Sabtu, Juni 15, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

9 Cara Mendapatkan Dana Tunai dengan Cepat, Praktis, dan Pasti Cair

by Galih Nugraha
Cara Mendapatkan Dana Tunai

Ada kalanya kamu berada di kondisi yang sedang membutuhkan dana tunai dengan segera. Mungkin kamu perlu untuk membuka bisnis baru atau membiayai pendidikan anak-anak di tahun ini. Begitu juga dengan kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya, hidup di masa depan memang tidak bisa diprediksi dan pinjaman dana tunai menjadi solusi terbaiknya.

Saat ini, pinjaman dana tunai bisa begitu mudah didapatkan. Ada pinjaman yang ditawarkan lembaga keuangan resmi secara offline dan dana tunai online dengan syarat yang mudah. Namun, sebelum memutuskan untuk pinjam uang, sebaiknya kamu melakukan evaluasi kebutuhan dan kemampuan finansial diri. Mempertimbangkan berapa dana tunai yang benar-benar dibutuhkan serta menghitung bunga dan cicilan yang harus dibayar wajib dilakukan sebelum pinjam dana tunai.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara mendapatkan dana tunai dengan cepat, praktis, dan pasti cair, dengan tetap memperhatikan berbagai resikonya terkait keuangan kamu. Berikut ulasan selengkapnya.

Manfaat Pinjaman Dana Tunai

Pinjaman dana tunai merupakan produk pembiayaan yang diberikan sebuah lembaga perbankan atau suatu perusahaan kepada para peminjam dana dengan jaminan serta syarat dan ketentuan. Sementara pinjaman dana tunai yang dilakukan secara pribadi atau perorangan, merupakan kegiatan meminjam uang oleh satu orang kepada orang lainnya.

Apa saja manfaat pinjaman dana tunai yang bisa didapatkan? Manfaat ini lebih kepada hal-hal penting yang umumnya dibutuhkan banyak orang seperti berikut ini:

  • Untuk Biaya Pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang penting untuk masa depan anak-anak yang lebih cerah. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan dana tunai yang sesuai kebutuhan ini.

Namun, dana pendidikan tergolong tidak murah, terlebih jika ingin melanjutkan sekolah terbaik hingga ke luar negeri. Dengan memanfaatkan dana tunai, kebutuhan ini tentu bisa terpenuhi.

  • Untuk Kesehatan

Kamu masih ingat dengan pandemi COVID-19? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia telah mengalaminya.
Saat itu, banyak orang masuk rumah sakit secara mendadak dan tentu memerlukan biaya perawatan kesehatan. Melalui pinjaman dana tunai, manfaat ini bisa kamu dapatkan baik untuk kebutuhan kamu sendiri dan keluarga tercinta.

  • Untuk Biaya Pernikahan

Untuk mewujudkan pernikahan impian juga tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Sayangnya tidak banyak orang yang merencanakan anggaran untuk hal ini.

Baca juga  5 Jenis Pinjaman Bunga Rendah Yang Cepat & Aman

Melalui pinjaman dana tunai, kamu bisa mendapatkan manfaat ini agar rencana pernikahan bisa berjalan dengan lancar.

  • Modal Usaha

Saat ini semakin banyak orang ingin menjadi pengusaha. Sebagai pemula, memiliki modal adalah syarat utamanya.
Dengan pinjaman dana tunai, kamu bisa mendapatkan manfaat untuk mulai mewujudkan bisnis yang diinginkan dan dapat memenuhi kebutuhan operasional di dalamnya.

  • Pembiayaan Renovasi Rumah

Ingin merombak rumah lama menjadi rumah minimalis modern juga membutuhkan biaya. Manfaat dana tunai lainnya adalah untuk pembiayaan renovasi rumah kamu.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Pinjam Uang

Meskipun kamu sedang dalam kondisi terdesak dan sangat butuh pinjaman uang, tetapi pastikan tetap mengontrol diri dan terlebih dahulu memperhatikan beberapa hal penting berikut ini:

  • Pastikan kamu meminjam uang dengan alasan kebutuhan penting dalam hidup yang mendesak. Hindari meminjam uang karena keinginan sesaat yang dapat merugikan diri sendiri.
  • Sebelum meminjam uang karena terdesak, coba cari tahu terlebih dahulu, apakah kamu memiliki aset untuk dijual? Jika memang tidak memiliki aset apapun, kamu baru bisa mengambil langkah untuk melakukan pinjaman dana tunai.
  • Pastikan kamu mengetahui bahwa ada risiko dan beban bunga yang harus dibayar, jika melakukan pinjaman tunai melalui lembaga keuangan atau aplikasi pinjaman online.
  • Pastikan kamu mampu membayar setiap tagihan dari pinjaman yang dilakukan, sebelum jatuh tempo penagihan.
  • Perhatikan kondisi finansial kamu saat ini. Jika tidak memungkinkan untuk melakukan pinjaman dana tunai, maka sebaiknya hindari keinginan tersebut.
  • Jika memang hendak melakukan pinjaman dana tunai, pastikan hanya meminjam dari lembaga keuangan resmi atau pinjaman online yang sudah diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Lakukan pinjaman dana tunai dengan nominal yang sesuai kebutuhan hidup saja. Jika kamu siap melakukan pinjaman dana seperti ini, maka juga siap bahwa kebutuhan tersier harus dikurangi
  • Pastikan kamu melakukan pinjaman dana tunai bukan karena ingin membeli barang-barang yang bersifat konsumtif, seperti gadget, kendaraan, furniture aesthetic, dan sebagainya.
shutterstock 2103598235

Cara Mendapatkan Dana Tunai

Sebelum melakukan pinjaman tunai untuk memenuhi kebutuhan kamu yang bersifat urgent, perlu ketahui bahwa bukan hanya lembaga pembiayaan saja yang bisa kamu datangi.

Baca juga  Mengenal Pinjaman Dana Tunai & Jenis - Jenisnya

Ada banyak cara mendapatkan dana tunai yang cepat, praktis, dan pasti cair sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat dari pinjaman tersebut. Berikut cara yang disarankan:

  • Datang ke Pegadaian

Jika sedang butuh dana tunai dan memiliki aset berupa perhiasaan, emas batangan, dan berlian, kamu bisa menggadaikan barang tersebut untuk mendapatkan pinjaman dana tunai dengan bunga yang rendah.

  • Pinjam ke Saudara

Ingin mendapatkan pinjaman dana tunai yang cepat dan fleksibel? kamu bisa meminjam uang ke sanak saudara. Biasanya mereka lebih mengerti nominal pinjaman sesuai kondisi keuangan kamu.

  • Pinjam ke Teman

Jika tidak bisa meminjam uang ke sanak saudara, maka pinjam dana tunai bisa dilakukan ke kerabat atau teman yang juga mengerti kondisi keuangan dan latar belakang kamu.

  • Pinjam ke Bank

Pinjaman dana tunai melalui pihak Bank banyak dilakukan sebagian besar orang. Pinjaman biasanya berupa agunan dan tanpa agunan. Perhatikan suku bunganya, jika mengambil pilihan ini.

  • Pinjam ke Koperasi

Selain ke Bank, kamu juga bisa meminjam uang melalui lembaga non bank seperti koperasi. Butuh modal usaha setelah pensiun misalnya, bisa dilakukan melalui pilihan ini.

  • Ikut Arisan
Baca juga  Ini Manfaat Hingga Simulasi Jaminan BPKB Mobil untuk Yang Butuh Dana Cepat

Bagi para ibu-ibu, ikut arisan PKK atau komunitas bisa menjadi cara mendapatkan dana tunai dengan mudah dan cepat dengan jumlah yang cukup besar.

  • Pinjaman Fintech

Inilah yang dimaksud pinjam uang secara online yang sedang marak saat ini. Cukup dengan KTP dan mengisi biodata diri saja, kamu sudah bisa meminjam dana tunai sesuai kebutuhan.

  • Kasbon Kantor

Jika kantor tempat kamu bekerja memiliki fasilitas kasbon, manfaatkan hal ini sebagai cara mendapatkan dana tunai dengan mudah dan cepat.

  • Memiliki Kartu Kredit

Memiliki dana tunai yang paling mudah dan tidak rumit, bahkan tidak membutuhkan KTP adalah dengan memiliki kartu kredit sendiri. Namun, terdapat bunga kredit untuk setiap pinjaman tunai yang dilakukan yang perlu kamu ketahui.

Dengan mengetahui hal-hal penting sebelum melakukan pinjaman dana tunai, kamu tidak perlu lagi merasa khawatir karena sudah melakukan perhitungan sebelumnya. Pastikan setelah mengetahui cara mendapatkan dana tunai di atas, kamu bisa lebih bijak dalam menggunakanya agar bisa kembali mengatur kondisi keuangan diri sendiri.

Pilihlah penyedia jasa fintech yang terpercaya serta dapat memberikan pencairan dana dengan cepat seperti MoFi. MoFi menjadi solusi pinjaman dana tunai yang mudah, cepat, dan fleksibel sehingga mampu memenuhi kebutuhan kamu. MoFi juga sudah memiliki izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga kamu tidak perlu khawatir saat melakukan transaksi pinjaman. Ajukan pinjaman sekarang dengan klik di sini!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika