Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Ada 123,8 Juta Pemudik Lebaran 2023, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas!

by Firdaus Ali
Diskon tarif tol lebaran 2024

Menjelang musim libur lebaran, Korlantas Polri siapkan rekayasa lalu lintas jalur mudik tahun ini. Hal tersebut bertujuan menghindari kemacetan yang disebabkan volume kendaraan dari para pemudik lebaran 2023.

Dikutip dari laman humaspolri, memastikan kesiapan rekayasa lalu lintas untuk arus mudik dan arus balik pada saat Hari Raya Idul Fitri 2023.

Menurut Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen. Pol. Firman Shantyabudi, pihaknya telah melakukan survei dan koordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan rekayasa lalu lintas. Utamanya apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan di jalur mudik, sehingga pemudik lebaran 2023 merasa nyaman dan aman, tehindar dari kemacetan maupum kecelakaan saat mudik maupun arus balik lebaran.

Pasalnya pada tahun ini, pemudik diprediksi meningkat tajam. Totalnya akan ada 123,8 juta yang melakukan perjalanan pulang kampung saat Lebaran 2023.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kapolri, kami menyiapkan dengan matang segala rekayasa arus lalu lintas apabila terjadi kepadatan dan kecelakaan yang berdampak antrean panjang, baik di tol, arteri, dan jalur penyeberangan,” tutur Firman dalam keterangannya (15/3/2023).

Baca juga  Aturan Ganjil Genap Setelah Libur Lebaran 2023, Kapan Berlaku?

Senada dengan Irjen Firman, Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan bahwa instruksi dari Kapolri untuk memastikan musim liburan lebaran 2023 lancar dan aman.

“Korlantas beserta stakeholder terkait telah melaksanakan survei ke beberapa ruas Jalan. Baik ruas Jalan Pantai Selatan Banten sampai dengan DIY. Korlantas Polri juga mengecek ruas jalan pantai utara Jakarta sampai dengan Semarang. Jalan Tol dari Jakarta sampai dengan Surabaya, serta ruas jalan menuju ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan,” ungkapnya.

Terkait teknis pengaturan rekayasa lalu lintas saat musim libur lebaran 2023, Brigjen Ramadhan mengatakan bahwasanya hal tersebut masih dalam pembahasan bersama pihak-pihak terkait. “Sementara mekanisme pengaturan lalu lintas saat arus mudik dan balik, termasuk apakah ada pembatasan kendaraan masih terus dibahas. Nantinya, keputusan itu akan tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB),” jelas Brigjen Ramadhan.

Jumlah Kendaraan Diprediksi Meningkat Saat Musim Lebaran 2023

Rekayasa lalu lintas jalur mudik lebaran 2023 - pemudik lebaran 2023

Diprediksi jumlah pemudik 2023 meningkat

Seperti dikatakan sebelumnya bahwa Korlantas Polri bersama stakeholder seperti Kemenhub dan pihak lain telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jalur mudik lebaran 2023. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan yang disebabkan karena volume kendaraan.

Baca juga  6 Tips Mudik Pakai Mobil, Berkendara Maksimal 4 Jam!

Yup, pada musim lebaran ini diprediksi jumlah pemudik akan meningkat. Hal tersebut dikarenakan sudah tidak dicabut PPKM oleh Pemerintah. Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, lonjakan pemudik diprediksi naik cukup signifikan. Sebanyak 123,8 juta penduduk diprediksi akan melakukan pergerakan mudik di tahun 2023.

Sementara itu, untuk wilayah Jabodetabek, diprediksi ada 18,3 juta penduduk yang akan melakukan mudik. Itu artinya, lebih dari setengah penduduk Jabodetabek mudik lebaran kali ini.

Di sisi lain, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memprediksi 42 ribu kendaraan akan memadati Pelabuhan Merak, Banten, saat puncak mudik lebaran tahun 2023. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan puncak arus kendaraan yang terjadi pada h-3 lebaran 2022 lalu yang mencapai 37 ribu kendaraan.

Moladiners, itulah ulasan Korlantas Polri siapkan rekayasa lalu lintas jalur mudik agar pemudik lebaran 2023 merasa lebih aman dan nyaman. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika