by

Toyota Fortuner Hybrid Siap Meluncur, Sebentar Lagi?

Pabrikan berlogo T dikabarkan tengah menyiapkan Toyota Fortuner hybrid. Menurut kabar yang beredar, mobil Toyota Fortuner versi hybrid ini akan diluncurkan pada 2022 mendatang.

Bicara mengenai visi Toyota, mereka memang siap meluncurkan jajaran hybrid untuk menggantikan mobil konvensional. Hal tersebut didukung pula oleh tren elektrifikasi yang saat ini sedang marak di seluruh produsen otomotif.

Khusus untuk model yang Fortuner, Toyota menyiapkan pengembangan terkait mesin diesel hybrid. Basis mesin yang digunakan masih mengusung kode GD. Di mana selain Fortuner yang menggunakan mesin ini, beberapa model lain seperti Innova, Hilux, dan Hi Ace juga mengadopsi mesin yang sama.

Mesin GD sendiri memiliki beberapa spesifikasi, seperti 2.8 liter 1GD-FTV, 2.4 liter 2GD-FTV, serta 1GD yang digunakan pada Toyota Hi Ace.

Dalam sebuah laporan yang dikutip dari laman media asal Filipina yaitu Autoindustriya, kabar mengenai Fortuner Hybrid tetap menggunakan mesin GD tersebut. Hanya saja ada beberapa perubahan yang dilakukan sehingga bisa mengaplikasikan sistem hibrida. Mereka menyebutkan proyek Fortuner hybrid ini menggunakan kode 188D.

Baca juga  Detail Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Harga Booking Rp 10 Juta

“Kami juga diberitahu bahwa kode internal untuk proyek ini adalah 188D dan siap meluncur pada Q2 2022,” beber Autoindustriya.

Meski pada awalnya model yang digadang-gadang akan mengadopsi mesin hybrid ini adalah Toyota Hi Ace, namun spekulasi tersebut akhirnya mengerucut pada Toyota Fortuner. 

Sebagai salah satu keuntungan mengubah Fortuner dari mesin konvensional ke mobil hybrid untuk mengubah skema pajak yang diberlakukan di Thailand. Ya, pasar utama yang disasar dari Fortuner hybrid ini adalah ASEAN, terutama Negeri Gajah Putih.

Sebelum mengadopsi mesin hybrid, pajak yang dikenakan pemerintah Thailand untuk Fortuner adalah sebesar 20 persen. Sedangkan jika mengadopsi mesin hybrid, maka pajak yang dibebankan akan menjadi lebih kecil lagi yakni hanya sebesar 10 persen.

Tentunya, atas pertimbangan tersebut, maka harga yang akan ditawarkan kepada konsumen akan lebih kompetitif.

Toyota Fortuner Hybrid Menjadi Tolak Ukur Baru

Toyota Fortuner hybrid
Toyota Fortuner akan disiapkan dalam versi hybrid

Kehadiran Toyota Fortuner hybrid ini akan menjadi sebuah tonggak baru. Pasalnya, kehadiran mobil hybrid yang akan diusung oleh raksasa otomotif Jepang merupakan sebuah hal yang baru dari mereka. Maka tidak menutup kemungkinan bila model ini sukses mengadopsi mesin diesel hybrid akan diikuti dengan produk lainnya.

Baca juga  5 Fakta Mengenai Spesifikasi MG HS, Apa Kelebihannya?

Keuntungan penggunaan teknologi hybrid pada mesin diesel ini dikatakan akan memberikan manfaat lebih bagi konsumen. Di mana, motor listrik yang memiliki karakter kuat di torsi tinggi akan memberikan kompensasi terhadap kekuatan torsi mereka yang kekurangan di lini bawah.

Meski hal tersebut belum dikonfirmasi secara resmi oleh pabrikan, namun dengan adanya gossip tersebut akan memberikan sebuah hal baru bagi konsumen. Di mana, penggunaan mesin diesel yang identik dengan emisi gas buang tidak baik akan terpatahkan. Setidaknya stigma jelek jadi berkurang.

Jika nantinya Toyota Fortuner Hybrid sukses diluncurkan untuk pasar Thailand, pasar selanjutnya yang akan menjadi next market adalah Filipina yang juga memiliki pajak yang besar terhadap mesin-mesin konvensional. Bukan tidak mungkin, kemudian Indonesia juga kebagian unit. 

Mari kita tunggu saja peluncurannya pada tahun 2022. Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru