Senin, September 26, 2022

Toyota Innova Zenix Sudah Terdaftar, Bermesin Hybrid?

by Firdaus Ali
innova zenix

Toyota Innova Zenix dikabarkan akan segera meluncur di Indonesia. Desas-desus yang muncul, mobil dengan segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater tersebut mengusung mesin hybrid.

Meski belum diamini oleh manajemen PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), informasi akan hadirnya Toyota Innova Zenix nyatanya sudah cukup kuat. Pasalnya, nama Innova Zenix sudah muncul di laman resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia (PDKI).

Adapun nama pemohon yang tercantum dalam data PDKI tersebut adalah Toyota Motor Corporation yang berkedudukan di Jepang. Kemudian, nomor pendaftaran yang tercatat adalah IDM000980875 dengan tanggal pendaftaran 29 Juli 2022. Selanjutnya, untuk nomor permohonannya diketahui DID2020040383.

Nama Innova Zenix sendiri dikait-kaitkan dengan Innova Hybrid atau Innova Generasi 8. Pihak Toyota Indonesia sendiri belum berbicara banyak mengenai peluncurannya. Info yang diberitahukan ke awak media, cuma pada akhir 2022 bakal ada kendaraan hybrid produksi lokal dari mereka.

Bocoran soal Innova Hybrid justru muncul dari Agus Gumiwang Kartasasmita selaku Menteri Perindustrian. Dia memaparkan, bahwa merek Kijang akan mendapatkan mesin hibrida. 

Baca juga  Harga Fortuner dan Innova Pasca Diskon PPnBM, Murah?

“Toyota akan memproduksi 10 model hybrid termasuk 5 model Plug in Hybrid, salah satunya merek nasional Kijang Hybrid (2022),” tulis Agus Gumiwang dalam presentasinya dalam acara Investor Daily Summit tahun lalu.

Prediksi Spesifikasi Toyota Innova Zenix Hybrid

Toyota Innova Zenix

Mesin hybrid Toyota

Mengenai spesifikasi dari Toyota Innova Zenix memang belum ada kepastian dari Toyota Indonesia. Namun begitu, jika dilihat dari dari mobil hybrid yang sudah dipasarkan di Indonesia seperti Corolla Cross hingga Camry, semuanya menggunakan mesin bensin.

Untuk kubikasinya masih belum jelas. Bisa jadi, Innova Hybrid bakal pakai mesin baru 2.000 cc yang dikombinasikan motor elektrik. Pasalnya sejauh ini Toyota belum memiliki mesin tersebut. Di Corolla Cross pakai 1.800 cc hybrid, sementara Camry 2.500 cc hybrid.

Bagaimana dengan mesin diesel hybrid? Kemungkinannya kecil, karena pengembangannya akan mahal. Maklum hingga sekarang, belum ada mobil dengan mesin diesel hybrid, kecuali Ertiga Diesel. Itu pun mild hybrid. 

Kemungkinan kecil Innova Hybrid pakai mesin diesel juga diperkuat oleh kualitas bahan bakar yang beredar di Indonesia saat ini kurang mendukung. Adapun BBM mesin diesel yang bisa menunjang, harganya sangat mahal. Jadi, besar kemungkinan Innova Zenix Hybrid menggunakan mesin bensin.

Baca juga  5 Masalah Toyota Innova Bensin Bekas yang Umum Terjadi

Ubahan lain adalah penggunaan penggerak roda depan, seperti MPV modern kebanyakan. Tidak ketinggalan platform TNGA sepertinya bakal diterapkan di Innova generasi ke-8 ini.

Prediksi untuk Toyota Innova Zenix selanjutnya, mengusung fitur keselamatan TSS (Toyota Saftey Sense). Teknologi ini terintegrasi dengan Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB).

Lalu tidak ketinggalan, bakal hadir T-Intouch untuk mengintegrasikan mobil dan smartphone secara komprehensif. Di antara kegunaan T Intouch, pemilik mobil bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat smartphone (find my car). Ada pula fitur yang memudahkan pencarian kendaraan bila dicui (stolen vehicle tracking).

Moladinres, itulah ulasan mengenai Toyota Innova Zenix Hybrid dan prediksi spesifikasinya. Kita tunggu saja kapan mobil keluarga ini akan mengaspal di Indonesia.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika