Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Spesifikasi Hyundai Ioniq 6 2023 dan Harganya, CBU Tapi Murah!

by Firdaus Ali
hyundai ioniq 6 2023 - hitam

Akhirnya harga dan spesifikasi Hyundai Ioniq 6 resmi diumumkan di GIIAS 2023. Mobil listrik ini hadir di Indonesia dengan status impor utuh atau CBU dari Korea Selatan, banderolnya hampir Rp 1,2 miliar. Ini lebih murah dibanding saudaranya yaitu KIA EV6 GT-Line yang dijual hampir Rp 1,3 miliar.

Kelebihan sedan listrik Hyundai ini punya penggerak AWD dan baterai 77,4 kWh yang bisa membawanya melaju 519 Km dalam satu kali cas. Lalu ada fitur Hyundai Smartsense lebih lengkap dengan tambahan Intelligent Front-lighting System (IFS) dan Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2). Sayangnya, fitur Bluelink belum ada di Ioniq 6 yang dijual di Indonesia.

“Ioniq 6 merupakan buah dari konsistensi Hyundai dalam berinovasi dan mendobrak batas untuk merancang desain mobil modern, khususnya untuk kendaraan listrik,” kata Chief Operating Officer of Hyundai Motor Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto di GIIAS 2023 pada Senin (14/8/2023).

Nah, untuk mengetahui lebih jauh harga dan spesifikasi Hyundai Ioniq 6 yang resmi hadir di GIIAS 2023? Mari kita simak ulasan berikut ini:

1. Eksterior Ioniq 6 Versi Indonesia Tanpa Spion Digital

harga hyundai ioniq 6 2023 - giias

Ioniq 6 dengan warna bodi eksterior Gravity Gold Matte

Walau belum meluncur secara resmi, tapi tidak sulit mengetahui spesifikasi Hyundai Ioniq 6 2023, lantaran mobil ini adalah produk global. Misalnya saja dari sisi eksterior, sedan listrik tersebut istimewa dengan aura sporty dan futuristik kental.

Hal itu bisa dilihat dari lekukan body yang aerodinamis dioadukan dengan desain headlamp, velg dan bumper yang simpel namun terlihat selaras. Pada bagian belakang, Ioniq 6 ini sekilas mirip sports car, Porsche 911.

Soal dimensi, Hyundai Ioniq 6 memiliki panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 1.495 mm. Oh ya, untuk jarak sumbu rodanya ada di angka 2.950 mm yang tentunya membuat ruang lutut dan kaki pada penumpang belakang lebih lega. Penampilannya semakin stylish dengan penggunaan velg alloy berukuran 20 inci.

Kelebihan Ioniq 6, merupakan mobil listrik Hyundai dengan drag coefficient terendah yaitu 0,21. Tidak hanya pada kontur mobil, aspek aerodinamis juga ditekankan pada detail-detail eksterior lainnya, seperti gagang pintu yang rata dengan bodi atau disebut Flush Door Handles. 

Aura mewah dan futuristis pada eksterior sedan listrik ini pun tampak dari penggunaan desain Parametric Pixels di lampu depan dan lampu belakang, serta Parametric Pixel High-Mounted Stop Lamp pada rear spoiler. Hal menarik lain dari eksteriornya, ada pewarnaan body cladding Ioniq 6 yang dibuat dari sampah ban yang didaur ulang. 

Sementara untuk warna eksteriornya, punya opsi: Abyss Black Pearl, Serenity White Pearl, Gravity Gold Matte, Nocturne Grey Matte, Biophilic Blue Pearl. Khusus kelir tidak mengilap atau matte, ada tambahan harga Rp 3,5 juta yang menjadikannya semakin mahal.

Baca juga  Arif Muhammad dan 99 Pemilik Pertama Wuling Air EV, Langsung Konvoi!

Keunikan dari Ioniq 6 yang dijual di Indonesia, tidak memiliki spion digital. Hal tersebut dikarenakan, regulasi dari pemerintah Indonesia yang belum membolehkannya.

2. Desain Interior Ioniq 6 Terinspirasi dari Kempompong

hyundai ioniq 6 2023 - jok belakang

Leg room lega di jok belakang Ioniq 6

Spesifikasi Hyundai Ioniq 6 selanjutnya yang akan kita bahas adalah dari sisi tampilan kabin interiornya. Di mana Ioniq 6 menawarkan desain yang simpel khas mobil listrik masa depan. Terinspirasi dari bentuk kepompong (cocoon), dirancang untuk mengutamakan kenyamanan dan keleluasaan pengguna.

Ruang interior sedan listrik ini juga terasa luas berkat legroom yang lebih lega dan lantai mobil yang sepenuhnya rata, sehingga membuat pengemudi dan penumpang bisa lrileks dalam melakukan perjalanan. Lapangnya interior Ioniq 6 juga semakin maksimal dengan ditiadakannya tombol-tombol fisik pada pintu depan untuk memberikan ruang yang lebih banyak terhadap penyimpanan barang.

Adapun interior dari baris depan Ioniq 6 juga dilengkapi dengan bridge-style open console yang bisa diatur untuk meletakkan perangkat atau menyimpan barang keperluan. Hadir pula glove box sebagai ruang penyimpanan yang efisien.

Di baris depan, kamu akan dimanjakan dengan fitur Relaxation Comfort Seat. Posisi bantalan kursi, sandaran kursi, dan penyangga kaki bisa diatur sesuai keinginan. Jadi, pengemudi dan penumpang bisa mendapatkan posisi duduk yang relaxing dan lebih nyaman. Pengaturan terebut juga bisa dilakukan secara elektrik 10 arah. Ada pula fitur lumbar support, memory function, serta pendingin dan pemanas kursi, jadi pengguna bisa menjaga postur tubuh dan kenyamanan tetap sempurna selama berkendara.

Teknologi terdepan juga disematkan pada sistem infotainment kendaraan. IONIQ 6 telah dibekali Supervision Digital Cluster berukuran 12.3 inci dan Head-up Display, Bluetooth. Konektivitas yang ditawarkan menjamin pengalaman hiburan immersive selama perjalanan, apalagi IONIQ 6 juga dilengkapi 8 BOSE Premium Audio System dengan External Amplifier dan LED ambient mood lighting.

Tak hanya lapang, interior Hyundai Ioniq 6 juga tampil elegan berkat kehadiran Dual Color Ambient Lighting. Dengan fitur ini, pengguna bisa memilih profil pencahayaan di dalam kendaraan sesuai mood dan selera dari 64 opsi warna dan 6 tema warna ganda yang tersedia.

Interiornya juga dibuat dari material hasil daur ulang botol PET, serta komponen alami berbasis tebu dan jagung dalam membuat berbagai elemen seperti jok, headlining, dan karpet. Seluruh permukaan panel interior pintu dan setir Ioniq 6 pun dilapisi oleh cat berbahan alami dari minyak ekstrak tanaman bunga kubis dan jagung.

3. Hyundai Smartsense Lebih Lengkap

spesifikasi hyundai ioniq 6 2023 - interior

Ioniq 6 tidak punya fitur Bluelink

Membahas spesifikasi Hyundai Ioniq 6 2023 tentu kurang menarik tanpa mengulas kelengkapan fitur-fiturnya. Mobil listrik yang dijual di Indonesia dengan harga hampri Rp 1,2 miliar tersebut sudah mengadopsi Hyundai SmartSense lebih lengkap. Salah satu tambahannya adalah Intelligent Front-lighting System (IFS).

Baca juga  Mobil Listrik Jaguar Siap Selamatkan Kebangkrutan

Fitur IFS ini secara pintar mematikan sebagian dari lampu High Beam Ioniq 6, agar tidak mengganggu pengemudi mobil di depan atau sisi lain jalan. Dipandu kamera dan headlamp controller, fitur IFS membuat pengalaman berkendara di malam hari jadi lebih aman.

Ada pula Forward Collision-Avoidance Assist 2 (FCA 2) yang bisa mencegah tabrakan dengan kendaraan atau objek lain di sekitar IONIQ 6. Fitur ini dapat melakukan pengereman secara otomatis jika mendeteksi potensi tabrakan dari sisi kiri atau kanan persimpangan jalan hingga menyesuaikan kemudi mobil agar tidak menabrak saat berganti jalur.

Fitur Hyundai SmartSense lain yang hadir di Ioniq 6 meliputi Blind-Spot Collision-avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW) yang meliputi Leading Vehicle Departure Alert, Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist – Line/Road-Edge (LKA-L/R), Parking Collision-avoidance Assist-Reverse (PCA-R), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Rear Occupant Alert (ROA), Safe Exit Warning (SEW), Smart Cruise Control (SCC) with Stop & Go Function, dan Surround View Monitor (SVM). 

Kemudian Untuk menjamin pengalaman berkendara yang aman dan nyaman, mobil sedan istrik ini juga didukung dengan fitur-fitur keselamatan seperti Electronic Stability Control (ESC) yang meliputi Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assist System (BAS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Hill-start Assist Control (HAC), Multi Collision-Avoidance Brake (MCB), Traction Control System (TCS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Tak ketinggalan, terdapat fungsi-fungsi penunjang lainnya seperti Emergency Stop Signal (ESS), Manual Speed Limit Assist (MSLA), Parking Distance Warning- Forward/Side/Reverse (PDW-F/S/R), Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), dan Virtual Engine Sound System (VESS).

Istimewa bukan? Ternyata tidak juga, pasalnya Ioniq 6 yang dijual di Iondonesia belum punya fitur Hyundai Bluelink.

4. Performa Hyundai Ioniq 6 Pakai Penggerak AWD

harga hyundai ioniq 6 2023 - tampak belakang

Ioniq 6 pakai penggerak AWD atau dual motor

Berbicara performa Hyundai Ioniq 6 2023 untuk pasar Indonesia, sedan listrik ini pakai kapasitas baterai 77,4 kWh yang dikawinkan dengan 2 motor listrik atau penggerak all wheel drive (AWD). Alhasil menghasilkan daya sebesar 239 kW dan torsi sebesar 605 Nm. Soal akselerasi 0–100 km/jam, hanya dalam waktu 5,1 detik, dengan kecepatan maksimal dapat mencapai 185 km/jam.

Soal jarak tempuhnya, berdasarkan hasil uji coba dari Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLPT), Ioniq 6 bisa melaju hingga 519 km dalam kondisi baterai penuh. Dengan kata lain, Jakarta ke Magelang, Jawa Tengah, tidak perlu cas baterai di perjalanan. Ini menjadikannya seabgai salah satu mobil listrik paling efisien daya saat ini.

Terkait waktu pengisian baterai atau cas baterai Ioniq 6, telah mendukung teknologi DC ultra fast charging hingga 800V. Alhasil mampu mengisi daya kendaraan hanya dalam waktu 18 menit (10%–80%) menggunakan ultra fast-charger dengan kapasitas 350 kW. Adapun kamu bisa menikmati pengisian super cepat ini di Ultra Fast Charging Station Hyundai di Plaza Indonesia, Jakarta.

Baca juga  Wuling Bingo Siap Meluncur 2023, Lebih Murah dari Air EV?

Sementara itu untuk cas baterai mobil listirk Ioniq 6 juga kompatibel terhadap DC fast charging dengan daya 50kW dengan durasi pengisian sekitar 73 menit (10%–80%). Lalu pakai AC standard charging dengan daya 7kW, butuh waktu 12 jam (0%–100%).

Hadir pula fitur Vehicle-to-Load (V2L), menawarkan kapasitas penghantar daya hingga 3.600 watt. Fitur ini memungkinkan mobil berfungsi sebagai pengisi daya listrik dalam perjalanan, jadi pengguna bisa mengisi daya perangkat listrik apa pun, dari sepeda listrik, skuter listrik, hingga peralatan berkemah, langsung dari kendaraan. Selain memiliki power outlet eksternal, Ioniq 6 juga menyediakan power outlet di interior kendaraan untuk mengisi daya smartphone, laptop, dan gadget lainnya dengan praktis.

5. Harga Hyundai Ioniq 6 2023

bagasi ioniq 6

Bagasi Ioniq 6 cukup luas untuk sebuah sedan

Dengan spesifikasi istimewa tersebut, harga Hyundai Ioniq 6 2023 untuk pasar Indonesia tembus Rp 1,197 miliar (OTR Jakarta). Mahal, karena memang fiturnya lebih istimewa dibanding Ioniq 5. Ditambah lagi pabrikan H miring mendatangkan sedan listrik ini langsung dari Korea Selatan atau CBU.

Jika kamu berani membayar banderol tersebut. Hyundai memberi beberapa kelebihan lewat alyanan after-sales khusus bagi pengguna Ioniq 6 di Indonesia, meliputi:

  • Garansi Dasar selama 3 tahun atau 100.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)
  • Garansi Baterai Kendaraan Listrik selama 8 Tahun atau 160.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)
  • Gratis jasa perawatan selama 6 tahun atau 90.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)
  • Gratis suku cadang untuk perawatan berkala selama 6 tahun atau 90.000 km (mana yang tercapai lebih dulu)

Untuk menjamin pengalaman kepemilikan kendaraan yang worry-free, HMID juga menyiapkan berbagai layanan after-sales terdepan lainnya untuk IONIQ 6. Pengguna bisa menikmati pelayanan pelanggan 24 Jam yang bisa diakses melalui Hyundai Call Center, WhatsApp, dan Hyundai Bluelink. Pelayanan pelanggan 24 Jam juga telah terintegrasi dengan Layanan Darurat 24 Jam seperti Roadside Assistance, Take Me Home, dan Mobile Charging Service. Layanan after-sales HMID juga memberikan kemudahan akses service bagi pelanggan melalui solusi Mobile Service, Pick Up & Delivery Service, Service @myHyundai, dan Hyundai Genuine Parts Availability 24 Hours Guarantee or Free.

Kemudian ada pua jaringan dealer Hyundai di 131 titik di seluruh Indonesia. Mereka juga menjamin ketersediaan suku cadang di Indonesia melalui program Hyundai Genuine Parts Availability 24 Hours Guarantee or Free yang didukung oleh fasilitas Hyundai Parts Center seluas 1,2 Ha yang berlokasi di Deltamas, Cikarang, yang mampu menyimpan lebih dari 30.000 items.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika