by

Sosok Yamaha Nmax Adventure Muncul di Thailand

Yamaha Nmax Adventure – Di Thailand muncul sosok All New Nmax dengan gaya semi adventure. Tampilannya berubah jadi lebih gagah lewat penggunaan ban dual purpose.

Bukan cuma itu, hadir pula windshield tinggi dan boks samping yang semakin membuat perjalanan jarak jauh nyaman. Apakah Nmax Adventure merupakan senjata pabrikan garpu tala untuk melawan dominasi Honda ADV 150?

Ternyata jawabannya bukan. Nmax Adventure merupakan garapan modifikator Thailand. Meski begitu, tetap ada supervisi dari Yamaha Thailand atas karya tersebut.

“Nmax bergaya cross country traveler ini hasil kerja bareng Youtuber MotoStory, Murazaki Shop, dan AsurA di bawah pengawasan Yamaha Thailand Project,” seperti dikutip dari laman Facebook Advance Automotive Accessories.

Penasaran dengan detail modifikasi Yamaha Nmax Adventure asal Thailand? Untuk Jawabannya, simak tulisan di bawah ini:

Ban Dual Purpose untuk Yamaha Nmax Adventure

yamaha nmax adventure
Ban Dual Purpose untuk Nmax di Indonesia bisa pakai merek Corsa Cross S

Hal paling menarik dari sosok Yamaha Nmax Adventure adalah penggunaan ban dual purpose. Tampilannya jadi lebih gagah dan siap diajak bertualang.

Soal ukuran dan merek ban, mereka menggunakan karet bundar yang dijual di Thailand. Merek Timsum dengan ukuran 130/60-13 inci untuk kedua roda.Bagaimana bila konsumen Indonesia ingin menggunakan ban dual purpose ke Nmax miliknya?

Baca juga  Rekomendasi Motor Sport Murah Rp 20 Jutaan Terbaik

Di dalam negeri ada merek yang menjual ban Nmax bergaya dual purpose seperti itu. Salah satunya Corsa Cross S dengan ukuran mulai dari 110/70 hingga 140/70.

Selanjtunya, kita beralih ke windshield. Pakai merek dari AsurA yang memiliki dimensi 6 inci lebih tinggi dari standar. Tentu ini membuat kenyamanan lebih ketika berkendara, terlebih supaya pengendara tidak kena angin depan secara langsung.

Kemudian sektor paras juga sedikit diubah, lewat penggunaan spion yang menempel di tameng depan. Alhasil tampilannya lebih sportif. Lalu ada penambahan aksesori di bawah lampu depan dan suspensi depan yang membuat Nmax semakin gagah.

Hadir pula hand guard terintegrasi lampu kabut LED. Fungsi hand guard untuk melindungi tangan dari ranting pohon saat berkendara offroad. Sementara tambahan lampu kabut bermanfaat meningkatkan visibilitas saat berkendara di kondisi minim cahaya.

Soal pewarnaan, pakai cat merah kombinasi putih dan hitam yang sangat memikat. Ternyata inspirasinya datang dari mobil polisi di Abu Dhabi.

Boks Samping Istimewa

boks yamaha nmax adventure
Guna boks samping Nmax ini untuk meletakkan barang, tahan air pula

Yamaha Nmax Adventure garapan modifikator Thailand ini juga istimewa di bagian buritan. Masing-masing sisi bodinya kini memiliki boks. Kapasitas boks tersebut cukup besar untuk meletakkan berbagai barang untuk menginap.

Baca juga  10 Rekomendasi Ban Nmax Terbaik

Tidak hanya pakaian, tapi juga makanan dan sebagainya. Boks samping tersebut pasti sangat berguna ketika bertualang jarak jauh. Apalagi berboncengan berdua.

Walau memang, pada dasarnya All New Nmax sudah memiliki kapasitas bagasi bawah jok yang cukup luas. Tetap saja, kemunculan boks samping sangatlah membantu.

Di samping itu, modifikasi Nmax Adventure juga memiliki tambahan dudukan boks belakang. Hal tersebut berguna bila kamu ingin meletakkan boks. Terutama jika butuh barang bawaan lebih banyak lagi.

Tidak ketinggalan lampu belakang diberi kover pelindung. Selain membuat tampilannya lebih khas adventure, juga mampu mencegah lampu mudah pecah saat motor terjatuh.

Hal menarik lain, penggunaan suspensi belakang jenis tabung dari YSS G-Sport. Perlu kamu ketahui, bahwa suspensi tabung sangat penting untuk membuat bantingan jadi lebih berkualitas saat berkendara. Terlebih di Thailand, All New Nmax cuma pakai suspensi biasa, tidak pakai tabung.

Maka beruntunglah kita selaku konsumen Yamaha Nmax di Indonesia.

Spesifikasi Nmax Thailand

yamaha nmax adventure
Yamaha Nmax Adventure ini merupakan garapan rumah modifikasi di Thailand

Kalau dilihat sekilas, tampilan All New Nmax di Thailand dan Indonesia memang sama. Hanya saja bila perhatikan detail, maka tampak bedanya. Secara kasat mata, memang cuma tidak pakai suspensi belakang jenis tabung.

Baca juga  Kamu Harus Tahu, Ini Keunggulan Honda Genio

Bila ditilik fitur-fiturnya, ternyata ada beberapa yang disunat. Sebut saja Nmax Thailand tidak punya kendali traksi (traction control). Padahal fungsinya sangat penting untuk mencegah roda belakang selip saat berakselerasi di jalan licin.

Kemudian Yamaha Nmax di Thailand juga tidak dilengkapi fitur Y-Connect. Maklum, fitur tersebut memang pengembangan dari Yamaha Indonesia. 

Hebatnya fitur Y-Connect dapat menghubungkan motor dengan smartphone. Dengan demikian, berbagai informasi dapat diakses sangat mudah. Mulai dari lokasi parkir, rekomendasi perawatan, indikator malfungsi, dan lain-lain.

Di samping ketiga perbedaan tersebut, Nmax Thailand tidak beda dari Indonesia. Tersedia fitur keyless, stop & start engine, dan panel instrumen full digital. 

Soal mesin, performanya juga sama mantap. Di atas kertas Nmax Indonesia dan Thailand sama-sama pakai kapasitas 155 cc dengan teknologi katup variabel (VVA). Torsi puncaknya mencapai 13,9 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 15,3 hp pada 8.000 rpm.

Spesifikasi Mesin Nmax

Tipe Mesin Pendingin Cairan, 4-stroke, SOHC
Konfigurasi Satu Silinder
Kapasitas Mesin 155cc
Diameter x Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 11.6 : 1
Tenaga Maksimal 15.3 hp/ 8000 rpm
Torsi Puncak 13.9 Nm / 6500 rpm

Comment

Leave a Reply

Terbaru