by

Spesifikasi Yamaha MX King 155 VVA Terungkap, Pakai Keyless

Spesifikasi Yamaha MX King 155 VVA – Motor bebek 150cc, MX King akhirnya mendapat revisi besar. Tidak hanya tampilan, tapi juga jantung mekanisnya ikut diganti. Kini pakai kepunyaan Yamaha R15.

Dari gambar spyshot yang kami terima, motor ini hadir di Vietnam. Meski demikian, pabrikan garpu tala belum resmi meluncurkannya. MX King 155 VVA kedapatan terfoto saat persiapan ingin diangkut kargo. Sebagai informasi, di Vietnam nama kuda besi ini adalah Exciter RC.

Ingin tahu detail spesifikasi Yamaha MX King 155 VVA yang terlihat bocorannya di Vietnam? Cek pembahasan lengkapnya di sini:

Desain Berubah Total, Lampu Depan Lebih Unik

mx king 155
Desain bodi MX King terbaru berubah total dengan tampilan semakin sportif

Ketika melihat spyshot, satu yang jelas adalah spesifikasi Yamaha MX King 155 VVA berubah total. Desainnya dibuat lebih unik dengan lampu depan pipih.

Bentuk lampu motor ini bahkan menyerupai garis horizontal. Meski begitu, peletakannya tetap di batok. Lalu di bagian tameng terletak lampu senja atau daytime running light (DRL), beserta sein yang letaknya agak ke samping.

Kemudian lampu belakang bentuknya cukup kecil dan vertikal. Sekilas persis lampu belakang Yamaha R15. Lampu sein belakang dibuat terpisah, menempel di sepatbor.

Soal suspensi, belum ada perbedaan. Di depan masih mengandalkan teleskopik dan belakangnya monoshock. Ukuran ban juga sepertinya sama, pakai karet bundar berdesain lebar di belakang.

Baca juga  Daftar Harga Yamaha Freego Terbaru, Pas untuk Ojek Online!

Fitur Keyless Hingga Power Charger di MX King 155 VVA

MX King 155 terbaru
MX King 155 VVA memiliki fitur keyless dan power charger seperti Yamaha Aerox 155

Kemudian spesifikasi fitur Yamaha MX King 155 VVA juga semakin modern. Pabrikan garpu tala memberinya panel instrumen digital, mirip kepunyaan Aerox 155 yang berbentuk trapesium sama sisi.

Di dalam panel instrumen tersebut, terdapat berbagai informasi soal motor. Sebut saja putaran mesin, kecepatan, posisi gigi transmisi, konsumsi bahan bakar rata-rata, jam, dan lain-lain.

Ada pula fitur keyless sebagai spesifikasi bawaan Yamaha MX King 155 VVA. Keyless menggantikan anak kunci konvensional dengan remote dan kenop pintar.

Kehadiran keyless juga menyulitkan maling untuk membobol motor. Pasalnya fitur ini dilengkapi immobilizer. Alhasil cuma remote bawaan yang dapat dipakai mengaktifkan mesin.

Bila mengacu motor Yamaha lain yang pakai keyless, seperti Nmax dan Aerox 155, maka remotenya terintegrasi pula dengan fitur answerback system. Fitur ini memudahkan pencarian motor di lokasi parkir. Cara menggunakannya cukup tekan tombol di remote, maka MX King 155 VVA bakale mengeluarkan suara dan menyalakan lampu untuk memberitahukan posisinya.

Ada pula power charger di dashboard motor sebelah kiri. Fitur tersebut berguna mengisi daya baterai smartphone saat berkendara. Hanya saja, Yamaha MX King 155 VVA tidak memiliki kompartemen depan sebagai tempat meletakkan smartphone. Jadi mau tidak mau, kamu perlu membeli gurita atau bracket tambahan.

Baca juga  Yamaha Zuma 125 2020, Lebih Mahal dari All New Nmax ABS

Soal pencahayaan depan, hadir teknologi LED. Kelebihan lampu LED adalah hemat daya, sehingga kestabilan listrik motor jadi lebih baik. Meski demikian, visibilitas berkendaranya tetap istimewa, terlebih ketika berkendara pada malam hari.

Banyaknya fitur modern di MX King terbaru, tentu semakin meninggalkan Honda Supra GTR 150 selaku kompetitor. Apalagi motor bebek berlogo sayap tersebut sangat minim fitur.

Baca juga:

Mesin 155cc Berteknologi VVA Mengadopsi Kepunyaan R15

MX King terbaru
Pakai mesin R15, tentu performanya jadi jauh lebih hebat

Soal spesifikasi mesin Yamaha MX King 155 VVA basisnya adalah R15. Memang belum ada informasi performa di atas kertasnya. Hanya saja, kemungkinan tidak bakal jauh beda dari R15.

Mesin tersebut memiliki kubikasi 155cc, berpendingin cairan, dan mengadopsi teknologi katup variabel (VVA). Guna VVA untuk memaksimalkan performa di tiap rentang putaran mesin. Jadi motor terasa bertenaga baik di putaran bawah dan atas.

Baca juga  Perbedaan Mesin Yamaha Nmax 2020 Vs Nmax Lama, Lebih Bertenaga!

Bila merujuk spesifikasi R15, mesin MX King 155 VVA bakal mampu memuntahkan torsi hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm dan tenaga 19,04 hp pada 10.000 rpm.

Kalau benar performanya sehebat itu, maka Honda Supra GTR 150 pasti bertekuk lutut. Terlebih motor bebek Honda cuma bisa memuntahkan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 16,09 hp pada 9.000 rpm.

Hadir pula sistem transmisi 6-percepatan. Belum jelas apakah bakal ada assist & slipper clutch senagai fitur tambahan. Satu yang pasti, anti-lock braking system (ABS) sepertinya harus absen sebagai fitur keselamatan.

Sejauh ini, belum ada informasi soal waktu peluncuran dan harga Yamaha MX King terbaru. Apakah masuk Indonesia? Pihak pabrikan garpu tala Tanah Air juga belum mengeluarkan pernyataan resmi sama sekali.

Bila masuk Indonesia, kemungkinan harganya bisa tembus angka Rp26-27 jutaan. Hal itu mempertimbangkan berbagai revisi yang hadir. Mulai dari mesin hingga fitur. Pasalnya MX King yang dijual sekarang banderolnya Rp24 jutaan.

Masih mau beli? Kalau kamu penikmat motor bebek dan menyukai performa mantap, harusnya banderol Rp27 juta bukan masalah. Benar kan!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru