Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mengenal Pinjaman Dana Tunai & Jenis – Jenisnya

by Galih Nugraha
Pinjaman Dana Tunai

Pinjaman dana tunai sangat berguna sebagai alternatif mendapatkan dana tambahan untuk kebutuhan darurat. Contohnya saja, ketika tiba-tiba ada sanak keluarga yang tertimpa musibah hingga sakit, tentunya hal itu membutuhkan dana darurat. Namun, tidak semua orang memiliki simpanan dana darurat ketika menghadapi situasi yang mendesak. Oleh karena itu, pinjaman untuk mendapatkan dana tunai menjadi pilihan satu-satunya.

Supaya kamu tidak salah memilih ketika akan mengajukan pinjaman, sebaiknya ketahui dulu seluk-beluk soal dana tunai serta jenis-jenisnya berikut ini.

Pinjaman Dana Tunai

Apa Itu Pinjaman Dana Tunai?

Pinjaman dana tunai merupakan salah satu jenis pinjaman yang kini tengah populer di tengah masyarakat karena kemudahan yang ditawarkannya. Selain prosesnya yang cukup mudah dan tidak ribet, peminjam juga akan langsung mendapatkan pinjaman berupa uang tunai yang langsung bisa digunakan untuk kebutuhan.

Jadi, tidak salah jika pinjaman tunai disebut sebagai salah satu solusi paling cepat ketika membutuhkan dana untuk kebutuhan yang mendadak. Proses pengajuan pun biasanya cukup cepat serta nominal yang bisa dipinjam juga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Pinjaman dana tunai umumnya disediakan oleh lembaga pembiayaan hingga perusahaan swasta. Mereka memberikan fasilitas kepada peminjam untuk mendapatkan sejumlah dana tunai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Nantinya, peminjam bisa mengembalikan dana tersebut dalam bentuk cicilan dengan nominal serta jangka waktu yang telah ditentukan. Bunga dari pinjamannya pun bermacam-macam tergantung dengan kebijakan masing-masing lembaga atau perusahaan pemberi pinjaman.

Asalkan lembaga dan perusahaan pemberi pinjaman sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, maka kamu tak perlu khawatir dengan keamanannya. Pinjaman dana tunai sendiri terdiri dari dua jenis yaitu dengan menggunakan agunan atau jaminan serta tanpa menyertai agunan. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai jenis-jenis pinjaman dana tunai yang harus kamu ketahui.

Pinjaman Dana Tunai

Pinjaman Dana Tunai dengan Agunan

Jenis pertama dari pinjaman dana tunai adalah dengan agunan atau jaminan. Artinya, jika kamu ingin meminjam sejumlah uang, harus memiliki aset untuk dijadikan jaminan. Jaminan yang biasa digunakan untuk mengajukan pinjaman pun bermacam-macam, mulai dari BPKB kendaraan, sertifikat tanah, logam mulia, atau jenis-jenis surat berharga lainnya.

Baca juga  Ini Manfaat Hingga Simulasi Jaminan BPKB Mobil untuk Yang Butuh Dana Cepat

Inilah jenis-jenis produk pinjaman dana tunai dengan agunan yang bisa kamu jadikan pertimbangan ketika ingin mengajukan pinjaman.

  • Kredit Multiguna

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, kredit multiguna ialah pembiayaan yang ditujukan untuk pengadaan barang maupun jasa untuk kebutuhan konsumsi dalam jangka waktu yang disepakati. Jadi, pinjaman kredit multiguna tidak diperuntukkan kebutuhan usaha atau aktivitas produktif. Peminjam atau debitur akan mendapatkan pinjaman dana tunai sesuai dengan taksiran harga dari aset yang akan digunakan sebagai jaminan.

Ada beberapa jenis jaminan yang bisa digunakan untuk meminjam kredit multiguna. Misalnya, surat berharga, kendaraan, hingga properti. Supaya bisa mendapatkan pinjaman kredit multiguna, terdapat beberapa persyaratan yang harus diperhatikan. Misalnya, memiliki aset yang akan dijadikan jaminan, punya penghasilan tetap, berusia antara 21 – 55 tahun, serta dapat memenuhi berkas-berkas yang dibutuhkan.

Nah, jika kamu membutuhkan dana tunai cepat yang pastinya aman dan prosesnya mudah, bisa mencoba mengajukan di MOFI. Kamu bisa mendapatkan pinjaman dana tunai hanya dengan jaminan BPKB mobil. Jika dokumen sudah lengkap, proses pinjaman hanya membutuhkan 1 hari kerja saja. Yuk, klik di sini untuk mencari tahu lebih banyak soal MOFI dan cara pengajuannya sekarang juga!

  • Pegadaian

Pegadaian memiliki cabang di banyak kota Indonesia sehingga membuatnya menjadi tujuan banyak orang yang membutuhkan pinjaman tunai. Meskipun saat ini sudah ada banyak perusahaan gadai milik swasta, tapi popularitas Pegadaian masih tetap ada di puncak. Alasannya, proses pinjaman dana bisa dilakukan dengan mudah dan tak perlu membutuhkan banyak waktu.

Selain itu, Pegadaian telah jelas memiliki izin resmi dari OJK sehingga keamanannya lebih terjamin, bahkan bunganya pun lebih ringan. Pegadaian sendiri memiliki beberapa jenis produk pinjaman, contohnya:

  • Gadai Emas dan Non Emas
  • Kendaraan Pegadaian
  • Gadai Emas Angsuran
  • Gadai Efek Pegadaian
  • Pinjaman Usaha
  • Pinjaman Serbaguna
Baca juga  Cara Hitung Kredit Mobil & Simulasinya Yang Wajib Diketahui

Sementara itu, beberapa syarat untuk mengajukan gadai ialah fotokopi KTP, membawa barang jaminan, mengisi formulir pengajuan kredit, dan menyerahkannya langsung ke kantor Pegadaian terdekat.

  • Perusahaan Gadai Swasta

Saat ini jenis perusahaan gadai swasta juga semakin menjamur dan mudah ditemukan di wilayah-wilayah Indonesia.
Seperti Pegadaian milik BUMN, jenis perusahaan gadai ini juga dapat memberikan bantuan pinjaman dana tunai dengan cepat dan mudah.

Syaratnya juga cukup umum, yaitu melampirkan KTP, KK atau Kartu Keluarga, surat kendaraan bermotor, hingga surat nikah jika kamu sudah menikah.

Namun, sebelum mencoba meminjam uang tunai di perusahaan gadai swasta, pastikan dulu keamanannya. Cari tahu apakah perusahaan gadai tersebut telah terdaftar dan berizin apa belum. Apabila masih ragu-ragu, sebaiknya cari yang lebih terjamin keamanannya.

Pinjaman Dana Tunai Tanpa Agunan

Jenis pinjaman dana tunai tanpa agunan kini menjadi salah satu andalan bagi banyak orang yang membutuhkan pinjaman uang secara cepat. Selain tanpa perlu menyiapkan aset untuk dijadikan pinjaman, proses pinjaman dana tunai jenis ini juga anti ribet dan lebih cepat.

Berikut ini beberapa bentuk pinjaman dana tunai tanpa agunan yang perlu kamu ketahui:

  • KTA atau Kredit Tanpa Agunan

Jenis pinjaman ini juga menjadi favorit bagi banyak orang yang ingin mendapatkan pinjaman dana tunai dalam waktu yang cepat. Tanpa perlu memberikan jaminan seperti kendaraan, surat berharga, atau properti, membuat jenis pinjaman ini lebih diminati oleh banyak orang.

Namun, sebelum bisa mengajukan KTA, ada beberapa syarat yang harus dimiliki agar pengajuannya diterima oleh lembaga yang menyediakan pinjaman. Beberapa syarat umumnya ialah memiliki penghasilan tetap, menyerahkan data diri, hingga melampirkan fotokopi NPWP atau SIUP jika memiliki usaha.

Menurut CNBC Indonesia, biasanya jenis pinjaman ini disediakan oleh bank-bank yang memiliki program KTA. Jadi, sebelum memilih KTA, pastikan untuk membandingkan dulu program-program yang disediakan oleh bank.

  • Pinjaman Online

Pinjaman online menawarkan kemudahan untuk mendapatkan pinjaman dana tunai karena kamu tidak perlu keluar rumah. Sifatnya yang berbasis online, tentunya sangat memudahkan saat kamu sedang kepepet dan memerlukan pinjaman dana secara cepat. Tanpa perlu pergi ke luar rumah dan antre ke bank, hanya dengan berbekal aplikasi online, kamu sudah bisa mendapatkan pinjaman dana tunai.

Baca juga  Serba Serbi Modal Kerja dalam Menjalankan Bisnis Perusahaan

Syaratnya pun tidak ribet, hanya memerlukan KTP, Kartu Keluarga, dan memiliki penghasilan tetap minimal sekitar Rp2 juta per bulannya. Menjamurnya pinjaman online, membuatmu harus lebih ekstra hati-hati ketika akan memilih aplikasi yang akan digunakan. Pastikan jika penyedia pinjaman online tersebut memang benar-benar telah terdaftar dan memiliki izin dari OJK agar lebih aman.

Kartu Kredit
  • Cash Advance Kartu Kredit

Kartu kredit telah dikenal sebagai salah satu alat pembayaran yang praktis sejak bertahun-tahun lalu. Saat ini terdapat fitur cash advance pada kartu kredit yang dapat memudahkan pemilik kartu kredit untuk menarik sejumlah uang cash di mesin ATM. Tentu saja fitur yang satu ini bisa sangat bermanfaat ketika kamu mengalami keadaan darurat dan membutuhkan uang tunai secara cepat.

Jenis pinjaman ini disediakan oleh tiap bank, baik itu bank swasta ataupun milik BUMN. Namun, sebelum memilih produk ini, kamu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Mulai dari limit kredit yang ditawarkan, suku bunga, hingga adanya biaya-biaya lain yang dikenakan. Hal yang juga perlu diperhatikan ketika menggunakan cash advance kartu kredit ialah kamu meminjam nominal sesuai dengan kebutuhan. Lalu, kamu juga harus bisa berkomitmen untuk melunasinya tepat waktu.

Demikianlah penjelasan mengenai pinjaman dana tunai serta jenis-jenisnya yang perlu kamu ketahui. Jika kamu membutuhkan dana tunai dengan pencairan cepat, MOFI menjadi jawaban yang tepat!

Selain pencairan cepat, MOFI juga menyediakan beragam tenor sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Tunggu apa lagi? Segera ajukan dana tunai di MOFI!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika