Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2022 dan Review Lengkapnya!

by Tigor Sihombing
Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Mengulas spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport tentu menarik. Sebab SUV ini memiliki kubikasi mesin diesel terbesar yaitu 2.800 cc, dibanding para kompetitor. Jantung mekanis tersebut, melengkapi pilihan yang sebelumnya ada yaitu diesel 2.4 liter dan bensin 2.7 liter.

Walau pakai mesin besar, tapi harga Fortuner varian tertinggi ini masih kompetitif. Toyota menjualnya mulai Rp 624,95 juta hingga Rp 720,35 juta (OTR Jakarta). 

“Antusiasme masyarakat terhadap model-model Gazoo Racing yang kami terus hadirkan dan lengkapi semakin menguat, dan bahkan menjadi tipe favorit pada line-up kami,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Kami pun sudah melakukan review Toyota Fortuner 2.8 GR Sport, khususnya varian 4×4. Hasilnya ternyata istimewa, mau tahu detail lengkap dari mobil SUV bongsor 7-seater ini? Berikut bahasan lengkap spesifikasi, serta reviewnya, juga ketika dibandingkan dengan kompetitor seperti Mitsubishi Pajero Sport:

Eksterior dengan Pilihan Warna Two Tone

review fortuner 2.8 gr sport

Warna two tone menjadi pembeda di Toyota Fortuner 4×4

Jika dilihat secara tampilan, spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2022 untuk eksterior cukup menarik. Di varian 4×4, ada kombinasi warna two tone dengan bodi putih dan atap hitam. Lalu velg mobil juga dicat hitam. Ini tentunya tidak dimiliki oleh kompetitor seperti Mitsubishi Pajero SPort

Hadir pula berbagai aksesori bodi seperti spoiler di bumper depan, grille dengan emblem GR, GR scuff plate, spoiler di bumper belakang, hingga stiker GR terbaru di bodi samping. Semua itu membuat SUV ini semakin gagah.

Sebagai informasi, dimensi dari Fortuner 2.8 GR Sport ini adalah panjang 4.795 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.835 mm serta wheelbase 2.745 mm. Cukup bongsor untuk sebuah mobil SUV.

Baca juga  Toyota GR Supra Terbaru Meluncur, Harga Tembus Rp 2 Miliar

Interior & Fitur Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2022

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Interior & Fitur Fortuner 2.8 GR Sport

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2022 semakin istimewa dengan berbagai emblem Gazoo Racing tersemat. Sebut saja di opening head unit 9 inci yang juga memiliki fitur NFC e-toll card checking, scuff plate, floor mat, start/stop engine button, hingga head rest cover.

Kemudian fitur yang diandalkan adalah penggerak 4×4 plus easy 4×4 switch dan downhill assist control (DAC). Fitur DAC berguna untuk melewati jalan menurun yang licin dengan tetap menjaga mobil dalam kecepatan rendah.

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport 2022 varian 4×4 selanjutnya tidak ada beda dengan model Fortuner GR Sport lain yang berpenggerak 4×2. Ada pengunaan kamera 360 derajat. Fitur ini berguna untuk menambah visibilitas pengemudi saat berjalan di area yang sempit maupun saat parkir.

Kamera 360 di Fortuner GR Sport bisa mendeteksi pergerakan mobil di sekitar, bahkan hampir mirip dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS), hanya saja lebih sederhana. Terdapat empat buah kamera di setiap sudut mobil dari depan, samping hingga belakang. Dengan kamera tersebut, Fortuner facelift 2022 bisa memiliki fitur Moving Object Detection, Headway Warning System, Lane Departure Warning dan juga Blind Spot Warning System.

Kelebihan lain mobil SUV ini juga sudah dilengkapi dengan wireless charging dan sensor pintu belakang elektrik dengan sensor kaki. Fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), Trailer Sway Control (TSC) dan Traction Control (TRC) juga sudah disematkan pada mobil ini sebagai fitur standar.

Akomodasi Penumpang dan Bagasi

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Kabin penumpang Fortuner 2.8 GR Sport

Selain interior yang kental dengan aura sporty, dari hasil review Toyota Fortuner 2.8 GR Sport yang kami lakukan, kelegaan jarak tempat duduk penumpang dan bagasi tergolong lebih lega dibanding rival adabadinya Mitsubishi Pajero Sport.

Baca juga  Toyota Hilux Rogue 2023 Meluncur, Ini Mobil Laki!

Saat team kami dengan tinggi badan 178 cm mencoba duduk dibaris bangku kedua, legroom atau jarak dengkul dengan senderan kursi baris pertama masih ada jarak 4 jari. Sementara untuk bangku baris ketiga yang diduduki dengan penumpang dengan tinggi 165 cm legroomnya masih ada jarak 7 cm. untuk headroom juga masih ada jarak yang ideal.

Lanjut ke bagasi. Saat kami ukur dengan alat meteran, bagasi dari Fortuner 2.8 GR Sport tercatat 860,2 liter, lebih luas dibanding bagasi Pajero Sport yang dimensinya hanya diangka 644,4 liter.

Performa & Konsumsi BBM Mesin Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Mesin Fortuner 2.8 GR Sport

Berbicara dapur pacunya, di atas kertas Toyota Fortuner 2.8 GR Sport menggunakan mesin turbo diesel 1GD-FTV berkapasitas 2.800 cc. Di atas kertas jantung mekanis itu mampu menghasilkan tenaga 203,9 hp di 3.000 – 4.000 rpm, dan torsi 499,2 Nm di 1.600 rpm sampai 2.800 rpm.

Nah, untuk membuktikan performa mesin Fortuner 2.8 GR Sport 4×4 itu kami melakukan uji drag race dengan jarak 201 meter, bersama Mitsubishi Pajero Sport Dakkar Ultimate 4×4 sebagai kompetitor. Hasilnya, Toyota Fortuner 2.8 GR Sport memiliki catatan angka 11,1 detik, lebih unggul sekitar 0,7 detik dibanding Pajero Sport yang pakai mesin 2.4 Liter.

Jika performa mesin lebih unggul dari rivalnya, lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? tenang, untuk hal itu kami juga sudah melakukan pengujian saat komparasi Fortuner 2.8 GR Sport dengan Pajero Sport. Adapun pengujian konsumsi BBM tersebut dimulai dari BSD hingga Anyer (106 kilometer).

Baca juga  Toyota Fortuner Leader Meluncur, Murah dan Tampan!

Hasilnya dari yang ditampilkan MID, lagi-lagi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport lebih unggul. Konsumi BBM tercatat di angka 15,1 km/liter. Sementara untuk konsumsi BBM dari Pajero Sport diangka 14,8 km/liter.

Sebagai catatan, hasil pengujian konsumsi BBM yang kami lakukan tidak bisa menjadi acuan permanen dari masing-masing mobil (Fortuner 2.8 GR Sport & Pajero Sport), bisa jadi hasil pengujian yang dilakukan orang lain akan berbeda hasilnya. Hal itu dikarenakan kondisi jalan tentunya juga akan berbeda serta gaya mengemudinya.

Harga Fortuner 2.8 GR Sport 2022 

Spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Toyota Fortuner 2.8 GR Sport

Usai tahu spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport, bagaimana dengan harganya? Untuk varian 4×4 memang yang paling mahal, tembus Rp 715,8 juta (OTR Jakarta). Hanya saja kamu akan mendapat tampilan istimewa dengan bodi two tone, serta fitur-fitur offroad yang tidak dipunya oleh model lain.

Kalau mau yang lebih terjangkau, cek harga Fortuner 2.8 GR Sport 4×2. Banderolnya mulai Rp 621,65 juta (OTR Jakarta). Adapun model dan harga lengkapnya untuk Toyota Fortuner 2.8 GR Sport sebagai berikut : 

  • 4×2 2.8 GR Sport A/T Rp 624.950.000
  • 4×4 2.8 GR Sport A/T (Spot Order*) Rp 715.350.000
  • 4×4 2.8 GR Sport A/T  LUX (Spot Order*) Rp 719.143.000
  • 4×4 2.8 GR Sport A/T (TWO TONE) (Spot Order*) Rp 720.350.000

Demikian ulasan terkait harga dan spesifikasi Toyota Fortuner 2.8 GR Sport khususnya varian 4×4 di GIIAS 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika