oleh

4 Varian Ford Ranger di Indonesia, Beli yang Mana?

Ada 4 varian Ford Ranger yang dihadirkan oleh RMA Group untuk dipasarkan di Indonesia. Keempatnya merupakan mobil double cabin bermesin diesel.

Selain bermesin diesel, keempat varian dari Ford Ranger tersebut juga sudah mengadopsi penggerak roda 4×4. Meski demikian, ketiganya mempunyai perbedaan. Mulai dari tampilan eksterior, kelengkapan fitur serta beberapa bagian lainnya.

Harus diakui bahwa mobil double cabin tergolong mobil segmented. Selain harganya yang tidak murah, umumnya mobil ini memang digunakan untuk kebutuhan perusahaan pertambangan atau perkebunan yang notabennya membutuhkan kendaraan operasional yang andal dan kuat.

Namun pada kenyataanya, kehadiran Ford Ranger juga menjadi angin segar bagi pecinta otomotif khususnya yang menyukai adventure. Bukan tanpa alasan, nama Ford Ranger sudah tidak asing bagi pecinta offroad karena ketangguhannya.

Nah, mau tahu apa saja varian Ford Ranger yang beredar di Indonesia. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Varian Termurah, Ford Ranger XL 2.2L MT (Rp 488 Juta)

varian ford ranger
Ford Ranger 2.2L XL MT

Varian Ford Ranger yang pertama adalah XL 2.2L MT. varian ini merupakan entry level dari keluarga Ford Ranger. Ranger XL 2.2L MT ini dibanderol harga Rp 488 juta OTR DKI Jakarta.

Meski menyandang sebagai entry level, Ford Ranger XL tetap mempunyai tampilan yang gagah. Bentuk grill trapezium segi enam dengan aksen lubang-lubang serta logo merek Ford dibagian tengahnya menjadikan ciri khas dari mobil pabrikan Paman Sam ini.

Head lamp masih menggunakan jenis complex reflector serta foglamp masih bohlam biasa. Kemudian untuk fitur audio sudah disematka jenis 2din yang mampu terkoneksi dengan Bluetooth dan USB.

Untuk AC juga masih manul single zone serta bahan pembungkus joknya berbaahan fabric. Nah, untuk fiturnya XL 2.2 MT sudah dilengkapi dengan airbags untuk pengemudi dan penumpang depan, ABS with EBD, Immobilizer, ISOFIX seat belt, serta Emergency Brake Assist.

Baca juga  Ford Everest dan Ranger Meluncur di Indonesia

Soal jantung pacunya, Ford Ranger XL 2.2 MT mengusung mesin diesel 2.198 cc Turbocharged CRDi yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis 6-percepatan. Hasilnya, di atas kertas mobil ini mampu memuntahkan tenaga 160 PS pada 3.200 rpm. Sementara untuk torsi puncaknya di angka 385 Nm pada putaran mesin 1.600-2.500 rpm.

Dimensi dari Ford Ranger XL 2.2L MT adalah panjang 5360 mm, lebar 1867 mm, tinggi 1821 mm serta wheelbase 3220 mm dan ground clearance 230 mm. oh ya, untuk bagian kaki-kakinya menggunakan velg berukuran 16 inchi dengan ban ukuran 255/60 R16.

Kemudian untuk dimensi baknya adalah panjang 1549 mm, lebar 1560 mm, tinggi 835 mm, serta volume kapasitasnya baknya 1,1 meter kubik. oh ya, untuk bobot dari mobil ini adalah 3200 kg dan kapasitas tangka BBM 80 liter.

2. Ford Ranger XLT 2.2L 4×4 AT (Rp 568 Juta)

varian ford ranger
Ford Ranger 2.2L XLT AT

Varian Ford Ranger selanjutnya adalah XLT 2.2 AT. Varian ini merupakan di atas entry level di keluaraga Ford Ranger. Mobil double cabin ini dibanderol dengan harga Rp 568 juta OTR DKI Jakarta.

Perihal dimensinya, Ford Ranger XLT 2.2L AT ini mempunyai panjang 5335 mm, lebar 1860 mm, tinggi 1820 mm, serta wheelbase 3215 mm dan ground clearance 230 mm. Disini terlihat bahwa untuk varian XLT 2.2 bertransmisi manual (MT) bodinya lebih bongsor.

Soal ukuran bak, bobot mobil serta kapasitas tangki BBM, Ford Ranger XLT 2.2 bertransmisi otomatis (AT) sama saja dengan yang bertransmisi manual (MT).

Hanya saja untuk fiturnya, selain yang sudah ada di varian XLT 2.2L MT terdapat beberapa tambahan fitur pada Ford Ranger XLT 2.2L AT. Seperti sudah adanya side and curtain airbags, rear view camera, Emergency Brake Assist (EBA), Electonic Stability Control with Traction Control, Hill Decent Control, Hill launch Assist, Rollover Mitigation, Trailer Sway Control, serta Adaptive Load Control.

Baca juga  Pick Up Listrik, Ford F-150 Lightning Resmi Meluncur!

Oh ya, ukuran velg dan ban juga berbeda. Dimana untuk varian ini menggunakan velg ukuran 17 inci dengan di balut ban berukuran 265/65 R17. Selain itu, pada bagian grillnya untuk varian XLT 2.2L AT sudah mengadopsi aksen krom, warna bumper senada dengan warna body serta bumper belakang juga krom.

3. Ford Ranger Wildtrak 2.9L (Rp 698 Juta)

varian ford ranger
Ford Ranger Wildtrak

Varian Ford Ranger berikutnya adalah  Wildtrak yang dibanderol Rp 698 juta. Ford Ranger Wildtrak mengusung mesin diesel 2.0L Bi-Turbo 1.996 cc yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 10-percepatan.

Jantung mekanis tersebut, persis kepunyaan Ford Everest Titanium 2.0L. Soal performa, tidak perlu diragukan lagi. Bisa melontarkan tenaga 213 hp pada 3.750 rpm. Sementara itu torsi puncaknya tembus 500 Nm.

Mobil ini mempunyai dimensi panjang 5359 mm, lebar 1867 mm, tinggi 1821 mm serta wheelbase 3220 mm dan ground clearance 230 mm. Kemudian untuk ukuran baknya sama dengan Ranger XLT.

Beberapa bagian yang membedakan varian Wildtrak dengan XLT diantaranya bagian lampu depan yang Wildtrak sudah menggunakan Automatic LED Projector. Selain itu bagian foglamp juga sudah mengadopsi LED, baik yang di depan dan belakang.

Kemudian, pada bagian velg juga ukurannya lebih besar disbanding XLT. Yaitu menggunakan ring 18 inchi. Sementara itu untuk ban menggunakan ukuran 265/60 R18.

Oh ya, pada bagian jok dan setrinya juga sudah dibungkus dengan material kulit. Selanjutnya ada pula fitur adaptive cruise control serta head unti berukuran 8 inchi yang sudah bisa terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android serta Bluetooth.

Untuk kenyamanan audio, disediakan 6 titik speaker  serta fitur pendingin kabin AC dual zone automatic. Untuk fitur keamanan dan keselamatannya, varian Wildtrak sama persis dengan varian XLT bertransmisi otomatis.

Baca juga  Ford Everest Terbaru Rilis di Dubai, Makin Canggih !

4. Varian Termahal, Ford Ranger Raptor 2.0L (Rp 998 Juta)

varian ford ranger
Ford Ranger Raptor

Varian ford Ranger yang terakhir adalah Raptor. Menyandang sebagai varian flagship mobil ini tampil dengan desain eksterior yang lebih macho dibandingkan saudara-saudaranya.

Tampil dengan desain bertema Bold tentunya membuat Raptor terlihat macho dan gahar. Hal tersebut dapat dilihat kasat mata mulai dari desain grill berwarna hitam solid yang bertemakan Bold. Dimana dibagian tengah grill terdapat tulisan Ford berukuran besar yang dikombinasikan dengan lubang sirkulasi udara.

Untuk lampu utama sudah menggunakan LED Projektor serta foglamp juga sudah menggunakan LED. Desain grill tersebut terlihat gagah dengan dipadukannya dengan bumper serta bash plate besar, over vender yang berukuran besar dengan warna hitam senada dengan bumpernya. Kemudian pada bagian samping juga sudah disematkan foot step pada kedua sisinya.

Oh ya, Ford Ranger Raptor dihadirkan dengan 4 pilihan warna. Yaitu Frozen White, Lightning Blue, Conquer Grey, serta Black Metallic. Sementara untuk jantung pacunya, varian Raptor sama persis dengan varian Wildtrak.

Nah, untuk fiturnya, selain yang sudah ada di varian Wildtrak, terdapat beberapa tambahan pada Raptor. Seperti penggunaan suspensi bagian belakang dengan Aluminium Double Wishbone with internal baypass Fox Racing Shox dampers.

Kemudian untuk bagian depan Collovers Shocls with Watt’s linkage and internal baypass Fox Racing Shox dampers. Begitu juga dengan ban menggunakan pelek berukuran 17 inchi dibalut ban BF Goodrich dengan ukuran 285/70 R17.

Selanjutnya, untuk fitur keselamatan pada Raptor sama dengan Ranger Wildtrak. Mobil ini ditawarkan dengan 4 pilihan warna. Yaitu Frozen White, Lightning Blue, Conquer Grey, serta Black Metallic.

Moladiners, itulah ulasan mengenai varian Ford Ranger. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru