Selasa, April 23, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Toyota Bocorkan Mesin Avanza Hybrid, Ini Spesifikasinya?

by Baghendra Lodra
Kekurangan Toyota Yaris Cross GR Sport 2023

Akhirnya teka-teki mesin Avanza Hybrid dan Veloz Hybrid mulai terkuak. Prediksi kami, jantung mekanisnya pakai konfigurasi serupa milik Yaris Cross Hybrid yaitu 1.500 cc berkode 2NA-VEX atau menggunakan teknologi paralel hybrid.

Hal ini sangat logis, mengingat banyak pabrikan otomotif menggunakan mesin yang sama untuk berbagai model. Tujuannya tidak lain menghemat bujet produksi, ujung-ujungnya harga jual mobil hybrid juga jadi lebih murah.

Sesungguhnya mesin 2NA-VEX kepunyaan Yaris Cross versi Indonesia tersebut juga berbasis mesin 1.500 cc 2NA-VE milik Avanza FWD atau Gen-3. Hanya saja ada tambahan baterai lithium-ion dan motor elektrik yang membuatnya lebih hemat BBM serta punya performa lebih hebat.

Kalau menilik Yaris Cross, maka calon mesin Avanza Hybrid dan Veloz Hybrid berkode 2NA-VEX akan mampu mengeluarkan tenaga hingga 110 hp (kombinasi mesin bensin dan motor elektrik). Sementara untuk spesifikasi mesin besinnya sendiri bisa menghasilkan torsi puncak 121 Nm dan tenaga 90 hp. Lalu untuk motor elektriknya, punya torsi 141 Nm dan tenaga 79 hp.

Baca juga  Toyota GR Yaris Bisa Dipesan, Harga Rp 1,2 Miliar

Hadir pula EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik untuk menggerakkan as roda depan. Istimewa bukan?

Itu hanya salah satu kemungkinan mesin Avanza Hybrid, opsi lain adalah jantung mekanisnya pakai konfigurasi e-smart hybrid yang serupa milik Toyota Raize Hybrid dan Rocky Hybrid di Jepang. Hanya saja, sampai saat ini seri hybrid tersebut belum juga diperkenalkan di Tanah Air, entah apa alasannya. Bisa jadi, pabrikan berlogo T memang menganggap pasar Indonesia lebih cocok pakai paralel hybrid.

Buat kamu yang belum tahu, paralel hybrid mengombinasikan mesin bensin dan motor elektrik untuk menggerakkan roda. Sementara seri hybrid menjadikan mesin bensin hanya sebagai generator, lalu motor elektriknya punya fungsi menggerakkan roda. Dengan begitu, mobil seri hybrid bisa menikmati sensasi berkendara layaknya mobil listrik.

Peluncuran Avanza Hybrid di Indonesia Tahun 2024?

mesin toyota avanza hybrid

Avanza Hybrid kemungkinan meluncur pada tahun 2024

Setelah tahu bocoran informasi soal mesin Avanza Hybrid, kapan mobil ini meluncur? Hingga saat ini, Toyota memang masih menutup rapat waktunya.

Baca juga  Daftar Harga Mobil Elektrik Bulan Oktober 2022, Termurah Rp 238 Juta!

Meski demikian, kami percaya tidak lama lagi Toyota Avanza dengan mesin hibrida bakal meluncur. Paling cepat adalah akhir tahun 2023, mungkin di GIIAS 2023 sudah hadir versi konsepnya. Sementara untuk peluncuran paling logisnya, mobil tersebut hadir pada tahun 2024.

Pasalnya kemunculan Avanza Hybrid adalah keharusan untuk Toyota. Bagaimana tidak? Kompetitor seperti Mitsubishi Xpander pun dipastikan menghadirkan versi hibrida pada akhir tahun 2023 atau 2024. Jadi kalau tidak mau kalah saing, Avanza elektrifikasi harus meluncur dalam waktu yang tidak jauh berbeda dari Xpander Hybrid.

Bagaimana soal harga Avanza Hybrid dan Veloz Hybrid? Sebagai gambaran, Toyota Yaris Cross Hybrid kini dijual sekitar Rp 450 jutaan dan jadi mobil hybrid termurah yang ada di Indonesia.

Maka harusnya, Avanza Hybrid dijual lebih murah lagi dibanding Yaris Cross Hybrid. Bisa jadi banderolnya cuma Rp 350-450 jutaan. Menarik bukan?

Itulah tadi bocoran soal mesin Avanza Hybrid sekaligus waktu peluncurannya yang kemungkinan berlangsung tahun 2024. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Baca juga  GIIAS 2021: Toyota Boyong Produk GR Sport dan EV

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika