Biaya Tol Surabaya-Malang 2023 dan Tujuan Wisatanya!

by Tigor Sihombing
biaya tol Surabaya - Malang

Kali ini Moladin akan memberikan informasi terkait biaya tol Surabaya-Malang 2023. Ini penting, karena akses tol tersebut menghubungkan berbagai lokasi wisata yang menarik untuk dikunjugi, khususnya wilayah Jawa Timur.

Jika mengacu pada Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, tol yang menghubungkan dua kota di Jawa Timur ini memiliki 3 ruas jalan tol, yakni Surabaya-Gempol yang berjarak 37 KM, Gempol-Pandaan berjarak 13,61 Km dan Pandaan-Malang berjarak 38,48 Km.

Adapun total jarak tol Surabaya-Malang mencapai 97,09 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Bila terjadi kepadatan lalu lintas atau kemacetan seperti di hari libur, maka lama perjalanannya bisa bertambah. Oleh karena itulah di jalur ini terdapat beberapa rest area yang berguna menunjang keselamatan pengemudi yang melintas, khususnya dalam hal waktu istirahat. 

Rest area di Tol Surabaya-Malang diketahui memiliki banyak fasilitas, dimana dilengkapi SPBU, retail minimarket, sentra UMKM, food court, masjid, dan tempat berbelanja. Adapun lokasinya untuk tol Surabaya arah Malang terdapat di KM 754 dan KM 66. Sedangkan dari Malang arah Surabaya ada di KM 753 dan KM 66.

Dengan jarak yang terbilang jauh antar rest area atau pom bensin satu dengan yang lainnya, jadi diharapkan sebelum melakukan perjalanan Surabaya – Malang, atau Malang – Surabaya, ada baiknya kamu memastikan tangki bahan bakar terisi penuh.

Rute Tol dari Malang ke Surabaya

biaya tol Surabaya-Malang

Tol Surabaya-Malang merupakan salah satu rute terindah lantaran di kelilingi banyak gunung

Jika kamu ingin melakukan perjalanan Surabaya-Malang via tol, maka gerbang tol pertama yang harus dilalui, yaitu gerbang Tol Dupak (Tol Dalam Kota Surabaya). Kemudian dilanjutkan ke ruas Waru-Porong-Kejapanan-Gempol.

Baca juga  Sistem Bayar Tol MLFF Siap Uji Coba, Rute Bali-Mandara

Di mana Tol Surabaya-Gempol ini melewati Kabupaten Sidoarjo. Setelah itu untuk ke Malang, kamu harus masuk ke Tol Gempol-Pandaaan. Perjalanan melewati beberapa daerah seperti Prigen dan Sukorejo.

Lalu masuk ruas Tol Pandaan-Malang. Pastikan kamu keluar tol sesuai tujuan, Pasalnya di sini banyak gerbang tol seperti Purwodadi, Lawang, Singosari, Pakis, dan Malang. Jangan sampai terlewat, karena nantinya bisa menambah waktu tempuh perjalanan, atau bahkan biaya perjalanan.

Total biaya tol Surabaya-Malang 2023 adalah Rp 70.500 bila kamu memulainya dari Gerbang Tol Dupak dan keluar di Gerbang Tol Malang. Rincian tarifnya adalah Tol Dupak-Waru Rp 5.000, Tol Waru-Porong Rp 9.000, Tol Porong-Kejapanan Rp 6.000, Tol Kejapanan-Gempol Rp 3.000, Tol Gempol-Pandaan Rp 13.000, dan Tol Pandaan-Malang Rp 34.500. Itu untuk sekali jalan, sementara bila pulang pergi dari Surabaya-Malang-Surabaya, maka butuh biaya Rp 141.000.

Setelah tahu biaya tol Surabaya-Malang, kamu juga perlu menyiapkan e-toll untuk bertransaksi. Pastikan saldonya sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai kurang saldo, karena nantinya berakibat, kamu tidak bisa melewati tol tersebut.

Berikut rincian biaya Tol Surabaya-Malang untuk tiap-tiap gerbangnya:

Tarif Tol Surabaya-Gempol 2023

  • Dupak-Waru (Sistem Terbuka): Rp 5.000
  • Waru-Porong: Rp 9.000
  • Sidoarjo-Porong: Rp 5.500
  • Seksi Porong-Kejapanan: Rp 6.000
  • Seksi Kejapanan-Gempol: Rp 3.000

Tarif Tol Gempol-Pandaan 2023

  • Gempol IC- Gempol JC: Rp 3.000
  • Gempol IC-Pandaan IC: Rp 11.500
  • Gempol IC-Pandaan: Rp 13.000
  • Gempol JC-Pandaan IC: Rp 8.500
  • Gempol JC-Pandaan: Rp10.000
  • Pandaan IC-Pandaan: Rp 1.500

Tarif Tol Pandaan-Malang 2023

  • Pandaan-Purwodadi: Rp 14.000
  • Pandaan-Lawang: Rp 21.000
  • Pandaan-Singosari: Rp 27.500
  • Pandaan-Pakis: Rp 32.000
  • Pandaan-Malang: Rp 34.500
Baca juga  Jalan Tol Pondok Aren-Serpong Ditinggikan 2 Meter, Biar Tidak Banjir Lagi!

Tempat Wisata Sekitar Jalan Tol Surabaya-Malang

biaya tol Surabaya - Malang

Taman Safari Prigen

Wisata di Surabaya -Gempol

Jalan tol Surabaya-Gempol diresmikan pada tahun 1986, awalnya memiliki panjang 43 kilometer. Tol ini kemudian terus tersambung ke Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, Pasuruan-Probolinggo, dan Probolinggo-Banyuwangi. Namun, pada saat itu terjadi bencana lumpur panas dari Lapindo Brantas Inc, jalan tol yang menghubungkan Porong dan Gempol ini terpotong sekitar enam kilometer.

Pemerintah kemudian menutup ruas tersebut dan panjangnya menjadi 37 kilometer. Mengingat pentingnya ruas jalan tol Surabaya – Gempol ini, Jasa Marga memutuskan untuk memindahkan ruas yang terendam lumpur dan bergeser sekitar tiga kilometer ke arah barat. Ruas jalan sepanjang 6 kilometer tersebut akan menjadi 10 kilometer.

Sepanjang Tol Surabaya – Gempol memiliki tempat wisata menarik seperti Carnival Park Surabaya di Exit GT Waru, Monumen dan Museum 10 November di Exit GT Dupak, House of Sampoerna di Exit Tanjung Perak, dan Museum TNI Al Loka Jala Crana di Exit Tanjung Perak.

Kemudian kamu dapat menemukan wisata kuliner seperti Sate Klopo di Exit Dupak, Rujak Cingur di Exit Kota Satelit, dan Lontong Balap di Exit Banyu Urip.

Wisata di Gempol-Pandaan

Tol Gempol-Pandaan juga dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Tol (JPT) memiliki akses yang dapat diandalkan sebagai penghubung wilayah industri dan mempercepat perjalanan ke destinasi wisata di sekitar Kota Surabaya, Pandaan dan Malang.

Tol Gempol-Pandaan menjadi jalur distribusi barang dan jasa antar wilayah bagi Kawasan Industri yang berada di daerah Pandaan. Sedangkan dari sektor pariwisata, terdapat beberapa objek wisata di sekitar Pandaan, Kabupaten Pasuruan Jawa Timur yang menarik yang bisa diakses seperti Taman Dayu, Taman Safari Prigen, Cimory, Tretes, Wisata Religi Masjid Cengho dan lainnya.

Baca juga  Biaya Tol Jakarta-Solo Terbaru 2023 Untuk Semua Kendaraan

Tol Gempol-Pandaan yang membentang sepanjang 13,61 kilometer dari daerah Gempol hingga Pandaan memiliki 3 akses gerbang tol pelayanan transaksi yaitu Gerbang Tol (GT) Gempol 2, GT Gempol 3 dan GT Pandaan. Ketiga gerbang tol tersebut menjadi pintu strategis penghubung wilayah industri dan pariwisata di Jawa Timur.

Wisata di Pandaan – Malang

Jalan Tol Pandaan – Malang yang memiliki panjang 38,48 Km juga memberikan dukungannya melalui peningkatan perekonomian Jawa Timur pada sektor pariwisata, yaitu Kawasan wisata dan taman safari Prigen, Kebun teh Wonosari, Candi Singosari, Kawasan wisata Batu, dan masih banyak lagi potensi wisata yang dapat dijangkau lebih cepat.

Jalan Tol Pandaan – Malang juga dirasakan menjadi salah satu Jalan Tol terindah yang menyuguhkan pemandangan alam yang cukup indah di kanan kiri jalan, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Bromo dan Semeru di sisi timur ruas tol.

Jika dari arah Malang, disuguhkan pemandangan Gunung Arjuno di sisi barat, Gunung Kawi di sisi Barat Daya, Gunung Panderman di Kota Batu dan Gunung Penanggungan di wilayah Pandaan.

Jalan Tol Pandaan – Malang terdiri dari 5 Seksi, yaitu Seksi 1 Pandaan-Purwodadi (15,4 Km), Seksi 2 Purwodadi-Lawang (8 Km), Seksi 3 Lawang-Singosari (7 Km), Seksi 4 Singosari-Pakis (4,7 Km) dan Seksi 5 Pakis-Malang (3 Km).

Demikian ulasan biaya tol Surabaya-Malang 2023 beserta lokasi wisatanya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika