by

Jangan Kaget, Begini Kondisi Mobil Termurah di Indonesia

Mobil Termurah di Indonesia – Masih adakah mobil baru di Indonesia yang bisa dibeli dengan budget Rp 100 juta rupiah? Jawabannya, tidak ada! Karena, mobil termurah di Indonesia saat ini harganya Rp 101 jutaan.

Ada yang bisa menebak mobil baru apa yang banderol harganya paling murah sekarang? Kami berikan sedikit petunjuk. Mobil tersebut berkapasitas 5 penumpang dengan mesin 1.000 cc!

Yap, mobil tersebut adalah Daihatsu Ayla. Mobil kategori low cost green car (LCGC) yang dibuat oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu masih konsisten menyediakan opsi Ayla varian terbawah, Ayla D. Mobil yang sangat sederhana tapi tetap layak dikendarai.

Kelengkapan yang ada di mobil termurah di Indonesia

Mobil termurah di Indonesia
Ayla tipe D belum dilengkapi AC

Ayla tipe D menggunakan mesin 998 cc 3-silinder DOHC VVT-i. Tenaga yang dihasilkan 64,1 dk di 6.000 rpm dengan kekuatan torsi 86 Nm di 3.600 rpm. Pada varian ini, Daihatsu hanya memberikan opsi transmisi manual.

Mobil tersebut masih didominasi perlengkapan mekanis. Tidak ada power steering, tidak ada power window, dan tidak ada power door lock.

Baca juga  Suzuki S-Presso, SUV Murah Cocok untuk Indonesia

Bahkan, Ayla D juga tidak diberikan AC. Peranti multimedia juga absen dari dashboard mobil ini. Hanya ada panel meter kombinasi analog digital yang memang seharusnya dipasang untuk mengetahui kecepatan dan level bahan bakar.

Untuk menjamin keselamatan penumpang, dipasang seatbelt dengan Emergency Locking Retractor (ELR) di kursi depan dan belakang.

Baca Juga: 

Di sektor eksterior, Ayla D memiliki sepasang headlight menyatu dengan lampu sein. Belum ada fog lamp di bumper mobil tersebut seperti yang terpasang di Ayla tipe X. Sejumlah ornament, seperti grill, kisi-kisi  udara, lis pilar B, gagang pintu, dan spion diberi warna hitam dof.

Di area kaki, terpasang roda dengan steel wheel ukuran 13 inci dilapis ban 155/80. Sementara itu, suspensi ayla tipe D serupa dengan tipe-tipe lainnya. Mac Pherson Struts untuk suspensi depan, dan Semi Independent Torsion Axle Beam untuk suspensi belakang.

Baca juga  Daihatsu Ayla Facelift Resmi Meluncur, Ini Perubahannya!

Harga LCGC tak murah lagi

Mobil termurah di Indonesia
Harga Honda Brio mencapai Rp 202 juta

Sebelum naik harga di awal tahun 2020 ini, banderol Ayla tipe D masih di bawah Rp 100 juta. Namun, Daihatsu akhirnya menaikkan harga mobil termurah di Indonesia karena ada penyesuaian BBN-KB dan komposisi biaya lainnya. 

Proyek LCGC yang diinisiasi pemerintah sejak 2013 untuk meningkatkan daya saing pada industry otomotif awalnya mampu melahirkan mobil-mobil murah. Muncul duet Toyota Agya-Daihatsu Ayla, Honda Brio, Karimun Wagon R, dan Datsun Go dan Go+.

Namun, perlahan harga LCGC mulai terkerek. Saat ini, Honda Brio menjadi LCGC termahl. Harganya berada pada kisaran Rp 148,4 juta hingga 202,2 juta. Batasan harganya lebih tinggi ketimbang Wuling Confero, bahkan sudah menempel Toyota Avanza dan Honda Mobilio yang masuk kategori LMPV dan pajaknya lebih mahal.

Kenaikan harga mobil LCGC akan semakin tinggi setelah Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 menetapkan produk LCGC akan dikenai pajak barang mewah (PPnBM) sebesar tiga persen. Aturan tersebut akan berlaku mulai tahun 2021. Karena, ketentuan pajak 0 persen untuk LCGC yang diteken tahun 2013, masih berlaku sampai dua tahun lagi.

Baca juga  10 Rekomendasi Mobil Bekas Rp 70 Jutaan

Kita lihat saja, berapa kenaikan harga mobil LCGC saat sudah dikenai PPnBM. Apakah jadi setara dengan Avanza dan kawan-kawan?

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru