Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review, Spesifikasi, dan Harga Toyota Yaris Cross 2023, Hybrid Layak Beli?

by Firdaus Ali
Toyota Yaris Cross Hybrid

Pengumuman harga Toyota Yaris Cross 2023 resmi dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Selasa (13/6/2023). Mobil SUV terbaru ini dijual mulai Rp 351 juta (OTR Jakarta), tersedia pula varian hybrid untuk pasar Indonesia yang banderolnya mulai Rp 440,6 juta (OTR Jakarta).

Di artikel, kami bukan cuma akan bahas soal harga tapi juga spesifikasi dan review Yaris Cross Hybrid terbaru. Pasalnya Moladin sudah mendapat kesempatan untuk test drive langsung mobil ini di markas Toyota, beberapa waktu lalu.

“Medium SUV ini memberikan kesempatan kepada kalangan pelanggan yang lebih luas supaya dapat memiliki kendaraan ramah lingkungan dengan harga yang semakin terjangkau, dilengkapi dengan adanya fitur comfort dan safety yang canggih dan modern, serta tetap mempertahankan fungsionalitas dan drivability khas SUV perkotaan yang andal untuk mobilitas harian dan rekreasi. Serta tentunya memiliki value for money yang tinggi,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam rilis resmi.

Harga resmi Yaris Cross Hybrid ini memang sangat dinanti oleh konsumen. Pasalnya saat peluncurannya 15 Mei 2023, belum ada informasi soal banderol. Toyota cuma mempersilakan konsumen untuk melakukan pemesanan.

Soal spesifikasi sendiri, kelebihan Yaris Cross adalah punya versi hybrid. Mesinnya menggunakan kode 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc hybrid yang pakai konfigurasi 4-silinder. Kemudian untuk baterai yang dipakai berjenis lithium-ion.

Kemudian bicara fitur, tersedia panoramic glassroof, jok elektrik untuk pengemudi, wireless charger, hingga power back door with kick sensor. Tentunya ini jadi modal penting untuk melawan kompetitor yang sudah eksis lebih dulu seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Mau tahu lebih detail soal review, spesifikasi, dan harga Toyota Yaris Cross 2023, beserta kelebihan dan kekurangannya? Berikut bahasan lengkapnya:

Harga Toyota Yaris Cross 2023, Hybrid Lebih Mahal!

harga yaris cross 2023 - tampilan belakang

Varian tertinggi Yaris Cross Hybrid CVT GR Parts Aero Package dijual Rp 449,95 juta

Toyota Yaris Cross 2023 dibagi dalam 6 varian. Di mana untuk yang pakai mesin bensin memiliki 4 varian dan mesin hybrid ada 2 varian. Khusus untuk versi bensin yang termurah dijual Rp 351 juta (OTR Jakarta) untuk Yaris Cross 1.5 G MT.

Sementara yang termahal Rp 417 juta khusus varian Yaris Cross 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package. Sementara untuk harga Yaris Cross Hybrid, mulai Rp 440,6 juta. Banderol tersebut jauh lebih murah dibanding kompetitor yaitu Honda HR-V Turbo RS yang dijual hingga Rp 529,9 juta. Hanya saja memang dari sisi teknologi agak berbeda, karena Toyota mengandalkan hybrid di Yaris Cross. Kalau Honda mengedepankan mesin turbo di HR-V RS.

Berikut daftar harga Yaris Cross 2023 on the road untuk wilayah Jakarta:

  • Yaris Cross 1.5 G M/T Rp 351 juta
  • Yaris Cross 1.5 G CVT Rp 364 juta
  • Yaris Cross 1.5 S CVT Rp 407 juta
  • Yaris Cross 1.5 S CVT with GR Parts Aero Package Rp 417 juta
  • Yaris Cross 1.5 S Hybrid CVT Rp 440,6 juta
  • Yaris Cross 1.5 S Hybrid CVT GR Parts Aero Package Rp 449,95 juta

Dengan membayar harga Yaris Cross 2023 tersebut, konsumen mendapat layanan aftersales terbaru Toyota yaitu T-CARE. Ini termasuk Gratis Biaya Servis (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-7, maksimal 3 tahun atau jarak tempuh 60.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dahulu.

Baca juga  Biaya Restorasi Kijang Super 3 Pintu, Capai Rp 65 Jutaan!

Ada pula tambahan benefit berupa extended warranty 1 tahun atau setara 20.000 km, jika pelanggan rutin melakukan servis berkala tepat waktu sesuai rekomendasi TAM. Keuntungan program ini dapat dinikmati di seluruh outlet resmi Toyota di Indonesia. Toyota juga memberikan garansi baterai lithium-ion Yaris Cross Hybrid hingga 8 tahun atau 160.000 km.

Program Kinto, Sewa Yaris Cross 2023 Cuma Rp 6 Juta Per Bulan

kekurangan yaris cross gr sport hybrid 2023 - tampak samping

Rental Yaris Cross bisa menggunakan KINTO

Kelebihan Yaris Cross, bisa digunakan sehari-hari oleh konsumen dengan status sewa atau rental mobil lewat program Kinto. Dengan kata lain kamu tidak perlu memiliki SUV ini, cukup bayar sewa per bulan.

“KINTO menawarkan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan untuk menggunakan mobil yang diinginkan hanya dengan berlangganan, tanpa memikirkan perawatan kendaraan yang digunakan (hassle-free),” beber rilis resmi Toyota.

Harga sewa Toyota Yaris Cross per bulan dengan Kinto One Syariah yaitu mulai dari Rp 6 jutaan. Walau demikian, paket sewanya tidak bisa bulanan, melainkan minimal 36 bulan atau 3 tahun dan maksimal 60 bulan atau 5 tahun.

Dengan membayar tarif sewa Yaris Cross 6 jutaan, kamu sudah tidak perlu repot lagi memikirkan ongkos servis. Pasalnya layanan Kinto sudah meliputi biaya service berkala, perpanjangan pajak dan STNK, asuransi, emergency roadside assistance, serta penggantian aki dan ban. Istimewa bukan?

Eksterior Toyota Yaris Cross Terbaru, SUV Ringkas

harga toyota yaris cross 2023 - hybrid - eksterior

Yaris Cross punya dimensi yang lebih mungil dari HR-V dan Creta

Dengan harga Toyota Yaris Cross 2023 yang termurah sekitar Rp 350 juta, bagaimana dengan spesifikasinya? Bahasan pertama adalah eksterior. Pabrikan berlogo T memberinya dimensi panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.615 mm. Kalau melihat kompetitor, maka SUV Toyota ini lebih mungil dibanding Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Kemudian untuk ground clearance Yaris Cross bensin dan hybrid, tidak dibeberkan. Toyota cuma mengatakan bahwa SUV tersebut punya high rocker panel height mencapai 260 mm. Ini diklaim menjadikannya lebih nyaman saat berkendara di berbagai medan jalan. Alhasil, SUV ini diklaim bukan cuma nyaman untuk diajak melewati jalan aspal, tapi juga semi offroad.

“Ditambah overhang depan-belakang sempit dengan approach angle 19 derajat dan departure angle 28 derajat, membuat light off-roader ini sanggup menempuh berbagai kondisi jalan dengan aman,” beber rilis resmi Toyota Indonesia.

Kemudian untuk pilihan warna eksterior Yaris Cross terbaru, tersedia dalam opsi monotone dan two tone. Istimewa bukan?Totalnya ada  7 warna mono-tone: platinum white pearl, spicy scarlet, silver metallic, super white II, greenish gunmetal, attitude black mica, dan dark red. Sementara untuk opsi dual tone ada 3: attitude black mica/platinum white pearl, attitude black mica/silver metallic, dan attitude black mica/spicy scarlet.

Interior Yaris Cross 2023, Muat 5-Orang

interior yaris cross hybrid

Leg room dan head room untuk penumpang di Yaris Cross terasa masih lega

Interior Toyota Yaris Cross terbaru, apakah nyaman untuk penumpang? Mobil ini muat 5-orang secara total dengan konfigurasi 2 orang di depan dan 3 orang di belakang.

Baca juga  Harga Resmi Wuling Almaz RS Mulai Rp 350 Jutaan

“Bermodalkan jarak antar penumpang depan dan belakang setara dengan SUV diatas kelasnya, mobil ini menyediakan bangku yang nyaman untuk 5 penumpang, ruang penyimpanan barang berlimpah, dan bagasi terbesar di kelasnya,” beber rilis resmi Toyota.

Hasil review Toyota Yaris Cross 2023 yang kami lakukan juga membuktikan bahwa mobil ini punya interior nyaman. Buat orang dengan tinggi badan 170 cm, jok belakang terasa sangat nyaman dan masih menyisakan legroom sekitar lima jari dari lutut ke jok depan. Headroom mobil ini juga cukup oke.

Lalu Toyota Yaris Cross GR Sport varian bensin dan hybrid 2023 juga punya dashboard dan panel pintu soft touch. Ada pula panoramic glass roof with power sunshade. Lalu hadir pula panel instrumen TFT 7 inch dengan head unit 10,1 inch, wireless charger, power back door with kick sensor, ambient light, hingga jok depan dengan pengaturan elektrik. Hadir pula teknologi telematika T-Intouch.

Luas Bagasi Yaris Cross 

bagasi yaris cross hybrid 2023

Bagasi Yaris Cross luas

Review Toyota Yaris Cross 2023 selanjutnya beralih ke bagasi untuk peletakkan barang. Ternyata kapasitasnya cukup luas, khusus varian bensin memiliki ruang 452 liter dan varian hybrid 458 liter. Ruang bagasinya sedikit berbeda, karena terpakai untuk sistem elektrik dari model hybrid yang memakan ruang di bagasi.

Angka tersebut didapatkan dengan seluruh jok baik baris pertama dan kedua diberdirikan. Kalau dipakai untuk menyimpan barang, maka muat hingga lima tas atau koper. Tentu ini penting untuk sebuah SUV yang notabene harusnya suka dipakai untuk berkendara ke luar kota atau bertualang.

Lebih istimewa lagi, jok baris kedua Yaris Cross bisa dilipat rata lantai. Bagasi mobil ini bisa meletakkan barang dengan volume hingga 800 liter. Setidaknya itu informasi yang kami dapat dari pihak Toyota.

Fitur Keselamatan Yaris Cross, Pakai TSS untuk Varian S

interior toyota yaris cross hybrid

Yaris Cross G belum dapat Toyota Safety Sense, cuma ada di varian S

Dengan harga Yaris Cross 2023 yang mulai Rp 351 juta, fitur keselamatannya juga mumpuni. Seluruh varian SUV perkotaan ini dilengkapi dengan Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM), hingga Alat Pemadam Api Ringan (APAR) di dalam glove box.

Lalu khusus untuk Yaris Cross S baik bensin dan hybrid, mendapat tambahan Panoramic View Monitor juga hadir untuk memberikan kemudahan ketika manuver parkir di area terbatas. Ada pula teknologi Toyota Safety Sense (TSS) agar pengemudi dan penumpang merasa lebih safety saat berkendara.

Di dalam TSS, tersedia fitur Cruise Control (ACC), Pre-collision Warning & Pre-collision Braking (PCWPCB), Automatic High Beam (AHB), Lane Departure Warning (LDP), Lane Departure Prevention (LDP), Lane Keeping Control (LKC), Pedal Misoperation Control (PMC), dan Front Departure Alert (FDA). Mantap bukan?

Performa Mesin 1.500 cc Hybrid Milik Yaris Cross

mesin toyota yaris cross hybrid 2023

Toyota Yaris Cross punya mesin hybrid 1.500 cc

Jika dilihat dari harga Toyota Yaris Cross 2023 varian bensin dan hybrid yang mulai Rp 350 jutaan, maka sangatlah kompetitif dibanding kompetitor. Kehadiran SUV ini juga menggebrak pasar dengan menjadi satu-satunya produk yang berteknologi Hybrid. Pasalnya Hyundai Creta dan Honda HR-V cuma tersedia dalam mesin bensin.

Baca juga  5 Kelebihan Honda WR-V RS Dibanding Rocky-Raize!

Mesin Yaris Cross Hybrid, pakai kubikasi 1.500 cc berkode 2NR-VEX yang dikombinasikan dengan motor elektrik. Mesin bensinnya bisa mengeluarkan torsi puncak 121 Nm dan tenaga 90 hp. Sementara motor elektriknya mampu melontarkan torsi 141 Nm dan tenaga 79 hp. Kombinasi keduanya sanggup menyemburkan tenaga hingga 110 hp.

Hadir pula baterai Lithium-Ion yang lebih ringkas, berkontribusi untuk menghasilkan linier performance yang semakin kuat dan intuitif, namun hemat bensin, hening, dan zero emission. Adanya EV Mode memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk merasakan langsung keunikan karakter berkendara sebuah kendaraan listrik murni yang senyap, responsif, dan tidak membutuhkan bahan bakar.

Sementara untuk Toyota Cross varian bensin, pakai mesin yang serupa Toyota Avanza atau Veloz. Kode jantung mekanisnya adalah 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc 4-silinder. Di atas kertas sanggup mengeluarkan torsi puncak 138 Nm dan tenaga 104,5 hp. Tersedia pilihan transmisi 5-manual percepatan dan CVT.

“Urban SUV ini memberikan performa berkendara yang fun to drive, menjalankan visi global Toyota dalam mencapai netralitas karbon, andal untuk berbagai aktivitas pelanggan, serta ditingkatkan dengan value for money tinggi sebagai parameter penting yang diharapkan oleh pelanggan di Indonesia,” kata Marketing Director TAM, Fumitaka Kawashima.

Review Yaris Cross Hybrid 2023

review yaris cross hybrid 2023

Kami test drive Yaris Cross Hybrid di markas Toyota

Setelah tahu harga dan spesifikasi Yaris Cross 2023, bagaimana rasa berkendaranya? Hasil review kami setelah melakukan test drive dengan SUV ini ternyata sangatlah menyenangkan. Mobil yang kami kendarai adalah varian tertinggi atau Yaris Cross 1.5 S Hybrid CVT GR Parts Aero Package.

Masuk ke kabin mobil terasa begitu sporty dengan banyak logo GR. Kenyamanan hadir untuk pengemudi lewat pengaturan jok untuk pengemudi sudah elektrik. Lalu pengaturan setir sudah tilt dan teleskopik. Jok mobil yang sudah pakai balutan kombinasi kulit dan kain, juga memeluk dengan baik pengemudi.

Ketika mobil diaktifkan, suaranya cukup senyap. Hal tersebut dikarenakan motor elektriknya bekerja duluan, bahkan hingga mobil melaju pada kecepatan rendah. Mantap bukan? Lalu mesin bensinnya baru aktif ketika baterainya sudah kehabisan daya atau dirasa dibutuhkan (ketika gas diinjak habis atau kecepatan menengah).

Tentu saja kehadiran mesin hybrid menjadikan akselerasi Toyota Yaris Cross lebih instan. Begitu menyengkan ketika pedal gasnya diinjak.

Walau demikian, kekurangannya adalah tidak ada paddle shift untuk Yaris Cross S Hybrid dengan GR Parts Aero Package ini. Toyota cuma memberi paddle shift untuk varian Yaris Cross S versi bensin. Kenapa tidak di hybrid? Pasalnya teknologi di mobil tersebut tidak memungkinkan, lantaran menggunakan Toyota Hybrid System (THS) model lama, tidak seperti Innova Zenix Hybrid yang sudah pakai THS generasi terbaru. Setidaknya itulah jawaban dari pihak Toyota.

Bagaimana review Yaris Cross Hybrid 2023 untuk bantingan suspensi? Rasanya empuk untuk sebuah SUV. Kemudian yang juga menarik, mobil ini begitu menyenangkan untuk dipakai zig-zag di kecepatan rendah. Ditambah lagi radius putarnya sangat kecil, cuma 4,2 meter sehingga memudahkan putar balik. Ini merupakan salah satu kelebihan dari Yaris Cross yang punya dimensi lebih mungil dari para kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Moladiners, itulah ulasan mengenai review, spesifikasi, dan harga Toyota Yaris Cross 2023 yang juga hadir dalam versi hybrid. Simak terus Moladin.com untuk update mengenai Yaris Cross hybrid dan informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika