Rabu, Mei 29, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Kelebihan Toyota Yaris Cross Hybrid 2023, Creta dan HR-V Lewat!

by Firdaus Ali
penjualan suv agustus 2023 - yaris cross hybrid laris

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa kelebihan Toyota Yaris Cross Hybrid 2023. Mobil SUV ringkas ini resmi hadir di Indonesia pada 15 Mei dan siap menghajar dominasi dari Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Yaris Cross meluncur dengan tampilan eksterior yang terlihat kokoh dan modern. Hal itu bisa dilihat dari kombinasi desain grille model honey comb mirip Corolla Cross. Ada pula headlamp LED yang bergaya pipih dan bumper terlihat selaras.

Kemudian, pada bagian belakang juga mengusung desain dengan padupadan menarik. Di mana untuk lampunya berbentuk simetri dengan garis sudut tajam dan berukuran proporsional. Bumpernya juga terlihat kokoh. Pada bagian samping terdapat overfender kelir hitam setiap dan velg alloy two tone berukuran 18 inch yang dibalut ban berprofil 215/55R18.

Bicara kelebihan eksteriornya adalah punya dimensi ringkas. Di atas kertas bodinya paling mungil dibanding HR-V dan Creta. Lalu radius putar Yaris Cross juga diklaim paling kecil dibanding kompetitor, cuma 4,2 meter. Alhasil cocok untuk berkendara di perkotaan yang padat.

Kalau melihat interior Yaris Cross, kelebihannya ada di jok elektrik yang juga belum dimiliki para rival. Fitur istimewa lain, ada power back door with kick sensor untuk memudahkan dalam memasukkan barang ke bagasi. 

Soal mesin Yaris Cross, ini adalah SUV ringkas pertama di Indonesia yang pakai teknologi elektrifikasi khususnya hybrid. Bandingkan dengan lawan-lawannya yang masih menggunakan mesin bensin.

Mau tahu lebih lanjut soal kelebihan Toyota Yaris Cross Hybrid 2023, berikut ulasan lengkapnya:

1. Tersedia Pilihan Mesin Hybrid

Kelebihan Toyota Yaris Cross 2023

Toyota Yaris Cross punya mesin hybrid 1.500 cc

Kelebihan Toyota Yaris Cross 2023 yang pertama adalah dari sektor jantung pacunya, yaitu terdapat pilihan mesin hybrid. Dibandingkan dengan rivalnya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta, hanya menawarkan mesin bensin saja. Jelas, SUV ringkas berlogo T ini lebih menarik utamanya untuk yang suka mobil elektrifikasi.

Baca juga  Toyota Gazoo Racing Indonesia Rilis Livery Terbaru dan Ekspansi Motorsport

Di atas kertas, untuk pilihan Hybrid mengadopsi mesin 1.500 cc berkode 2NR-VEX yang dikawinkan dengan motor elektrik. Mesin bensinnya bisa mengeluarkan tenaga 90 hp dan torsi puncak 121 Nm. Sementara motor elektriknya mampu melontarkan torsi 141 Nm dan tenaga 79 hp. Jadi, total dari kombinasi keduanya sanggup menyemburkan tenaga hingga 110 hp.

Kemudian, untuk Toyota Cross varian mesin bensin menggendong mesin yang serupa Toyota Avanza atau Veloz. Kode jantung mekanisnya adalah 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc 4-silinder. Di atas kertas sanggup mengeluarkan torsi puncak 138 Nm dan tenaga 104,5 hp. Tersedia pilihan transmisi 5-manual percepatan dan CVT.

2. Jok Elektrik untuk Pengemudi

kelebihan toyota yaris cross hybrid 2023 - jok elektrik

Yaris Cross satu-satunya SUV ringkas yang pakai jok elektrik untuk pengemudi

Kelebihan Toyota Yaris Cross Hybrid 2023, sudah dilengkapi jok elektrik atau Electric Seat Adjuster, utamanya untuk sisi pengemudi. Dengan demikian, pengaturan posisi duduk jadi lebih mudah, baik itu maju mundur atau naik turun. Hal tersebut tentunya menjadikan pengemudi merasa lebih nyaman.

Jok elektrik di interior Yaris Cross disebut sebagai keunggulan, lantaran para kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta belum punya. Toyota juga mengklaim SUV ringkas miliknya punya posisi duduk yang tertinggi dibanding rival. Efeknya visibilitas berkendara jadi lebih jelas, sehingga rasa berkendara ala SUV bisa terwujud.

“Kokpit driver-oriented fokus pada panel instrumen TFT 7 inch digital yang dapat dikostumisasi dan menonjolkan kesan sporty, dipadukan dengan black piano finish serta bahan lembut dan ornamen berlapis satin untuk menciptakan nuansa canggih dan berkualitas tinggi,” beber rilis resmi Toyota Indonesia.

Baca juga  Ford Everest Titanium vs Toyota Fortuner 2.8, Pilih Mana?

Sementara untuk kapasitas interiornya, Yaris Cross bisa memuat total 5-orang dengan konfigurasi 2+3. Di mana untuk penumpang belakangnya, tersedia tiga head rest. Hadir pula fitur wireless charger dan head unit 10,1 inch.

3. Panoramic Sunroof dengan Penutup Elektrik

Kelebihan Toyota Yaris Cross 2023

Panoramic glassroof milik Yaris Cross

Fitur yang jadi kelebihan Toyota Yaris Cross Hybrid 2023 antara lain hadirnya Panoramic Glass Roof with Power Sunshade. Dengan kata lain, SUV ringkas ini buka tutup kover kaca di atapnya sudah elektrik. Hanya saja, atapnya kacanya sendiri tidak bisa terbuka. 

Setidaknya fitur power sunshade di Yaris Cross ini lebih unggul dibanding punya Honda HR-V. Pasalnya kalau di SUV Honda, proses buka tutupnya masih manual. 

Hanya saja kalau dibanding panoramic sunroof milik Hyundai Creta, tentu glassroof punya Yaris Cross bisa dikatakan sebagai kekurangan. Pasalnya, atap kaca milik SUV pabrikan H miring bisa dibuka tutup. Kehadiran sunroof yang bisa dibuka tersebut, tentunya menjadikan pengumudi dan penumpang lebih optimal ketika berkendara ke alam bebas. Setidaknya ketika sunroof terbuka, udara segar bisa masuk dari atap untuk memberi sensasi yang menyenangkan.

4. Ada Fitur Power Back Door with Kick Sensor

Kelebihan Toyota Yaris Cross 2023

Sudah dilengkapi fitur power back door with kick sensor

Kelebihan Toyota Yaris Cross 2023 berikutnya adalah adanya fitur Power Back Door with Kick Sensor. Dengan adanya fitur ini tentunya akan memudahkan pemilik mobil saat membawa barang bawaan yang banyak dan akan memasukan ke ruang bagasi. Hanya dengan mengayunkan kaki di bawah area pintu bagasi, maka otomatis pintu akan terbuka sendiri.

Baca juga  5 Rekomendasi Velg Avanza-Xenia Ring 15, Harganya Terjangkau

Nah, fitur Power back Door with Kick Sensor ini tidak dimiliki oleh Hyundai Creta dan Honda HR-V. Di mana keduanya masih menggunakan bagasi dengan sistem bukaan manual.

Selain fitur yang memudahkan untuk memasukan barang bawaan ke bagasi, Yaris Cross 2023 juga sudah dilengkapi fitur-fitur modern lainnya. Seperti fitur Electric Seat Adjuster, Electric Parking Brake (EPB) with Auto Brake Hold, 6 Airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, dan Emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Monitor (BSM) dan Panoramic View Monitor untuk memberikan bantuan visibilitas yang menyeluruh ketika berkendara.

Oh ya, selain fitur-fitur modern tersebut, tak lupa Toyota Yaris Cross 2023 juga sudah mengadopsi fitur keselamatan aktif andalan mereka yaitu Toyota Safety Sense (TSS) serta fitur keamanan T-Intouch.

5. Radius Putar Terkecil, Mudah Putar Balik

kelebihan toyota yaris cross hybrid 2023 - interior dan setir

Yaris cross punya radius putar 4,2 meter

Selanjutnya yang jadi kelebihan Toyota Yaris Cross Hybrid 2023 adalah radius putarnya kecil, cuma 4,2 meter. Alhasil untuk bermanuver di perkotaan, lebih lincah, begitu pula ketika mau putar balik.

Bandingkan dengan radius putar Honda HR-V S dan E yang tembus 5,3 meter, kemudian HR-V Turbo RS mencapai 5,5 meter. Kompetitor lain yaitu Hyundai Creta, punya radius putar 5,4 meter.

Manuver Yaris Cross yang lincah di perkotaan, didukung pula dimensi mungil. SUV Toyota ini punya panjang 4.310 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.620 mm. 

Itulah tadi bahasan lengkap soal kelebihan Toyota Yaris Cross Hybrid 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika