Senin, Juli 1, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi Subaru BRZIKO 450 WHP Siap Turun Event Drift Lokal dan Internasional

by Ivan
Spesifikasi Subaru BRZIKO tampil garang dan lebih bertenaga

Subaru Indonesia hari ini (29/6) resmi mengumumkan kolaborasi bareng Garasi Drift dengan memperkenalkan Subaru Garasi Drift Team dan Subaru BRZ spek drift. Ini dia spesifikasi Subaru BRZIKO yang diklaim punya semburan tenaga 450 WHP.

Subaru BRZ full modif ini lahir baru dengan nama alias Subaru BRZIKO. Mobil ini dibangun khusus untuk bertanding di berbagai kejuaran drifting di kelas PRO selama musim 2024-25 baik untuk event nasional maupun internasional.

Ubahan menyeluruh pada spesifikasi Subaru BRZIKO ini telah dibangun selama 6 bulan. Mobil ini akan langsung memulai debut di kompetisi Professional Drift Grand Prix Series (D1GP) South East Asia pada 6-7 Juli di Sirkuit jalanan Meikarta, Cikarang, yang juga bagian dari Indonesia Drift Series PRO 2024.

Proses unveiling Subaru BRZIKO di Plaza Subaru Alam Sutera
Proses unveiling Subaru BRZIKO di Plaza Subaru Alam Sutera

“Subaru BRZ adalah Subaru yang Istimewa, satu-satunya model dengan penggerak RWD, keseimbangan sasis terbaik, dan DNA motorsport yang kuat. Di sisi lain, Garasi Drift memiliki Drifter yang sangat kompetitif seperti Ziko Harnadi. Untuk itu, kolaborasi bersama Garasi Drift adalah menyatukan dua personality luar biasa agar dapat bekerjasama menuju satu tujuan, berprestasi di kompetisi Drift nasional dan tampil maksimal di event internasional seperti D1GP dan GIIAS,” buka Arie Christopher, Chief Executive Officer Subaru Indonesia di Alam Sutera, Tangerang Selatan (29/10)

Baca juga  Subaru BRZ Safety Driving Course, Ajak Pemilik Mobil Sport Nge-Drift!

Ubahan Bodi, Kabin dan Kaki-kaki BRZIKO

Subaru BRZIKO nampak semok pakai bodykit Pandem
Subaru BRZIKO nampak semok pakai bodykit Pandem

Hasil akhir modiikasi Subaru BRZIKO dikerjakan begitu matang mengedepankan aspek aesthetic mods, weight reduction, reliability dan competitive mods. Paling kentara dari bagian bodi ialah pasokan bodykit Pandem berpadu dengan bodyparts dry carbon dari MCI Carbon.

Modifikasi sasis juga dilakukan untuk mendapatkan bobot yang lebih ringan. Sementara pasokan kaki-kaki angel kit turut diperkuat plus pemakaian velg Advan Racing TC-4 warna merah candy berukuran 18 inci. Kesan garang mobil ini ini lantas disempurnakan cat Belkote dan dihias livery sporty besutan Goodfix Stiker

Subaru Garasi Drift Team
Subaru Garasi Drift Team

Masuk ke kabin ada beberapa perubahan yakni dengan pengaplikasian jok bucket Recaro RMS dan RSG dengan sabuk pengaman 6 titik Sabelt. Dan untuk rollcage sendiri diklaim sudah mengikuti regulasi Indonesia Drift Series.

“Saat memulai drift itu sejak umur 12 tahun. Hari ini saya menjadi drifter dari tim Subaru Garasi Drift Team adalah pencapaian tersendiri yang tentunya menjadi kepercayaan yang harus saya pegang dan buktikan kepada Subaru Indonesia dimulai dari D1GP 6-7 Juli besok,” kata Ziko Harnadi, Chief Executive Officer, Garasi Drift.

Baca juga  Bedah Fitur Forester Lebih Dalam, Subaru Gelar Event Seru Forestyle

Engine Swap Mesin “Tetangga”

spesifikasi subaru brziko 5
Mesin comot unit 2JZ-GTE dengan tuning khusus bertenaga 450 WHP

Yang mengejutkan dari jantung pacu spesifikasi Subaru BRZIKO ialah sampai harus rela engine swap. Mesin bensin bawan 2.387 cc bertenaga 234 hp dan torsi puncak 250 Nm ditanggalkan ganti unit legendaris 2JZ Toyota yang dituning hingga punya semburan 450 WHP (500 HP). Terkait hal ini sudah melewati kesepakatan antara pihak Subaru dan Garasi Drift.

“Untuk mesin, seperti kita tahu di BRZ ini merupakan new generation engine yang tentu R&D-nya belum panjang. Jadi kami, Subaru dan Garasi Drift banyak melakukan riset, bertemu banyak drifter juga pegiat aftermarket ya memang pilihannya mesin ini. Dan komposisi kaki-kaki, sasis dan mesin inilah yang paling kompetitif di dunia drifting saat ini,” kilah Ismail Aslan, General Manager Marketing & Communication Subaru Indonesia di kesempatan yang sama.

“Jadi memang kita harus mengalahkan idealisme sedikit untuk bisa compete dan mendapatkan goal yang lebih besar. Disisi lain unit subaru dan mesin ini sebenarnya juga enggak jauh-jauh banget (ketangguhannya). Kalau tahun lalu Ziko juara 2, harapan kami bersama Subaru bisa juara 1 juga bisa tembus 2 juta subscriber,” tambahnya.

Baca juga  Penjualan Subaru BRZ di Indonesia Tertinggi se-Asia Tenggara

Spesifikasi Subaru BRZIKO

Spesifikasi Subaru BRZIKO kena ubahan menyeluruh
Spesifikasi Subaru BRZIKO kena ubahan menyeluruh

Bodykit dari Pandem
Bodyparts Dry carbon dari MCI Carbon
Velg Advan Racing TC-4 ring 18 dari Conceptmotorsport
Bangku Recaro RMS & RSG dari Conceptmotorsport
Sabelt “Blue” 6-Point harness
ISX Brakes
Rollcage mengikuti regulasi Indonesia Drift Series
Subaru WR Blue dari Belkote
2024 Livery dari GoodFix
Kaki-kaki & angle kit dari Wisefab
Ban Accelera 651 Sport
Suspensi dari DG-5
Mesin in-line 6 Turbo dengan lowboost
Haltech ECU dan iC-7 Display Dash
Oli khusus dari Motul

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika