Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Tips Beli Mazda VX-1 Bekas, Cek Bagian Ini

by Firdaus Ali
Tips beli Mazda VX-1 bekas

Berikut kami ulas mengenai tips beli Mazda VX-1 bekas. VX1 merupakan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-penumpang yang tak lain rebagde alias kembaran Suzuki Ertiga.

Sebagian orang sekarang mungkin belum tahu jika Mazda pernah merilis sebuah Low MPV di Indonesia yang diberi nama Mazda VX-1 yang memang tidak banyak populasinya di Indonesia.

Mobil kembaran Suzuki Ertiga ini pertama kali meluncur di Tanah Air pada bulan Mei 2013. Kala itu Mazda XV-1 tipe V-Grade dihargai Rp178,8 juta dan Mazda tipe VX-1 tipe R-Grade Rp191 juta untuk di area Jabodetabek. Fitur-fitur terbaru ditawarkan mulai dari dual-airbags, dan anti-lock brake system (ABS).

Mazda VX-1 menggunakan roda penggerak depan, atau sama dengan kembarannya Suzuki Ertiga. Meski diproduksi dari basis Ertiga, tetap ada perbedaan karakter pada VX-1. Mazda memberi sentuhan mulai dari eksterior sampai interior membuat MPV 7-penumpang ini sedikit lebih mewah.

Soal dapur pacu, Mazda VX-1 pakai mesin 1.373 cc 4-silinder DOHC 16 Valve VVT (Variable Valve Timing). Di atas kertas tenaganya mencapai 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Pada tahun 2016, Mazda VX-1 kembali hadir dengan tampilan baru. Peluncuran model baru dari MMI (Mazda Motor Indonesia) ini bisa dibilang tanpa perayaan. Tidak ada kemeriahan ataupun selebrasi seperti prosesi peluncuran yang biasa dilakukan pabrikan Jepang itu.

Penyegaran yang dialami new VX-1 terbilang signifikan karena ada penambahan fitur penunjang keselamatan. Ubahan pada eksterior meliputi, grille berlapis krom, desain bumper depan yang dibuat terlihat lebih kokoh, lampu kabut dengan akses krom bezel serta pengaplikasian velg alumunium.

Selain itu, model terbaru ini juga telah dilengkapi sensor parkir dan kaca spion luar dengan lampu sein yang dapat dilipat secara otomatis (new electric foldable outside mirrors with turn signal).

Sementara di kabin, VX-1 terbaru mengadopsi warna baru pada lingkar kemudi, penambahan soket aksesoris pada konsol tengah di bagian kursi penumpang belakang serta fitur mekanisme pelipatan jok 50:50.

Dari sisi fitur keselamatan New Mazda VX-1 dilengkapi dual SRS airbags, seatbelt dengan pretensioner & load limiter. Selain itu, ada pula jam-safe sensor yang terletak di panel power window pada sisi pengendara, untuk menghindari terjepitnya tangan atau jari.

Adapun warna-warna yang ditawarkan, meliputi Snow White, Silky Silver Metallic, Graphite Grey Pearl Metallic, Cool Black Pearl Metallic, Lilac Grey, dan Radiant Red Pearl. Menarik bukan? Berikut beberapa tips beli Mazda VX-1 bekas.

1. Perhatikan Bagian Kaki-kaki

Tips beli Mazda VX-1 bekas pertama adalah perhatikan bagian kaki-kakinya, bukan karena kualitasnya buruk namun disebabkan karena usia pakai. Ini masih tergolong wajar karena mobil bekas ini umurnya lebih dari 10 tahun.

Bagian seperti balljoint, racksteer dan suspensi perludiperhatikan dengan seksama. Bukan tanpa alasan, komponen-komponen tersebut letaknya ada dibagian bawah dan rentan aus karena sering terkena debu, kotoran dan cipratan air.

2. Cek Bagian Mesin Dengan Seksama

Selanjutnya, tips beli Mazda VX-1 bekas berikutnya adalah dengan mengecek kondisi mesin dengan seksama. Mulai dari kualitas oli mesin, suara mesin, rembesan oli dan bensin, getaran mesin hingga bagian lain yang ada di ruang mesin.

Mesin yang normal umumnya dalam kondisi kering, tidak ada rembesan oli ataupun bensin. Kemudian getaran mesin juga halus. Jadi, jika kamu melihat kondisi mesin yang ada rembesan oli atau bensin, bisa dipastikan ada kebocoran pada seal mesin atau indikasi kerusakan lain.

3. Cek Kondisi Bodi dan Kolong Mobil

Membeli mobil bekas tentunya harus mengecek bagian bodi dan kolong mobil, periksa kondisi cat apakah masih orisinil atau sudah dicat ulang. Kemudian cek juga bagian kolong mobil, apakah kondisinya masih normal atau sudah banyak karat.

Kalau kamu memiliki dasar otomotif mungkin bisa dicek sendirian saja. Namun, kalau tidak mampu melakukannya bisa mengajak orang lain yang paham akan kondisi bodi mobil.

Ada beberapa oknum penjual mobil bekas yang nakal dan sengaja menutupi kerusakan yang terjadi pada kendaraannya. Dampaknya, risiko beli unit yang bobrok akan besar. Lebih baik ribet di awal dengan mengecek berkali-kali daripada rugi ratusan juta.

4. Cek Riwayat Servis Kendaraan

Setiap mobil akan memiliki riwayat servis yang dialami. Ada yang jarang mendapatkan gangguan dan ada yang sering mendapatkannya. Semakin banyak riwayat masuk bengkel untuk tujuan servis, bukan perawatan rutin, semakin besar risiko rusak.

5. Cek Bagian Elektrikal

Tips beli Mazda VX-1 bekas selanjutnya adalah cek bagian ekeltrikal, hal ini tak boleh luput dari pengecekan. Ini penting karena jika terjadi kerusakan dibagian elektrikal maka biaya perbaikannya cukup mahal. Selain itu, pastikan lampu indikator, head unit atau pemutar musik, semuanya berfungsi dengan baik.

6. Cek Kelengkapan Dokumen

Pengecekan pada dokumen kendaraan perlu dilakukan untuk menghindari beli mobil curian. Tentu kamu tidak mau berurusan dengan penegak hukum gara-gara salah membeli mobil bekas bukan?

Kalau penjual enggan menunjukkan berkas resmi atau banyak berkelit, lebih baik batalkan pembelian. Dikhawatirkan surat kendaraan palsu atau masih digunakan sebagai agunan saat mengambil utang pada lembaga keuangan.

Moladiners, itulah beberapa tips beli mobil Mazda VX-1 bekas. Selain tips di atas, jangan lupa lakukan test drive agar bisa lebih merasakan kondisi mobil saat digunakan. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika