Thailand Siap Luncurkan Mitsubishi Xpander Hybrid

by Tigor Sihombing
Mitsubishi Xpander Hybrid

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengambil langkah maju dengan bersiap meluncurkan serta memproduksi Mitsubishi Xpander Hybrid dan Xpander Cross Hybrid di Thailand.

Keputusan ini mencatatkan sejarah sebagai produksi mobil hybrid pertama yang dilakukan oleh Mitsubishi di luar Jepang, menunjukkan fokus perusahaan untuk mendukung tren mobilitas ramah lingkungan khususnya di pasar Asia Tenggara.

Pengumuman resmi dari MMC Thailand, yang dikutip oleh Moladin pada Minggu (28/1), mengungkapkan bahwa model Mitsubishi Xpander Hybrid dan Xpander Cross Hybrid akan diresmikan pada 1 Februari 2024 di Bangkok, Thailand.

Sebuah langkah besar, mengingat Xpander pertama kali diperkenalkan dan diproduksi di Indonesia pada tahun 2017, menjadi ikon low MPV Mitsubishi yang sukses.

Pakai Teknologi Nissan

Mitsubishi Xpander Hybrid

Salah satu keunggulan sistem e-Power adalah kemampuannya menghasilkan akselerasi yang lembut dan cepat, mirip dengan mobil listrik.

Meskipun belum terungkap secara rinci, diperkirakan bahwa kedua model hybrid ini akan menggunakan teknologi hybrid NIssan Motors.

Keterkaitan antara Nissan dan Mitsubishi sebagai bagian dari aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi menjadi landasan dugaan ini.

Baca juga  Review Interior Mitsubishi Xforce, Kabin Lega tapi Suspensi Keras?

Namun, detail tentang sistem hybrid yang akan digunakan, apakah menggunakan mesin bensin 1.5 liter dipadukan dengan sistem hybrid 48V atau sistem hybrid lain, belum diungkapkan.

Dalam konteks Thailand, banyak yang berspekulasi bahwa keduanya kemungkinan besar akan menggunakan sistem e-Power.

Sistem ini, yang dikenal dengan sebutan e-Motion, dapat diterapkan pada model-model Nissan, Renault, dan Mitsubishi yang tergabung dalam aliansi tersebut.

Salah satu keunggulan sistem e-Power adalah kemampuannya menghasilkan akselerasi yang lembut dan cepat, mirip dengan mobil listrik.

Mitsubishi Xpander Hybrid akan mengusus sistem e:Motion atau e-Power kerap dipakai aliansi Nissan, Mitsubishi dan Renault

Mitsubishi Xpander Hybrid akan mengusus sistem e:Motion atau e-Power kerap dipakai aliansi Nissan, Mitsubishi dan Renault

Sumber juga mencatat bahwa Mitsubishi Motors Thailand telah merilis teaser yang mengumumkan jadwal peluncuran dua model hybrid ini.

“Peluncuran digelar di The Land of Smiles pada 1 Februari 2024,” demikian bunyi pengumuman tersebut. Meskipun demikian, spesifikasi teknis Xpander hybrid dan Xpander Cross hybrid masih menjadi rahasia, menimbulkan antusiasme dan spekulasi di kalangan pecinta otomotif.

Pada awal tahun 2021, Mitsubishi Motors sudah mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengembangkan versi hybrid dari Xpander dan Xpander Cross.

Baca juga  Ribuan Komunitas Mitsubishi L300 Penuhi Jogja, Kopdar Nasional!

Sebagai informasi tambahan, data penjualan mobil hybrid di Thailand mencatatkan angka yang signifikan.

Antara Januari hingga Oktober 2023, penjualan mobil hybrid mencapai 72.036 unit, sedangkan plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) mencapai 10.383 unit, dan battery electric vehicle (BEV) sebanyak 77.741 unit.

Sementara di Indonesia, pada periode yang sama, penjualan hybrid electric vehicle (HEV) mencapai 46.309 unit, PHEV sebanyak 126 unit, dan BEV mencapai 13.852 unit.

Keberadaan Xpander dan Xpander Cross hybrid di Thailand diyakini akan memperkaya pasar mobil ramah lingkungan di kawasan tersebut.

Demikian ulasan terkait rencana peluncuran Mitsubishi Xpander Hybrid di Thailand. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika