by

Jangan Beli Suzuki Ignis Bekas, Sebelum Baca Ini!

Tips Beli Suzuki Ignis Bekas – Suzuki Ignis memiliki desain mungil, dan modern ala Sport Utility Vehicle (SUV), yang membuatnya kini menjadi idola di segmen city car Tanah Air.

Produk andalan Suzuki itu diburu konsumen, tak hanya dalam kondisi baru saja. Namun dalam kondisi bekas pun kerap menjadi pilihan masyarakat.

Harga yang cenderung terjangkau, menjadi daya tarik konsumen untuk membeli Suzuki Ignis bekas. Terlebih hanya dengan bujet Rp120 jutaan, Anda sudah bisa membawa pulang Ignis seken dengan tahun produksi 2017. Murah bukan?

Ketika ingin mencar Suzuki Ignis bekas, tentunya Anda harus cermat dalam memilih. Karena tak semua mobil bekas dalam kondisi yang baik, setidaknya Anda perlu memperhatikan 5 tips jitu yang perlu kalian perhatikan sebelum membeli Suzuki Ignis bekas.

1. Beli Suzuki Ignis bekas? Perhatikan tahun produksi

Beli Suzuki Ignis Bekas
Beli Suzuki Ignis bekas harus memperhatikan kondisi

Ketika memutuskan untuk membeli Suzuki Ignis bekas, Anda perlu mencermati tahun produksinya. Suzuki Ignis pertama kali dijual ke pasar tanah air pada tahun 2017.

Untuk itu, Anda bisa memilih untuk membeli Ignis yang diproduksi antara tahun 2017, 2018, dan 2019. Tentunya Suzuki Ignis lansiran 2019 memiliki banderol yang lebih mahal, ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

2. Suzuki Ignis bekas transmisi manual atau AGS?

Harga Suzuki Ignis bekas
Dalam kondisi bekas, Suzuki Ignis punya harga yang lebih terjangkau

Saat ingin beli Suzuki Ignis bekas, Anda bisa mempertimbangkan dua varian yang tersedia di Indonesia, yakni GL dan GX yang masing-masing ditawarkan dalam transmisi manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS) untuk transmisi otomatis.

Baca juga  Dijual Murah, Apa Kelebihan Suzuki XL7?

Khusus untuk transmisi otomatis yang tersedia di Ignis sedikit berbeda, jika dibandingkan dengan cara kerja transmisi otomatis kendaraan pada umumnya. Teknologi AGS yang tersedia di Ignis adalah transmisi semi otomatis.

Teknologi seperti ini sebenarnya juga sudah ada pada produk otomotif lainnya, seperti Suzuki Karimun Wagon R, Fiat 500, Peugeot 206, Proton Savvy, dan sebagainya.

Cara kerja dari AGS agak berbeda. Salah satu perbedaannya posisi standby yang berada di N (netral), bukan posisi P seperti ketika memakai kendaraan otomatis. Keunggulan transmisi ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 5 persen.

Jika ingin membeli Suzuki Ignis, jenis transmisi mempengaruhi harga beli maupun jualnya. Ignis varian GL MT merupakan jenis model paling murah, disusul dengan Ignis GL AGS. Sementara itu, Suzuki Ignis model GX dengan transmisi AGS merupakan varian dengan harga paling mahal.

3. Cek kondisi eksterior dan interior kendaraan

Suzuki Ignis bekas tranmisi manual
Suzuki Ignis memiliki desain interior yang menarik

Bila memutuskan ingin membeli mobil ini, Anda perlu melakukan pemeriksaan keadaan bodi kendaraan city car pabrikan berlogo ‘S’ itu. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh.

Baca juga  Daihatsu Sirion Facelift Mengaspal, Ubahan Hanya 'Kosmetik' Saja!

Pastikan tidak ada bagian bodi kendaraan yang penyok bekas kecelakaan. Anda pun harus mengecek secara cermat kondisi cat mobil yang ingin Anda beli.

Kala memeriksa kondisi cat Suzuki Ignis bekas yang ingin ada beli, setidaknya ada sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan. Langkah pertama bisa meraba permukaan bumper, pastikan bahwa cat pada bagian ini terasa halus.

Selanjutnya bisa melihat cat, apakah terjadi gradasi warna. Terakhir bisa dengan memperhatikan bagian atas side skirt dengan membuka pintu.

Bagian kabin pun jangan sampai luput Anda perhatikan. Perhatikan apakah ada bau tak sedap di dalamnya. Perhatikan juga kondisi tempat duduk, serta berbagai fitur di dalam kendaraan.

4. Perhatikan kondisi mesin

Beli Suzuki Ignis Bekas 2

Tips beli Suzuki Ignis bekas yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan memastikan mesin dalam kondisi prima. Anda dapat melakukan pengecekan kondisi mesin dengan memperhatikan beberapa faktor, seperti:

• Kebersihan ruang mesin

Pastikan bahwa mesin K12M pada Ignis dalam kondisi bersih. Tidak ada oli tercecer ataupun rembes di bagian bawah kompartemen mesin.

• Kondisi komponen sambungan

Anda juga perlu memeriksa bagian sambungan pada mesin mobil perkotaan Suzuki itu. Pastikan tidak ada rembesan oli pada permukaan sambungan.

• Keadaan oli

Jangan lupa pula untuk mengecek kondisi oli. Pastikan bahwa oli mesin dalam keadaan baik, masih bening. Jika Anda menemukan warna yang cenderung menghitam, artinya Anda perlu melakukan penggantian oli.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross, Ketahui Sebelum Membeli

• Suara mesin

Dalam memastikan kondisi mesin, perhatikan suara yang dikeluarkan ketika pertama kali dinyalakan. Karena menjadi indikator dalam menilai kondisi mesin. Jika muncul suara kasar, artinya terdapat permasalahan di bagian mesin.

• Warna asap yang keluar dari knalpot

Kualitas mesin Ignis bekas juga dapat kamu perhatikan dengan melihat asap knalpot. Mesin yang normal dan baik, mengeluarkan asap bening. Ketika asap Ignis bekas berwarna putih atau hitam, ada masalah di dalam mesinnya.

5. Beli Suzuki Ignis Bekas di tempat terpercaya

Kondisi kabin Ignis
Suzuki Ignis menawarkan konfigurasi 5-penumpang

Trik yang bisa Anda terapkan terakhir ketika ingin beli Suzuki Ignis bekas adalah dengan memilih tempat pembelian secara cermat. Anda mungkin bisa saja menemukan layanan jual beli mobil bekas secara mudah di internet.

Namun, pastikan bahwa situs jual beli tersebut memiliki reputasi yang baik seperti Moladin yang sudah terkenal di kalangan pecinta otomotif di Indonesia.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru