Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi Chery Exeed 08 MPV Listrik Rival Alphard Debut di Beijing Auto Show 2024

by Ivan
MPV premium Chery Exeed 08 siap menghentak Beijing Auto Show 2024

Rasanya bakal semakin banyak MPV premium yang siap menjadi rival Toyota Alphard dari negeri Tirai Bambu. Terbaru pabrikan otomotif Chery menyiapkan Exeed 08 yang secara dimensi dan kemewahannya bisa bersaing dengan Alphard. Ini dia Spesifikasi Chery Exeed 08.

Spesifikasi Chery Exeed 08 merupakan MPV premium listrik yang akan memulai debut di Beijing Auto Show 2024 yang akan berlangsung minggu depan. Dan gambar-gambar terbaru Chery Exeed E08 sudah resmi ditampilkan hari ini.

MPV ini kemungkinan besar akan sepenuhnya bertenaga listrik akan menjadi bagian dari seri Exlantix di keluarga besar Chery. Berikut ulasan terkait Chery Exeed 08 :

Eksterior Chery Exeed 08

Tugas spion digantikan kamera mungil

Spesifikasi Chery Exeed 08 adalah mobil pertama yang dikembangkan bersama oleh tim desain Exeed di Eropa dan Shanghai dan didasarkan pada bahasa desain Wind Aesthetics 2.0 Exeed.

Meskipun desain keseluruhannya terlihat mengotak, namun penampilan mobil ini tampak sangat ramping dan dilengkapi fitur pengurang hambatan seperti kamera pandang di area samping.

Pada bagian depan Spesifikasi Chery Exeed E08 memiliki desain yang terinspirasi dari desain keluarga ‘cyber kupu-kupu’. Dekorasi gril depan terinspirasi dari lampu gantung dan cluster lampu depannya berbentuk mirip huruf F

Bagian samping pada Exeed 08 memiliki garis jendela yang sangat lurus dan bagian sampingnya sendiri berupa palang yang relatif datar dengan beberapa garis lipatan. Pintu belakang sangat lebar dan bila dibuka akan memungkinkan akses langsung ke baris ketiga dan kedua. Di bagian belakang terdapat cluster lampu berbentuk bumerang bersama dengan lebih banyak pencahayaan yang mengelilingi sebagian besar jendela bak truk.

Baca juga  4 Mobil Baru Chery Siap Meluncur di 2023 , Ada Mobil Listrik!

Dari desainnya kuat dugaan jika mobil ini juga dirancang untuk bersaing dengan MPV bongsor lain seperti Li Mega dan XPeng X9 meski harga Exeed E08 kemungkinan akan lebih rendah.

Prediksi Powertrain Chery Exeed 08

744x0 1 autohomecar ChxoHmYfXM2AW8YaAFpB9faY1hw952 1
Buritan terlihat intimidatif

Exeed saat ini dijual di Tiongkok dan pasar luar negeri dan merupakan merek kelas atas di bawah naungan Chery. Kisarannya sendiri cukup membingungkan dan dibagi menjadi dua rangkaian merek utama Exeed yang berisi ICE dan REEV (range extended EV) dan rangkaian lain Exeed Exlantix yang berisi versi full EV dan range extended.

E08 kemungkinan akan bergabung dengan ES dan ET dalam rangkaian Exlantix yang di China dikenal dengan nama Sterra. Kami yakin ini adalah salah satu mobil, bersama dengan tiga model lainnya, yang digoda pada peluncuran pra-penjualan Exlantix ET.

Ini berarti E08 kemungkinan akan menggunakan platform listrik E0X kelas atas milik Chery. Harga mungkin akan mulai dari sekitar 250.000 yuan (34.550 USD) dan pengiriman kemungkinan besar tidak akan dimulai sebelum awal tahun depan.

Baca juga  Review Chery Tiggo 8 Pro, Bisa Lawan Fortuner dan Pajero Sport?

Chery Exeed 08 vs Li Mega vs XPeng X9

Li Mega penantang Chery Exeed 08
Li Mega penantang Chery Exeed 08

Akan merangsek pasar MPV premium, Chery Exeed 08 akan langsung dihadang Li Mega dan XPeng X9. Adapun Li Mega juga merupakan MPV full listrik yang diproduksi Li Auto.

Mobil yang spesifikasinya juga baru diungkap Maret 2024 lalu ini menghadirkan paket interior, suspensi, dan penggerak otonom. Trim Mega paling teratas akan menawarkan kepada pelanggan 2 chip Nvidia Orin, sensor Hesai LiDAR, 3 layar di dalam, dan suspensi udara ruang ganda.

Li Auto Mega memang menjadi mobil ‘gaib’ karena bisa melaju sendiri. Sistem penggerak otonom entry-level Mega disebut AD Pro. Ini menampilkan chip Horizon Journey 5 tunggal. Ini mendukung 5 kamera 8 MP, 1 kamera 2 MP, dan 4 kamera 3 MP 360 derajat. Sistem ini mendukung fungsi Navigation on Autopilot (NOA) di jalan raya, Lane Centering Control (LCC), bantuan parkir otomatis, AEB, dan ELK.

Sistem AD trim atas disebut AD Max. Dengan paket tersebut, Li Mega memiliki sepasang prosesor Nvidia Orin-X. Sistem persepsinya menambahkan sensor Hesai LiDAR dan satu lagi kamera 8 MP di bagian depan. Berkat perangkat keras yang ditingkatkan, Mega mendukung Navigasi dengan Autopilot baik di jalan raya maupun jalan kota. Ia juga memiliki sistem parkir mandiri AVP yang canggih. Yang paling menarik adalah sistem AEB yang canggih.

Baca juga  Bengkel dan Diler Chery Medan, Ini Lokasinya!
XPeng X9 tampak elegan
XPeng X9 tampak elegan

Sementara XPeng X9 juga menjadi MPV listrik pertama yang dilahirkan produsen Xpeng. Mobil yang dirilis awal tahun 2024 ini bahkan mengklaim sudah menerima 30.000 pesanan sejak pra-penjualan yang dimulai pada 17 November 2023.

Dimensi X9 hadir dengan panjang hampir 5,3 meter dan berdesain ala kapal luar angkasa. Ia menggunakan platform SEPA 2.0 dan dimensi masing-masing 5293/1988/1785 mm, dan jarak sumbu roda 3160 mm. Kabin mobil ini memiliki tiga baris dan 7 kursi dalam konfigurasi 2+2+3. Aerodinamikanya lumayan mengingat ini adalah MPV keluarga berukuran besar, dengan koefisien drag 0,227 Cd.

X9 memiliki dua pilihan powertrain: penggerak roda depan (FWD) dengan motor 235 kW dan penggerak semua roda (AWD) dengan tambahan motor belakang 135 kW dan total output maksimum 370 kW dan torsi 640 Nm. Adapun klaim akselerasi bisa melaju dari 0-100 km/jam dalam 5,7 detik dan menghasilkan kecepatan tertinggi 200 km/jam.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika