by

Bocoran Mazda2 Hybrid, Pakai Mesin Toyota?

Informasi menarik datang dari Mazda2, yang kabarnya siap mendapat teknologi hybrid. Bocoran Mazda2 Hybrid ini terendus oleh media otomotif asal Filipina yaitu Autoindustriya.

“Menurut sumber orang dalam, Mazda memiliki sesuatu yang spesial untuk 2022. Merek mobil asal Hiroshima itu siap memproduki Mazda2 terbaru di Thailand,” beber Autoindustriya.

Kemudian sumber tersebut mengatakan, kalau Mazda2 bakal menggendong mesin hybrid berkapasitas kecil. Hal ini dilakukan seiring dengan program ramah lingkungan di Thailand yang memberi subsidi pada kendaraan hyrbid.

Lebih menarik lagi, Mazda dikatakan siap menggunakan mesin hybrid milik Toyota untuk Mazda2. Berbagi teknologi hybrid dianggap jadi jalan terbaik supaya mampu menghemat ongkos produksi.

Sebagaimana kita ketahui, Toyota memang unggul dalam teknologi hybrid. Sudah banyak mobil hybrid yang mereka produksi di Thailand. Bahkan Toyota Corolla Cross Hybrid dan C-HR Hybrid, sampai diimpor ke Indonesia.

Rencananya kehadiran Mazda2 Hybrid bakal terlaksana pada kuartal dua tahun 2022. Kira-kira bakal seperti apa wujudnya? Apakah rasa berkendaranya tetap menyenangkan?

Baca juga  5 Perbedaan Honda City Hatchback Vs Jazz, Berubah Total!

Mazda2 Hybrid Bakal Masuk Indonesia?

mazda2 hybrid
Mazda2 versi hybrid kemungkinan siap diproduksi pada 2022

Sebenarnya masih terlalu dini membicarakan Mazda2 Hybrid masuk Indonesia. Pasalnya, mobil tersebut saja belum diproduksi. Ini memang masih sebatas rumor.

Hanya saja, sungguh menarik melihat Mazda2 dalam mesin hybrid. Apalagi Mazda selama ini dikenal sebagai pabrikan yang konsisten hanya pakai mesin bensin murni berteknologi Skyactiv untuk menjaga kesenangan berkendara.

Bila pakai hybrid, tentu banyak sekali ubahan yang terjadi di Mazda2. Memang mobil ramah lingkungan sedang tren di pasar otomotif, hanya saja apakah hybrid justru mengorbankan rasa berkendara yang menyenangkan? Atau jangan-jangan Mazda bisa membuatnya seiring sejalan?

Memang cuma waktu yang bisa menjawabnya. Lalu kemungkinan untuk masuk Indonesia sebenarnya cukup besar. Mengingat sejauh ini, Mazda di Tanah Air memang mengimpor mobil dari Thailand.

Jadi kalau ada Mazda2 hybrid di Thailand, maka harusnya Indonesia kebagian unit. Walau demikian, yang jadi kendala dari mobil hybrid adalah harganya mahal.

Bayangkan, saat ini harga Mazda2 saja mulai Rp 289,9 juta (OTR Jakarta). Maka ketika versi barunya meluncur, kemungkinan banderolnya paling murah Rp 300 jutaan. Ditambah lagi ada teknologi hybrid, maka bisa semakin mahal lagi.

Baca juga  Nasib Honda Jazz, Digantikan City Hatchback?

Kemudian perkara waktu, bila Mazda2 Hybrid di Thailand hadir pada kuartal dua tahun 2022. Maka Indonesia kemungkinan kebagian unit mobil hatchback ini pada 2023. Jadi jangan terlalu berharap bakal datang cepat.

Bahkan bisa jadi Mazda2 bermesin hybrid masuk Indonesia, ketika pabrik perakitan Mazda sudah jadi di Tanah Air. Sebagaimana kita ketahui, Mazda sedang berencana membuat pabrik di Indonesia. Jadi nanti versi hybrid-nya sudah rakitan lokal. Hanya saja memang persoalan pabrik itu masih sebatas wacana sampai sekarang.

Ada pula kemungkinan lain, kalau memang basis mesinnya pakai punya Toyota, maka produksi Mazda2 Hybrid bisa jadi nebeng pabrik Toyota di Indonesia? Hmm menarik. Ya, sekali lagi itu semua masih sebatas spekulasi.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru