Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Spesifikasi dan Harga Mitsubishi XForce 2023 Dibanding Kompetitor!

by Firdaus Ali
kelebihan mitsubishi xforce - ground clearance tinggi

Spesifikasi dan Harga Mitsubishi XForce telah resmi dirilis pada event Gaikindo Inonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil SUV berlogo tiga berlian itu dibanderol paling mahal Rp 412,9 juta (OTR Jakarta) untuk varian Ultimate.

Dengan kata lain, XForce jadi SUV punya banderol yang cukup mahal dibanding para kompetitor. Tidak percaya? Cek saja Hyundai Creta Prime iVT cuma Rp 408,3 juta (OTR Jakarta). Sementara Toyota Yaris Cross 1.5 S GR CVT TSS (Premium Color) Rp 420 juta (OTR Jakarta) dan Honda HR-V SE CVT RP 416,1 juta (OTR Jakarta)

Terlebih dari sisi teknologi, SUV Mitsubishi terbaru ini belum dilengkapi sistem keselamatan aktif atau ADAS lengkap seperti halnya Toyota Safety Sense (TSS) yang ada di Yaris Cross, Hyundai Smartsense di Creta, dan Honda Sensing di HR-V. Lalu apakah XForce kemahalan? Belum tentu, lantaran mobil tersebut juga punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor.

“Varian XFORCE saat ini telah dilengkapi dengan varian baru dengan beberapa fitur ADAS, seperti: Active Stability Control (ASC), Blind Spot Warning (BSW), and Rear Cross Traffic Alert (RCTA), diantara lain untuk lebih mendukung keamanan berkendara. Selanjutnya, kami juga berencana untuk meluncurkan satu varian yang lebih tinggi dengan fitur ADAS yang lebih lengkap,” seperti dikutip dari rilis resmi Mitsubishi pada Kamis (10/8/2023).

Mau tahu lebih detail soal harga dan spesifikasi Mitsubishi XForce, berikut bahasan lengkapnya:

1. Eksterior Mitsubishi Xforce, Ground Clearance Tinggi

Harga Mitsubishi XForce 2023

Warna bodi emas di Mitsubishi Xforce

Mitsubishi XForce merupakan kendaraan penumpang dengan model compact SUV 5-seater yang dikembangkan dengan fokus pemasaran untuk wilayah ASEAN. Ciri khas eksteriornya punya konsep silky dan solid dengan identitas desain New Generation Dynamic Shield, Futuristic T-Shape Headlight, Stylish Rear Combination Lights, dipadukan dengan velg 18 inci menghasilkan profil kuat dari sebuah autentik SUV, serta ban berprofil 225/50 R18.

Compact SUV ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN dan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan ini. Kami berharap Mitsubishi XForce akan menjadi teman yang paling cocok untuk setiap petualangan yang ingin dilakukan oleh para pengemudi, memberi mereka kekuatan ekstra untuk melangkah lebih jauh dan mengalami sesuatu yang baru,” jelas President and Chief Executive Officer Mitsubishi Motors, Takao Kato (10/8/2023).

Kemudian eksterior Mitsubishi XForce sudah memiliki Hands-free Power Liftgate, memberikan kemudahan dan kepraktisan membuka pintu bagasi dengan sensor kaki. Kelebihan lain, ground clearance sangat tinggi yaitu 222 mm sehingga membuat bodi bawah mobil tidak mudah bersinggungan dengan jalan, ketika melewati medan bergelombang.

Baca juga  Kelebihan SUV Baru Mitsubishi, Namanya Destinator?

Dengan approach angle dan departure angle yang terbaik di kelasnya masing-masing 21,0 derajat dan 30,5 derajat, Xforce memberikan ketenangan saat mendaki tanjakan. Dan dengan radius putar yang minim 5,2 m, salah satu yang terkecil di kelasnya, XFORCE menawarkan handling yang sangat baik dengan pergerakan setir minimal, bahkan pada putaran U yang biasa ditemukan di perkotaan kawasan ASEAN.

Soal pilihan warna bodi, ada Graphite Gray Metallic, Energetic Yellow, Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver, Red Metallic. Tanpa opsi two tone.

Dimensi dan berat

Keseluruhan Panjang x lebar x berat

mm

4.390 x 1.810 x 1.660

Wheelbase

mm

2.650

Ground clearance

mm

222

Kapasitas tempat duduk

Orang

5

2. Interior Mitsubishi XForce Lega Tanpa Sunroof

harga mitsubishi xforce 2023 - interior

Jok belakang Mitsubishi XForce bisa diatur sandarannya dalam 8 tahap

Dengan harga Mitsubishi XForce Ultimate 2023 yang tembus Rp 412,9 juta (OTR Jakarta), bagaimana spesifikasi interiornya? Mobil SUV ini diklaim memiliki ruang kabin yang lega untuk pengemudi dan penumpang. Pabrikan tiga berlian mengklaim bahwa shoulder room, leg room dan hip room produknya yang terluas di kelasnya.

Ada pula 8-step reclining (17 hingga 33 derajat) di jok belakang, lalu untuk pelipatannya pakai konfigurasi 40:20:40. Ada pula seat material dengan fitur anti heat guard technology. Istimewa bukan? Kemudian ada pula beragam ruang penyimpanan serbaguna dan ruang kargo yang dapat diatur sesuai kebutuhan. Floor Console Box with Armrest & Cooling Function pun tersedia.

Tidak ketinggalan untuk menambah kenyamanan, interior Mitsubishi XForce sudah mengadopsi Dual Zone Auto Climate Control – dengan teknologi Panasonic, Nanoe-X TM, dan Memory Function. 

Bicara fitur hiburan, XForce memiliki head unit Smartphone-link Display Audio (SDA) 12,3 inci dan 8 inci digital driver display yang menawarkan visual berkualitas tinggi. Layar beranda dibagi menjadi tiga bagian dan menggunakan banyak widget untuk memungkinkan tampilan informasi dalam jumlah yang lebih besar pada satu layar.

Selain itu, kamu dapat menyambungkan smartphone Android™ atau iPhone dan menikmati aplikasi Android Auto™ atau Apple CarPlay4 di layar lebar tersebut. Ini juga mendukung fitur WebLink dan memungkinkan layar smartphone ditampilkan ke layar mobil.

Hanya saja bicara kekurangan Mitsubishi Xforce, tidak memiliki sunroof. Padahal kompetitor seperti Honda HR-V, Toyota Yaris Cross, dan Hyundai Creta sudah dilengkapi fitur atap kaca tersebut.

3. Dynamic Sound Yamaha Premium di XForce Ultimate

mitsubishi xforce ultimate 2023 - speaker yamaha

Mitsubishi Xforce Exceed belum memiliki speaker Yamaha

Sistem audio mobil SUV tersebut juga sangat istimewa. Xforce Ultimate mendapat Dynamic Sound Yamaha Premium. Ini merupakan hasil kolaboras semangat dan teknologi Mitsubishi Motors dengan Yamaha, melibatkan engineer Mitsubishi Motors dan Yamaha Sound Meister, menciptakan dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi.

Baca juga  Suzuki Grand Vitara GL Vs GX Hybrid 2023, Banyak Bedanya!

Dilengkapi dengan 8 speaker, terintegrasi dan 4 Preset Equalizer (Signature, Lively, Powerful, Relaxing) yang dapat disesuaikan dengan mood pengendara, serta fitur Speed Compensated Volume (SCV). Alhasil suara dari Dynamic Sound Yamaha Premium yang hadir di Xforce Ultimate ini sangat istimewa.

Kami sudah coba langsung mendengar suara musik di dalam kabinnya dengan audio dari Yamaha tersebut. Hasilnya benar-benar luar biasa, telinga kami dimanjakan dengan kualitas seperti mendengar konser di dalam mobil.

4. Bagasi XForce Paling Luas

spesifikasi mitsubishi xforce - luas bagasi 480 liter

Luas bagasi Mitsubishi Xforce tembus 480 liter

Spesifikasi Mitsubishi XForce 2023 selanjutnya soal bagasi atau kemampuan menampung barang. Ternyata dibanding kompetitor, SUV tiga berlian ini punya kapasitas bagasi terluas dengan 480 liter. Setidaknya itulah hasil review kami saat menghitungnya dengan meteran sederhana.

Bagasi yang mampu memuat banyak barang Ini jadi kelebihan Xforce, karena kompetitor punya kapasitas lebih kecil. Tidak percaya? Cek saja Hyundai Creta yang cuma 478,5 liter dan Honda HR-V 421,2 liter. 

Jika mau menambah barang bawaan, jok belakan Xforce bisa dilipat rata lantai dengan konfigurasi 40:20:40. Istimewa bukan? Kelebihan lain, bagasi varian Ultimate sudah dilengkapi dengan kick sensor, jadi memudahkan masuk barang ke bagasi saat tangan penuh barang.

Ditambah lagi dengan ruang penyimpanan yang luas di dalam kabin, jadi semakin nyaman untuk menyimpan berbagai macam barang. Salah satunya, Xforce memiliki total 15 minuman botol plastik di trim pintu, konsol lantai, dan tempat lainnya, serta pendingin minuman di konsol tengah yang menggunakan udara dingin dari AC untuk mendinginkan minuman.

Kekurangan dari sisi angkut barang di Xforce adalah tidak memiliki roof rail. Padahal fitur tersebut berguna untuk meletakkan barang di atap, bila menambahkan roof rack dan roof box.

5. Performa Mesin Mitsubishi XForce Paki Basis Xpander

harga mitsubishi xforce 2023 - dashboard

XForce punya torsi yang lebih besar dibanding Xpander

Bagaimana performa mesin Mitsubishi XForce 2023? Jantung mekanisnya menggunakan basis serupa Mitsubishi Xpander. Di atas kertas pakai jantung mekanis berkode 4A91 yang punya kubikas 1.499 cc, DOHC 16-valve, 4-cylinders. Mesin itu bisa mengeluarkan tenaga 105 PS pada 6.000 rpm serta torsi puncak 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm. Kemudian performa tersebut disalurkan menggunakan transmisi CVT ke sistem penggerak dua roda depan (FWD).

“Mesin (Xpander) ditingkatkan (untuk XForce) agar bisa memiliki manuveribility yang lebih baik di dalam kota, CVT juga diubah supaya memiliki driving feeling layaknya SUV bukan MPV,” kata Executive VP/Representative Executive Officer Mitsubishi Motors Corp, Hiroshi Nagaoka. 

Ada pula empat mode berkendara di XForce: normal, wet, gravel, dan mud yang dapat dipilih tergantung pada kondisi jalan dan diintegrasikan Active Yaw Control (AYC). Alhasil roda depan kiri dan roda kanan bisa menyesuaikan bersama dengan kontrol traksi terkait tire skidding, kontrol mesin, dan kontrol power steering.

Baca juga  Harga Audi Q5 2022 Cuma Rp 1,3 Miliar, Ini Spesifikasinya!

Mode berkendara Wet juga menarik, lantaran untuk pertama kalinya di mobil Mitsubishi, meningkatkan kemampuan menikung dan stabilitas di jalan basah saat hujan. Bahkan di jalan banjir atau genangan air saat hujan lebat, membuat mobil terjaga dari kehilangan kendali dan memungkinkan berkendara tanpa rasa khawatir. 

Berbicara fitur keselamatan, harga Mitsubishi XForce Ultimate yang mencapai Rp 412,9 juta (OTR Jakarta) sudah dikompensasi kehadiran advanced driver assistance system (ADAS). Hanya saja untuk saat ini fiturnya belum terlalu lengkap, cuma ada Active Stability Control (ASC), Blind Spot Warning (BSW), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Mesin

Tipe

 

4A91

Valves, cylinders

 

DOHC 16-valve, 4-cylinders

Displacement

cc

1.499

Maximum output

PS/rpm

105 / 6.000

Maximum torque

Nm /rpm

141 / 4.000

Fuel type

 

Regular unleaded gasoline

Kapasitas tangki bahan bakar

L

42

6. Daftar Harga Mitsubishi XForce 2023

harga mitsubishi xforce 2023 - test drive

Mitsubishi XForce termurah varian Exceed Rp 379,9 juta (OTR Jakarta)

Dengan spesifikasi tersebut, wajarkah kalau Mitsubishi XForce Ultimate dijual Rp 412,9 juta (OTR Jakarta)? Kalau menurut kamu kemahalan, pabrikan tiga berlian memiliki varian Exceed yang banderolnya lebih murah. Berikut daftar harganya:

  • Mitsubishi XForce Ultimate CVT Rp 412,9 juta (OTR Jakarta)
  • Mitsubishi XForce Exceed CVT Rp 379,9 juta (OTR Jakarta)

Setiap pembelian Mitsubishi XForce 2023, konsumen mendapatkan kemudahan perawatan kendaraan lewat layanan SMART Package Plus, dengan keuntungan: Free perawatan berkala dan juga suku cadang selama 4 tahun/ 50.000 KM. Serta tambahan Extended Warranty selama 1 tahun/ 20.000 KM, yang mencakup free 3 tahun – 24 Hour Emergency Services; free garansi kerusakan ban; dan asuransi jiwa selama 1 tahun. Ini tentunya berlaku, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

7. Varian Xforce Exceed Vs Ultimate

interior mitsubishi xforce exceed 2023

Interior Mitsubishi Xforce Exceed

Lalu kenapa harga Mitsubishi Xforce Ultimate lebih mahal dibanding Exceed? Salah satu alasannya adalah spesifikasinya berbeda.

Di mana varian Exceed lebih sedikit. Fitur yang dikurangi, tidak ada auto lighting control dan kick sensor. Kemudian speaker yang dipakai juga cuma 6, serta bukan dari Yamaha.

Kemudian Mitsubishi Xforce Exceed belum memiliki wireless charger, ambient lightning, hingga tire pressure monitoring system (TPMS). Head unit yang dipakai juga cuma 8 inci dan panel instrumennya 4,2 inci, lebih kecil dibandingkan punya varian Ultimate.

Lalu bicara tema warna interior, varian Exceed lebih sederhana dengan jok hitam. Sementara Xforce Ultimate pakai kombinasi warna hitam, putih melange, dan moka.

Itulah tadi bahasan spesifikasi dan harga Mitsubishi XForce 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika