by

Suzuki Burgman Elektrik, Tidak Lama Lagi!

Akhirnya pabrikan berlogo S bakal meramaikan pasar motor listrik, lewat kemunculan Suzuki Burgman Elektrik. Informasi ini kami dapatkan dari media asal India, Indianautosblog yang berhasil mendapatkan foto motor tanpa bahan bakar minyak (BBM) tersebut sedang diuji jalan.

Dari foto, terlihat sekali bahwa desain motor listrik Suzuki serupa dengan Burgman 125 cc versi bensin. Hanya saja ada tambahan aksen warna biru di beberapa bagian bodi.

Kemudian, sektor mesin juga terlihat berbeda. Tampak sekali penggunaan motor elektrik sebagai sumber tenaganya. “Ini merupakan model EV (kendaraan listrik), maka tidak ada knalpotnya,” seperti dikutip dari Indianautosblog.

Jika Suzuki Burgman Elektrik meluncur, maka inilah motor listrik pertama mereka. Pasalnya sampai sekarang, Suzuki belum memiliki lini produk kendaraan roda dua yang pakai sumber tenaga baterai.

Kenapa justru produksi India? Sebagai informasi buat kamu, negeri bollywood merupakan salah satu tempat dengan banyak produk motor listrik. Konsumen juga sudah menerima kendaraan roda dua tanpa emisi gas buang ini dengan sangat baik.

Baca juga  Harga Suzuki Nex 2 Paling Murah, Pantas Dibeli?

Merek asli India bahkan sudah lebih dulu dipasarkan motor listrik. Ambil contoh Bajaj Chetak, TVS iQube, hingga Ather 450X. Jadi kehadiran Burgman elektrik di sana sesungguhnya bukan hal aneh.

Bila kamu ingin tahu lebih detail tentang motor Suzuki Burgman versi elektrik? Simak bahasan berikut:

Bocoran Spesifikasi Suzuki Burgman Elektrik

suzuki burgman elektrik
Motor listrik Suzuki ini tertangkap kamera sedang uji jalan di India (sumber: indianautosblog)

Kalau melihat dari foto uji jalan, Suzuki Burgman Electrik punya tampilan yang tidak beda jauh dari Burgman Street 125. Dengan begitu, maka dimensinya bakal mirip.

Spesifikasi panjangnya kemungkinan 1.880 mm, lebar 715 mm, dan tinggi 1.140 mm. Ukuran ban juga sepertinya masih sama, pakai 90/90-12 inci di depan dan 90/100-10 inci di bekalang.

Terkait fitur, Suzuki Burgman Elektrik diprediksi tidak beda jauh. Ada sistem pencahyaan full LED, panel instrumen digital dengan konektivitas smartphone, navigasi, USB charger, serta bagasi luas di bawah jok.

Kemudian untuk performa motor elektriknya disebut bakal punya kemampuan setara dengan skutik 110 cc berbahan bakar bensin. “Burgman Elektrik diharapkan mulai dipasarkan di India pada 2021,” beber Indianautosblog.

Baca juga  5 Kelebihan Suzuki Nex 2 Cross, Wajib Tahu!

Bicara motor listrik. Suzuki memang agak ketinggalan dibanding pabrikan Jepang lain. Kalau Honda sudah punya PCX Electric, kemudian Yamaha memiliki e-Vino, pabrikan berlogo S belum punya satu produk sekalipun.

Jika Suzuki Burgman Elektrik diproduksi massal, maka inilah produk pertama mereka. Apakah masuk Indonesia? Sepertinya masih jauh. Sepertinya di pasar Tanah Air, fokus Suzuki sekarang lebih ke melengkapi lini jualnya.

Ambil contoh di kelas motor matik saja, mereka cuma punya kubikasi 110 cc. Kemudian di kelas motor sport, hanya mengandalkan mesin 150 cc. Padahal kompetitor seperti Yamaha dan Honda punya lini produk yang lebih luas.

Oleh karena itu, kalau bicara motor listrik Suzuki di Indonesia, sepertinya belum dalam waktu dekat!

Terbaru