by

Biaya Jasa Balik Nama Motor Lewat Biro Jasa

Biro jasa pengurusan administrasi surat kendaraan bermotor memang sudah ada sejak lama. Jasa yang mereka tawarkan antara lain mengurus balik nama atau mutasi STNK. Namun begitu masih banyak pemilik kendaran yang belum mengetahui biaya jasa balik nama motor tersebut.

Biaya yang dipatok biro jasa jelas lebih mahal dari biaya resmi. Sebab mereka yang akan mengurus segala sesuatunya hingga proses balik nama selesai, pemilik kendaraan tidak perlu ikut antre dan bolak-balik ke Samsat.

Biaya jasa balik nama motor yang lebih mahal dari tarif resmi yang ditawarkan biro jasa jelas beralasan. Sebab mereka akan mengeluarkan beberapa biaya untuk transportasi, fotocopy dokumen, membeli materai, serta biaya-biaya lain selama mengurusnya. Itu semua membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Biaya yang Harus Kamu Kelurkan di Biro Jasa Saat balik Nama Motor

biaya jasa balik nama motor
Umumnya untuk tarif jasa balik nama motor sekitar Rp 1 – 1,5 jutaan, belum termasuk pajak kendaraan

Biaya jasa balik nama motor biasanya tergantung dari antar jarak lokasinya. Semakin jauh antar wilayahnya maka biaya akan semakin mahal.

“Biaya mutasi dikisaran harga Rp 1 sampai 1,5 jutaan, tergantung jenis sepeda motor dan keluaran tahun berapa. Ini untuk jenis motor yang banyak beredar di jalan ya, misal Vario, Nmax, atau Honda PCX,” ungkap Deni, salah seorang perwakilan dari Biro Jasa Metro Prima.

Baca juga  Cara Membersihkan Blok Mesin dengan Sitrun, Mudah dan Murah!

“Biaya ini merupakan biaya pengurusan mutasi di luar pajak kendaraan atau PNBP. Sedangkan untuk mutasi antar provinsi dikisaran Rp 2 sampai Rp 3 jutaan,” imbuhnya.

Jadi, biaya jasa balik nama motor melalui biro jasa tergantung dari tempat mutasi tujuan. Kalau masih satu provinsi maka harga masih terbilang terjangkau.

Lama proses mutasi lewat biro jasa

biaya jasa balik nama motor
Jangan tergiur biro jasa yang menawarkan proses balik nama motor terlalu cepat

Setiap biro jasa memang berbeda-beda menawarkan waktu proses mutasi motor, namun jangan mudah percaya jika ada biro jasa yang menawarkan proses mutasi bisa selesai dengan waktu yang tidak masuk akal, misalnya 3 sampai 7 hari.

Sebab, umumnya proses mutasi kurang lebih 1 bulan untuk yang masih dalam wilayah satu provinsi. Sedangkan untuk antar provinsi bisa sampai 2 atau 3 bulan.

Hal tersebut wajar, sebab biro jasa harus terlebih dulu mencabut berkas dari wilayah asalnya dan kemudian baru mengurus ke wilayah yang dituju.

“Untuk proses mutasi di tempat kami kisaran 1 sampai 3 bulan. Tergantung mutasinya ke wilayah mana. Apalagi sekarang situasi sedang ada pembatasan imbas pandemi, jadi bisa lebih lama,” ungkap Deni.

Syarat mutasi sepeda motor yang Harus Dilampirkan

biaya jasa balik nama motor
Sejumlah dokumen harus kamu siapkan untuk melakukan balik nama motor

Ada beberapa syarat administrasi yang harus dilampirkan. Karena untuk kebutuhan cabut berkas dan pengajuan berkas yang baru di wilayah mutasi yang dituju.

Baca juga  Cara Reset Indikator Oli atau Oil Trip di Yamaha Nmax

Berikut syarat berkas yang harus dilengkapi:

  • BPKB asli dan fotokopi
  • STNK asli dan fotokopi
  • Kuitansi bukti pembayaran unit kendaraan asli dan fotokopi yang dibeli dan sudah di tandatangani oleh penjual serta bermaterai minimal 6.000
  • KTP asli dan fotokopi atas nama pemilik baru
  • Kuitansi kosong yang sudah ditandatangani penjual
  • Faktur/form A asli dan fotokopi

Cara memilih biro jasa untuk Balik Nama Motor

biaya jasa balik nama motor
Penting untuk memilih biro jasa yang terpercaya

Dalam menggunakan biro jasa tentunya tidak boleh sembarangan, sebab pemilik kendaraan nantinya akan menyerahkan berkas-berkas penting ke mereka sebagai syarat mutasi.

Saat membandingkan biro jasa untuk mengurus mutasi, disarankan jangan hanya berpatokan mencari biaya yang paling murah. Sebab harga murah yang ditawarkan tidak menjamin biro jasa tersebut terpercaya.

“Usahakan memilih biro jasa yang terpercaya untuk mengurus surat-surat kendaraan. Jika belum pernah menggunakan biro jasa, baiknya minta referensi dari kolega. Atau jika memang harus mencari sendiri, baiknya datangi kantornya agar bisa melihat langsung keabsahan alamat dari kantor biro jasa tersebut,” jelas Nato, pemilik diler motor bekas di bilangan Pondok Cabe.

Baca juga  6 Rekomendasi Kunci Motor Anti Maling Terbaik

“Selain itu, jangan lupa menawar dari harga yang sudah dipatok biar ga kemahalan, karena umumnya harga yang dipatok bersifat bisa di nego,” tutup Nato.

Kelebihan dan Kekurangan menggunakan biro jasa

Kelebihan menggunakan biro jasa dalam mengurus mutasi adalah pemilik kendaraan tidak perlu mengantre atau bolak-balik membawa berkas ke Samsat untuk mengurus segala sesuatunya, seperti esek-esek mesin dan lain sebagainya.

Selain itu, umumnya biro jasa juga sudah memiliki afiliasi dengan pihak Samsat. Jadi waktu yang dibutuhkan akan lebih cepat.

Meskipun banyak keuntungannya, namun memakai biro jasa dalam pengurusan mutasi motor jelas ada kekurangannya, adalah biaya yang tergolong mahal.

Bagi pemilik kendaraan yang berkantong tebal memang tidak menjadi masalah biaya yang dipatok biro jasa, namun jika uang pas-pasan, baiknya mengurus sendiri proses mutasinya.

Nah, bagi moladiners yang berniat melakukan mutasi namun sibuk dengan aktifitas kerjaan, penjelasan biaya jasa balik nama motor bisa menjadi acuan saat memilih dan menggunakan biro jasa dalam mengurus mutasi motor kesayangannya.

Pantau terus Moladin.com untuk informasi seputar dunia otomotif yang menarik dan kekinian.

Terbaru