kurang familiar untuk saat ini.

Baca juga  Auto2000 Jamin Beli Mobil Sekarang Bisa Dipakai Mudik dan Lebaran

Hal tersebut karena, pada facia Alphard 2023 terlihat lebih tajam. Detail desain tambahan yang dipasangkan, seperti pada grille dan lekukan-lekukan tajam di area kap mesin atas dan diffuser, yang kini berkesan kotak bersudut. Selain itu laman tersebut juga mengatakan jika ubahan lain terjadi di desain pintu, serta jendela segitiga di sisi depan akan diperbesar untuk meningkatkan visibilitas.

Interior Toyota Alphard Generasi Keempat

interior toyota alphard 2023

Hadir sunroof ganda di Alphard 2023

Bocoran soal interior, datang dari Cina dalam sebuah konferensi para sales Toyota yang terungkap lewat akun TikTok. Di sana terlihat jelas interior Alphard generasi keempat yang jadi sangat mewah.

Interiornya menggunakan Tazuna Concept layaknya mobil-mobil Lexus. Hal ini bisa terlihat dari setir yang mirip kepunyaan Lexus NX dan RX. Ada pula steering wheel sensor dan driver monitor kamera di lingkar kemudi yang mengindikasikan fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang lebih canggih.

Kemudian di bagian interior Toyota Alphard 2023, bakal hadir moonroof atau sunroof ganda. Posisinya ada di kiri dan kanan, sementara di tengah-tengah ada sekat. Sekilas, tampilan sunroof ini mirip kepunyaan Citroen Berlingo.

Baca juga  Beli Mobil di Moladin, Banyak Untungnya!

Hal menarik lain, di bagian tengah sunroof hadir tempat penyimpanan layar untuk hiburan penumpang di belakang. Istimewa bukan?

Alphard 2023 Pakai Mesin Turbo

toyota alphard turbo 2023 - mesin

Alphard Turbo akan menggunakan mesin yang sama dengan Lexus RX dan Toyota Crown yaitu 2.4L Turbo

Informasi selanjutnya, Toyota Alphard Turbo 2023 juga akan menggunakan platform TNGA-K seperti Lexus RX baru. Dengan demikian, bobot harusnya semakin ringan.

Selanjutnya, mobil sultan ini juga dikabarkan akan berganti mesin yang serupa Lexus RX 2023 dan Toyota Crown terbaru. Dari mesin 3.5 V6 menjadi mesin 2.4 L Turbo yang konsumsi bahan bakarnya lebih efisien. Soal tenaga, mesin 2.4 L turbo milik Alphard tersebut diklaim mampu meriah angka 286 hp dan torsi puncak 429 Nm. 

Kemudian ada pula kemungkinan opsi mesin lain yaitu 2.5 L Hybrid. Teknologi hybrid ini akan dikawinkan dengan penggerak E-Four generasi terbaru.

Lantas apakah Toyota Alphard Turbo ini akan segera hadir di Indonesia? Besar kemungkinan iya, mengungat peminat MPV Luxury seperti Alphard di Indonesia sangat banyak. Tapi tentu saja, akan hadir setelah di Jepang meluncur pada pertengahan 2023 nantinya.

Baca juga  Mitsubishi Xpander Rifat Sungkar Juara Rally Danau Toba APRC 2022

Sebelum Toyota Alphard Turbo terlahir, seperti diketahui di Indonesia telah dipasarkan Toyota Alphard generasi ketiga. Model ini memiliki beberapa varian seperti 2.5 G AT dibanderol dengan harga Rp 1.577.900.000, 3.5 Q AT Rp 1.303.700.000, dan varian 2.5 X AT dihargai Rp 1.147.200.000.

Maka bila kalian ingin tahu harga Alphard Turbo, sepertinya tidak akan jauh dari versi 3.5 Q AT. Kemungkinan kisarannya di atas Rp 1,6 miliar. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika