Toyota Yaris Cross G Vs S 2023, Apa Bedanya?

by Baghendra Lodra
Yaris Cross G Vs S 2023

Mau tahu perbedaan Toyota Yaris Cross G Vs S 2023? Mana varian yang lebih menarik untuk dibeli?

Ternyata Yaris Cross hadir dalam dua varian yaitu G dan S. Khusus untuk varian G, merupakan produk entry level. Kelebihannya adalah harga murah, tapi tidak punya teknologi hybrid.

Sementara untuk Yaris Cross S, banderolnya lebih mahal tapi tersedia opsi mesin bensin dan hybrid, tapi tidak punya transmisi manual. Toyota juga memberikan varian S ini GR Parts Aero Package yang menjadikan tampilan eksterior dan interior lebih sporty.

Mau tahu lebih detail soal SUV terbaru dari pabrikan berlogo T ini? Berikut daftar perbedaan lengkap Toyota Yaris Cross G Vs S 2023:

Harga Yaris Cross G Paling Murah

Toyota Yaris Cross G 2023

Yaris Cross G merupakan varian termurah

Bicara Yaris Cross G 2023 tentu menarik, lantaran harganya paling murah. Mobil SUV ini memiliki dua varian: G MT Rp 351 juta (OTR Jakarta) dan G CVT Rp 364 juta (OTR Jakarta).

Lalu dengan harga Yaris Cross G yang terjangkau, bagaimana spesifikasinya? Ciri khasnya adalah tampilan eksterior sederhana dengan velg lebih kecil ukuran 17 inch. Kemduian, tidak punya roof rail.

Bila melihat di brosur, dimensi Yaris Cross G tidak berbeda dengan S. Panjangnya 4.310 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.615 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya 2.620 mm.

Kesederhanaan varian G Yaris Cross juga hadir lewat warna eksterior monotone. Meski demikian lampu LED dan fog lamp LED tetap hadir di mobil ini.

Baca juga  Hyundai Alcazar Resmi Meluncur, Tantang Rush dan Terios

Masuk ke interior, fitur modern tetap hadir di Yaris Cross varian G. Sebut saja panel instrumen TFT 7 inch, electronic parking brake (EPB), audio steering switch, serta spion dengan auto folding & electric retractable outer mirror. Walau demikian untuk head unit layar sentuh pakai ukuran lebih kecil yaitu 9 inch. Joknya juga masih pakai balutan kain, belum kulit.

Soal fitur keselamatan juga cukup mumpuni dengan kehadiran blind spot monitoring, rear cross-traffic alert, vehicle stability control, dan hill start assist. Toyota Safety Sense lengkap, belum hadir di Yaris Cross G 2023.

Bicara mesin, Yaris Cross G cuma memiliki jantung mekanis konvensional serupa dengan kepunyaan Avanza dan Veloz. Di atas kertas, pakai kode 2NR-VE 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 104,5 hp dan torsi 138 Nm. Terdapat pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT.

Yaris Cross S Tidak Punya Transmisi Manual

Yaris Cross G Vs S 2023 - Varian S Hybrid

Tampilan Toyota Yaris Cross S tanpa GR Package

Lalu apa perbedaan detail antara Yaris Cross G Vs S 2023. Di varian S, harganya lebih mahal dan tersedia mesin hybrid sebagai pilihan. Toyota juga tidak memberinya transmisi manual.

Yaris Cross S 2023 tersedia dalam empat varian: S CVT Bensin Rp 407 juta, S CVT Bensin with GR Parts Aero Package Rp 417 juta, S Hybrid CVT Rp 440,6 juta, dan S Hybrid CVT GR Parts Aero Package Rp 449,95 juta.

Baca juga  Garansi Baterai Mobil Hybrid Suzuki Ertiga, Vitara, dan XL7 Hingga 8 Tahun

Ciri khas Toyota Yaris Cross S untuk eksterior, sudah pakai velg ukuran 18 inch dengan ban 215/55 R18. Hadir pula roof rail sebagai identitas gaya sebuah SUV. Kemdian di bagian spion, tersedia welcoming lamp yang akan menyambut ketika pemilik mobil ingin berkendara (utamanya di malam hari).

Kemudian masuk ke interior Yaris Cross S dibanding G, pembedanya ada di jok yang sudah dibalut kulit. Ada pula pengaturan jok elektrik di bagian pengemudi. Fitur kenyamanan yang dihadirkan pun lebih lengkap, ada auto AC dan panoramic view monitor untuk menampilkan kondisi mobil 360 derajat. Head unit lebih besar ukuran 10,1 inch juga ada di varian ini.

Toyota pun memberi Yaris Cross S 2023, dashcam DVR yang bisa merekam perjalanan. Lalu untuk memudahkan keluar masuk barang di bagasi, tersedia fitur power back door with kick sensor.

Soal mesin bensin, tidak ada beda antara Yaris Cross G Vs S 2023. Hanya saja di varian S, tidak tersedia pilihan transmisi manual, cuma ada CVT. Terdapat tambahan fitur untuk meningkatkan kesenangan berkendara seperti paddle shit, hingga mode berkendara eco, normal, dan power.

Bicara sistem keselamatan, Yaris Cross S 2023 sudah punya Toyota Safety Sense (TSS) lengkap. Terintegrasi adaptive cruise control (ACC), pre-collision warning dan braking, lante depature warning dan prevention, lane keeping control, front departure alert, hingga automatic high beam.

Baca juga  Cek Biaya Perawatan Toyota Rush dan Xpander Cross Baru, Mana yang Lebih Untung?

Di varian Yaris Cross S juga tersedia GR Package. Ini merupakan aksesori yang membuat eksterior lebih sporty, lantaran tambahan aerokit. Tidak ketinggalan interior Yaris Cross S dengan GR Package juga memperoleh sentuhan log GR di beberapa komponen.

Varian Yaris Cross S Hybrid

Yaris Cross G Vs S - Varian S Hybrid GR Package

Sosok Yaris Cross Hybrid GR Package

Keistimewaan Yaris Cross S memiliki pilihan mesin hybrid. Pakai kubikasi 1.500 cc berkode 2NR-VEX yang dikombinasikan dengan motor elektrik.

Mesin bensinnya sendiri bisa mengeluarkan torsi puncak 121 Nm dan tenaga 90 hp. Sementara motor elektriknya sanggup melontarkan torsi 141 Nm dan tenaga 79 hp. Kombinasi keduanya sanggup menyemburkan tenaga hingga 110 hp.

Kelebihan Yaris Cross S Hybrid juga bisa terlihat dari interior yang sudah dilengkapi panoramic glassroof. Ada pula fitur lain seperti wireless charger dan ambient light. Kemudian di head unit 10,1 inch miliknya, tersedia indikator baterai hybrid.

Bagaimana dengan kekurangan Yaris Cross S Hybrid 2023? Dibanding Yaris Cross S Bensin, mobil hybrid ini tidak punya paddle shift. Informasi yang kami dapat dari Toyota, hal tersebut karena Toyota Hybrid System (THS) yang dipunya oleh SUV ini tidak memungkinkan kehadiran fitur paddle shift.

Itulah tadi bahasan lengkap soal perbedaan Yaris Cross G Vs S 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika