Suzuki Ignis Discontinue Dari Pasar Indonesia, Konsumen Harus Apa?

by Ivan
Suzuki Ignis discontinue dari pasar Indonesia

Dalam senyap, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memutuskan kebijakan mengejutkan dengan kabar Suzuki Ignis discontinue dari pasar Indonesia.

Hal ini ditandai dari hilangnya Suzuki Ignis di laman resmi Suzuki Indonesia mulai bulan July 2024. Setelah berkiprah lebih kurang 7 tahun di pasar otomotif Tanah Air.

Menyikapi Suzuki Ignis discontinue dari pasar Indonesia, PT SIS memiliki pertimbangan khusus terkait perkembangan elektrifikasi Suzuki di masa yang akan datang.

Suzuki fokus ke produk terelektrifikasi seperti XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid
Suzuki Ignis discontinue, PT SIS fokus ke produk terelektrifikasi seperti XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid

“Iya betul, Ignis sudah di discontinue dari market Indonesia. Alasannya sesuai dengan rencana korporasi, kami secara bertahap akan lebih fokus ke produk terelektrifikasi seperti XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid. Serta memperkuat keberadaan model-model buatan dalam negeri,” kata Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS kepada Moladin saat dihubungi langsung, Rabu (10/7).

Seperti diketahui Suzuki Ignis merupakan produk impor yang didatangkan dari India. Debut perdana mobil ini di Indonesia diawali pada bulan April 2017 silam.

Saat itu, mobil ini hadir dalam 3 varian dengan harga mulai Rp 139,5 juta untuk tipe GL M/T. Sementara dua lainnya ialah tipe GX M/T berbanderol Rp 159,5 juta dan GX AGS Rp 169,5 juta.

Baca juga  5 Inspirasi Suzuki Ignis Modifikasi, Tampil Beda

Suzuki Ignis Discontinue Gimana Ketersediaan Spare Part?

Suzuki Ignis gen 1 milik penulis
Suzuki Ignis discontinue, Suzuki jamin ketersediaan spare part termasuk pada Ignis gen 1 milik penulis

Sejalan dengan keputusan Suzuki Ignis discontinue, tentu memicu pertanyaan di benak konsumen selaku pengguna Suzuki Ignis di Indonesia terkait layanan aftersales dan spare part.

“Untuk stok (Ignis) saat ini sudah habis. Tetapi bagi pengguna Ignis tidak usah khawatir karena kami masih akan melayani servis dan ketersediaan spareparts-nya” tambah Harold.

Perjalanan Suzuki Ignis sejauh ini memang tidak banyak menghadirkan ubahan revolusioner. Hanya facelift ringan di tahun 2020 juga model Ignis Special Edition dan improvement final di bulan Agustus 2023 lalu.

perbedaan suzuki ignis baru vs lama
Interior Suzuki Ignis masih mempertahankan fitur head unit layar sentuh. Bedanya ada di corak jok

Hatchback ala crossover ini setia dengan dimensi panjang 3.700 mm, lebar 1.690 mm, tinggi 1.595 mm dan wheelbase 2.435 mm. Plus ground clearance setinggi 180 mm dengan dukungan velg 15 inci dibalut ban berukuran 175/65 R15.

Untuk varian terkini Ignis tetap hadir dalam 2 varian. Varian tertingginya Ignis GX AGS masih mengusung mesin sama unit bensin berkapasitas 1.197cc 4 silinder yang merilis tenaga 82 hp dan torsi puncak 113 Nm.

Baca juga  11 Rekomendasi Mobil Paling Irit BBM di Indonesia

Mobil ini kerap dilirik konsumen berkat efisiensi bahan bakar yang tergolong irit. Bahkan beberapa penghargaan seperti ‘The Best Fuel Consumption’ (Ignis MT) juga ‘The Best Total Cost of Ownership’ kerap diraih mobil ini mempertimbangkan performa mesin, efisiensi bahan bakar dan biaya perawatan berkalanya.

Sayonara Suzuki Ignis ! Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika