Minggu, September 25, 2022

Truk Listrik Fuso eCanter 2023, Tolak Minum Solar Subsidi!

by Tigor Sihombing
Truk listrik Fuso eCanter 2023

Truk listrik Fuso eCanter 2023 melakukan debut globalnya di Jepang, Rabu (7/9/2022). Kendaraan komersial milik Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) ini berjenis truk ringan full listrik. Artinya, tidak perlu lagi minum solar seperti kendaraan logisitik yang umum ada di Indonesia.

Sebenarnya Fuso eCanter bukanlah hal baru buat masyarakat Tanah Air. Di mana untuk generasi pertamanya sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2020, tapi sampai sekarang belum dijual. Nah untuk generasi kedua truk listrik ini, kemungkinan untuk penjualan massal terbuka lebar.

Hal ini disampaikan oleh President and CEO MFTBC, Karl Deppen dalam tayangan Youtube resmi milik Fuso Jepang. Menurutnya Indonesia adalah salah satu pasar potensial untuk Fuso eCanter 2023.

“Di pasar internasional, kami sudah merencanakan membawanya ke Singapura, Hong Kong, Indonesia, Eropa, Australia, dan Selandia Baru,” kata Deppen dalam sambutannya.

Secara global, truk Fuso eCanter pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017. Truk ini menjawab kebutuhan logistik dengan tenaga operasional yang lebih ramah lingkungan, karena tidak lagi pakai mesin diesel dan tidak memiliki emisi gas buang langsung.

Baca juga  Berkat Truk Axor, Penjualan Daimler Indonesia Naik

Pada generasi terbaru eCanter, ada beberapa ubahan signifikan. Kelebihannya ada di penambahan kapasitas baterai sehingga dalam satu kali isi daya, truk bisa melaju hingga 200 Km. Ada pula penggunaan eAxle yang fungsinya untuk mengintegrasikan motor dengan gardan belakang dan memungkinkan struktur drivetrain yang lebih ringkas. Perubahan struktural ini, perluasan yang signifikan dari jajaran produk dimungkinkan. Dalam artian, akan lebih banyak variasi karoseri yang bisa diaplikasikan pada truk Fuso eCanter generasi kedua ini.

Jajaran truk Fuso eCanter 2023 mencakup 28 varian untuk pasar Jepang. Kemdian ada sekitar 80 varian untuk pasar luar negeri untuk memenuhi kebutuhan logistik yang lebih luas.

Selain pilihan Gross Vehicle Weight (GVW) 7,5 ton, eCanter di pasar Jepang  juga akan hadir dalam kelas mulai dari 5 ton – 8 ton. Bahkan di negara lain nantinya ada yang dimulai di kelas 4 ton.

banner atas

Fuso eCanter Terbaru Punya Banyak Varian

Truk listrik Fuso eCanter 2023

Tampilan belakang truk Fuso eCanter

Senior Vice President and Head of Product Engineering MFTBC Hironobu Ando menjelaskan nantinya All New eCanter punya lebih dari 100 varian di pasar global. Ini diwujudkan dengan opsi wheelbase mulai 2.500 mm, 3.400 mm, serta 4.750 mm.

Baca juga  Perkuat Pasar Sumatera, Diler Fuso Riau Diresmikan

Untuk membuatnya lebih fleksibel, Mitsubishi Fuso memastikan baterai serta motornya hanya menggunakan sedikit ruangan. Caranya dengan menghilangkan propeller shaft, lalu mengintegrasikan motor ke axle belakang (eAxle).

“Inovasi lainnya adalah instalasi ePTO (Electric Power Takeout Unit) yang menyediakan tenaga bagi kinerja bodywork tambahan,” tukas Ando.

All New eCanter bakal tersedia dalam kapasitas baterai 41 kWh (jarak tempuh 80 km), 83 kWh (140 km), 124 kWh (200 km). Pengecasan dapat dilakukan dengan kecepatan normal lewat steker AC maupun secara kilat (fast charging) melalui steker DC.

Di Jepang, tersedia fitur V2X yang membuat eCanter baru mampu menjadi sumber listrik darurat. Fitur-fitur lainnya ialah 4 Level Regenerative Braking, LCD Meter Cluster, Audio Steering Switch, Fuso Easy Key Access.

Adapun aspek keselamatan dan keamanan ditingkatkan lewat Collision Mitigation Brake System with Active Brake Assist 5, Active Sideguard Assist 1.0, Active Attention Assist.

Sementara, ubahan eksterior All New eCanter hanya terdapat pada desain lampu depan serta lampu belakang LED-nya. Demikian ulasan terkait truk listrik Fuso eCanter 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Baca juga  Spesifikasi Mitsubishi Fighter Euro 4, Pakai Kamera Parkir!

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika