Monday, October 3, 2022

Spesifikasi Ford Ranger Raptor yang Nyaris Rp 1 Miliar

by Firdaus Ali
Target Penjualan

Siapa yang tidak penasaran dengan spesifikasi Ford Ranger Raptor. Mobil dengan segmen double cabin dari Amerika ini mengusung tampilan yang gagah dan macho.

Kalau kamu lihat kasat mata, Ford Ranger Raptor memang desain eksteriornya terlihat lebih macho. Apalagi jika dibandingkan mobil double cabin yang sudah beredar di Indonesia selama ini, seperti Mitsubishi Triton, Toyota Hilux, dan Isuzu D-Max.

Tampilan interiornya juga terlihat sporty. Bahkan kelengkapan fitur-fiturnya pun mumpuni, maklum ini merupakan varian tertinggi.

Sebagai informasi, di dalam keluarga Ford Ranger, varian Raptor menjadi yang paling mahal. Tak tanggung-tanggung untuk sosok mobil double cabin, harganya menyentuh di angka Rp 998 juta (OTR DKI Jakarta).

Harga tersebut tentunya lebih mahal dari varian tertinggi Toyota Hilux 2.4 V 4WD A/T yang dibanderol Rp 491 jutaan. Pun begitu juga dengan harga Mitsubishi Triton Ultimate A/T 4WD yang harganya hanya Rp 489,5 juta.

Lalu kenapa mahal? Apa yang istimewa dari spesifikasi Ford Ranger Raptor? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Mesin Diesel Bi-Turbo Dengan Transmisi Otomatis 10-Percepatan

spesifikasi ford ranger raptor

Mesin Ford Ranger Raptor

Pembahasan spesifikasi Ford Ranger Raptor pertama dari sisi jantung pacunya. Raptor mengusung mesin diesel 1996 cc Bi-Turbo. Hebatnya, mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 10-percepatan.

Hasilnya, tenaga maksimal Ford Ranger Raptor di atas kertas bisa mencapai 213 dk pada 3.750 rpm. Sementara itu torsi puncaknya bisa meraih angka 500 Nm pada putaran mesin 1.750-2.000 rpm.

Baca juga  4 Kelebihan Ford Everest Titanium Dibanding Rival

Performa ini paling buas dibanding para kompetitor seperti Mitsubishi Triton, Toyota Hilux dan Isuzu D-Max. Jadi memang mesin Ranger varian tertinggi tersebut istimewa.

Oh ya, untuk mendukung mobil ini melewati segala rintangan, disediakan 6 pilihan mode berkendara. Adalah Baja Mode, Sport Mode, Grass/Gravel/Snow Mode, Mud/Sand Mode, Rock Mode, serta Normal Mode.

Fitur Lengkap dan Mumpuni

spesifikasi ford ranger raptor

Fiturnya lengkap dan modern

Berbicara fitur, Ford Ranger Raptor terbilang lengkap dan mumpuni. Baik untuk fitur keselamatan dan keamanan serta fitur interiornya.

Untuk fitur keselamatan dan keamanan, Ford Ranger Raptor sudah menyematkan airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, serta bagian side curtain. Selain itu, terdapat pula Rear View Camera, Volumetric Bulgar Alarm System, Immobilizer, ISOFIX, ABS dan EBD.

Tak hanya itu saja, ada pula fitur Emergency Brake Assist (EBA), Hill Descent Control (HDC), Hill Launch Assist (HLA), Rollover Mitigation (ROM), Trailer Sway Control (TSC), serta Adaptive Load Control (ALC), Forward Collision Warning, Autonomous Emergency Braking (AEB), serta Lane Departure Warning.

Sementara itu, untuk fitur interior Ford Ranger Raptor nyatanya juga menyuguhkan kelengkapan fitur untuk menunjang kenyamanan berkendara. Sebut saja dengan adanya Cruise Control, paddle Shift Magnesium, Electric Power Assist Steering, serta Keyless Entry with Push Start Button dan setir yang dibungkus dengan material kulit.

Baca juga  Ford Everest dan Ranger Meluncur di Indonesia

Kemudian untuk head unitnya menggunakan ukuran 8 inchi touchscreen yang mampu mengakomodasi Bluetooth, Voice Recognition, USB, Apple CarPlay dan Android. Untuk memanjakan kuping penumpang, dilengkapi pula 6 titik speaker.

Oh ya, pada bagian jok pengemudi dan penumpang depan juga mengusung desain Body-Contured Seats sehingga posisi mengemudi akan lebih nyaman saat mobil bermanuver. Untuk emambah kesan mewah, seluruh jok dari Ford Ranger Raptor ini dibungkus material kulit Alcantara.

Spek Kaki-kaki Siap Untuk Off-Road

spesifikasi ford ranger raptor

Kaki-kaki Raptor mumpuni

Menyandang sebagai varian tertinggi di keluarga Ford Ranger, untuk bagian kaki-kakinya Raptor dibekali spesifikasi yang tidak main-main. Sebut saja penggunaan suspensi bagian belakang dengan Aluminium Double Wishbone with internal baypass Fox Racing Shox dampers.

Kemudian untuk bagian depan mengadopsi Collovers Shocls with Watt’s linkage and internal baypass Fox Racing Shox dampers. Selain itu pada keempat bannya sudah dibelaki dengan komponen rem cakram dan e-locking rear differential.

Untuk sepatunya, menggunakan pelek berukuran 17 inchi dibalut ban BF Goodrich dengan ukuran 285/70 R17.

Dimensinya Bongsor

spesifikasi ford ranger raptor

Dimensi Ford Ranger Raptor bongsor

Bagian lain dari mesin dan fitur dari spesifikasi Ford Ranger Raptor yang menarik untuk diulas adalah dimensinya. Mobil asal Negeri Paman Sam ini tergolong bongsor.

Baca juga  Pick Up Listrik, Ford F-150 Lightning Resmi Meluncur!

Ford Ranger Raptor memiliki panjang 5363 mm, lebar 2028 mm, dan tinggi 1873 mm. sementara untuk wheelbasenya di angka 3220 mm serta ground clearance 283 mm.

Kemudian untuk bagian baknya, Ford Ranger Raptor memiliki dimensi panjang 1549 mm, lebar 1560 mm, serta tingginya 801 mm. Sementara itu untuk berat kosongnya di angka 3090 kg dan kapasitas tangi BBM 80 liter.

Desain Eksterior Macho

spesifikasi ford ranger raptor

Desain eksterior Ford Ranger Raptor gagah

Nah, tak lengkap rasanya jika membahas spesifikasi Ford Ranger Raptor tanpa mengulas tampilan eksteriornya. Ford Ranger Raptor tampilannya jelas lebih macho dibandingkan para pesaingnya seperti Mitsubishi Triton atau Toyota Hilux.

Hal tersebut dapat dilihat kasat mata mulai dari desain grill berwarna hitam solid yang bertemakan Bold. Dimana dibagian tengah grill terdapat tulisan Ford berukuran besar yang dikombinasikan dengan lubang sirkulasi udara. Untuk lampu utama sudah menggunakan LED Projektor serta foglamp juga sudah menggunakan LED.

Desain grill tersebut terlihat gagah dengan dipadukannya dengan bumper serta bash plate besar, over vender yang berukuran besar dengan warna hitam senada dengan bumpernya. Kemudian pada bagian samping juga sudah disematkan foot step pada kedua sisinya.

Oh ya, Ford Ranger Raptor dihadirkan dengan 4 pilihan warna. Yaitu Frozen White, Lightning Blue, Conquer Grey, serta Black Metallic.

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi Ford Ranger Raptor. Tertarik membelinya? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika