by

7 Mobil Hybrid di Indonesia, Harganya Semakin Terjangkau

Beragam pilihan mobil hybrid di Indonesia. Dari model sedan hingga sport utility vehicle (SUV) siap memikat hati konsumen di Tanah Air.

Kehadiran mobil hybrid di Indonesia tentunya menjadi era baru bagi pasar otomotif domestik. Hybird bisa jadi jembatan menuju ke arah kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Hal ini juga sejalan dengan rencana pemerintah Republik Indonesia, untuk terus menekan tingkat polusi udara yang semakin memprihatinkan.

Imej mobil hybrid di Indonesia yang punya banderol mahal pun perlahan ditinggalkan. Mengingat sejumlah produk-produk baru bermunculan menawarkan teknologi modern, yang dibarengi dengan harga terjangkau.

Salah satu produsen yang cukup concern merilis jajaran produk bermesin hibrida adalah Toyota. Tercatat sejak tahun lalu, sejumlah line-up produk baru mereka dirilis di Tanah Air.

Selain itu juga ada Mitsubishi, dan juga Mercedes-Benz yang mencoba peruntungan bermain di segmen kendaraan hybrid di Indonesia. Melalui hadirnya mobil bertenaga hybrid tersebut diharapkan menjadi persiapan menuju era mobil listrik di Indonesia.

Ingin tahu mobil hybrid apa saja yang sudah dijajakan di Indonesia? Berikut daftar lengkap mobil hibrida yang meluncur di pasar domestik.

1. Toyota Camry Hybrid

Toyota Camry, jadi salah satu pilihan mobil hybrid di Indonesia
Toyota Camry, jadi salah satu pilihan mobil hybrid di Indonesia

Seperti dijelaskan sebelumnya, Toyota cukup antusias menggarap segmen mobil hybrid di Indonesia. Beragam line-up produk terbaru mereka sudah diluncurkan sejak awal tahun 2019 lalu.

Diawali dengan merilis Toyota Camry Hybrid yang mengusung tampilan yang lebih agresif dari model sebelumnya. Sedan ini ditawarkan dalam 3 varian, yaitu 2.5 G, 2.5 V, dan Hybrid.

Sedikit mengulas produk, Toyota Camry Hybrid punya dimensi panjang 4.885 mm atau lebih panjang 35 mm dibandingkan model sebelumnya, lebar 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dibandingkan model sebelummya. Sementara itu, tinggi 1.445 mm atau lebih rendah dibandingkan sebelumnya 1.470 mm.

Mobil ini juga punya jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm atau lebih panjang 50 mm. Hal ini berdampak pada ruang kabin yang jadi lebih luas.

Terkait dapur pacunya, Toyota Camry Hybrid mengusung mesin berkode A25A-FXS berkapasitas 2.487 cc dengan tenaga 174 Hp. Mesin bensinnya menghasilkan torsi 220 Nm ditambah 202 Nm dari motor listrik.

2. Toyota C-HR Punya Varian Hybrid

Toyota C-HR Hybrid
C-HR Hybrid, mobil ramah lingkungan yang bisa jadi pilihan masyarakat

Pasca peluncuran Toyota Camry Hybrid, PT Toyota Astra Motor (TAM) menambah jajaran mobil hybrid di Indonesia. Melalui kehadiran C-HR Hybrid, yang diluncurkan bersamaan digelarnya ajang IIMS 2019.

Baca juga  Harga NJKB Toyota GR Yaris Bermesin Turbo, Rp 450 Juta

Berbeda dari varian bermesin bensin, Toyota C-HR Hybrid tentunya punya banderol sedikit lebih mahal. Untuk membedakan versi konvensional dan hybrid, pihak pabrikan memberikan tiga perbedaan pada tampilan.

Perbedaannya meliputi lampu depan dan belakang, pelek, dan warna baru Radian Green dengan black roof. Dengan perbedaan tersebut, diharapkan konsumen mendapatkan value lebih ketika memutuskan meminang mobil yang satu ini.

Di atas kertas, Toyota C-HR Hybrid dibekali mesin 2ZR-FXE yang mampu menghasilkan tenaga 98 Hp yang dikawinkan dengan motor listrik bertenaga 35,3 Hp. Layaknya sebuah mobil hybrid pada umumnya, mobil ini juga punya konsumsi BBM yang efisien.

Pihak pabrikan mengklaim bahwa C-HR Hybrid lebih efisien 62% dibandingkan varian bensin dengan emisi CO2-nya juga lebih rendah sekitar 60%.

Terkait harga, Toyota C-HR versi bensin punya banderol Rp 35 juta lebih murah, jika dibandingkan dengan varian hybrid. Harganya Rp 511 juta untuk varian 1.8 liter dan Rp 546,3 juta untuk hybrid.

3. Mitsubishi Outlander PHEV, Mobil Hybrid di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan

Mitsubishi Outlander PHEV
Mitsubishi Outlander PHEV bisa jadi sumber tenaga sejumlah perangkat di rumah

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) turut coba bermain di segmen mobil hybrid di Indonesia, melalui Mitsubishi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle).

Mitsubishi Outlander PHEV dipersenjatai dengan teknologi plug-in hybrid yang merupakan perpaduan mesin bensin 2.4L, motor, dan juga baterai. Teknologi yang digunakan Mitsubishi Outlander PHEV tidak hanya mengandalkan elektrik sebagai sumber tenaga.

Faktor penting yang cukup menarik pada Mitsubishi Outlander PHEV adalah sistem penggerak motor yang terintegrasi sedemikian rupa dengan baterai dan mesin yang menjadikan kendaraan ini dapat melaju di kecepatan maksimal.

Tak hanya itu saja, Mitsubishi Outlander PHEV juga disematkan 3 mode berkendara, seperti EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode.

Menariknya lagi, Outlander PHEV bukan hanya mengandalkan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya. Namun mobil ini juga dapat digunakan sebagai generator yang menjadi sumber tenaga listrik untuk perangkat lainnya, seperti di rumah.

Mitsubishi Outlander berstatus completely built up (CBU) dari Jepang. Mobil ini ditawarkan dalam dua varian yang punya banderol Rp 1,2 miliar dan Rp 1,3 miliar yang punya dua warna pilihan putih dan hitam.

Baca juga  Toyota Sumbang 100 Tabung Oksigen ke Karawang

4. Toyota Corolla Altis Hybrid

Toyota Corolla Altis Hybrid
Toyota Corolla Altis semakin menarik berbekal mesin hibrida

Selain Toyota Camry hybrid, Toyota Indonesia juga menawarkan satu lagi sedan bertenaga hibrida, yakni Corolla Altis Hybrid. Kehadiran produk ini tentunya melengkapi jajaran mobil hybrid di Indonesia.

Berbeda dari varian konvensional atau bermesin bensin. Toyota Corolla Altis Hybrid punya desain yang sedikit lebih menarik.

Hal ini tertuang melalui desain gril yang lebih agresif yang dipadukan dengan LED headlight dan LED DRL. Layakanya jajaran produk terbaru Toyota lainnya, Toyota Corolla Altis Hybrid dibangun dari basis TNGA (Toyota New Global Architecture). Sasis ini diyakini lebih stabil dan mudah dikendalikan.

Untuk jantung pacunya, Corolla Altis Hybrid mengandalkan mesin 2ZR-FXE. Mesin itu memadukan mesin konvensional berkapasitas 1.798 cc dengan motor listrk. Tenaga yang dihasilkan mencapai 93,7 Hp dengan torsi maksimum 142 Nm.

5. Mercedes-Benz E300e EQ Power

Mercedes-Benz E300e EQ Power
Mercedes-Benz E300e EQ Power

Berbicara mengenai mobil hybrid di Indonesia, kurang pas rasanya jika tidak mencantumkan nama Mercedes-Benz E300e EQ Power. Pasalnya mobil plug-in hybrid ini punya desain elegan dan canggih, lho!

Mengacu pada spesifikasinya, Mercedes-Benz E300e EQ Power disematkan mesin bensin berkubikasi 2.000 cc turbocharger yang menghasilkan tenaga 211 Hp dengan torsi 350 Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan motor listrik bertenaga 211 Hp dengan torsi 440 Nm.

Jika kedua mesin tersebut dikombinasikan, maka mampu menghasilkan torsi maksimal 700 Nm. Konsumsi bahan bakarnya pun sangat irit, mencapai 1,8 liter/ 100 km dengan emisi gas buang 41g CO2/km.

Pada saat pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 lalu, mobil dijual dengan banderol Rp 1,899 miliar (off-the-road).

6. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross hybrid
Toyota Corolla Cross melengkapi jajaran mobil hybrid di Indonesia

Nah, mobil hybrid di Indonesia yang paling segar adalah Toyota Corolla Cross Hybrid. Mobil bergenre SUV kompak ini baru saja meluncur pada bulan Agustus 2020 lalu.

Corolla Cross diyakini mampu berkontribusi dalam penjualan Toyota di pasar domestik. Hal ini bukan tanpa alasan, bila melihat segmen SUV yang terus berkembang di Indonesia.

Tampilan Toyota Corolla Cross terlihat menarik, berbekal platform Toyota New Global Architecture C (TNGA-C). Platform TNGA sendiri sudah digunakan oleh sejumlah produk terbaru Toyota, seperti Toyota C-HR, Toyota Corolla Altis, dan produk lainnya.

Baca juga  Toyota Fortuner GR Sport, Apa yang Berubah?

Secara desain, bodi terkesan kalem, namun fascianya terkesan kokoh dan tangguh. Terlihat mobil ini punya buritan yang menggambarkan ruang yang lega di dalamnya.

Corolla Cross Hybrid juga didukung dengan dimensi yang mumpuni. Dengan panjang 4.460mm, lebar 1.825mm, tinggi 1.620mm, dan wheelbase 2.640mm. Mobil ini diklaim menyajikan ruang kabin yang lapang.

Menyoal mesin, Toyota Corolla Cross dipersenjatai mesin 2ZR-FBE berkapasitas 1.8 liter 4 silinder. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 140 Hp dengan torsi 175 Nm. Tenaga dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT ke roda penggerak depan.

Sementara untuk versi hybrid, mengusung mesin berkapasitas 1.789 cc, dengan semburan daya maksimal 96 hp pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.600 rpm.

Untuk motor listriknya mampu menyemburkan daya tambahan sebesar 72 hp dan torsi 163 Nm. Secara total tenaga yang dihasilkan sebesar 120 hp yang disalurkan pada dua roda di depan atau front wheel drive (FWD).

Tenaga yang dihasilkan tersebut disalurkan melalui transmisi Electric Continious Variable Transmission (e-CVT). Terkait harga, Corolla Cross yang hadir dalam dua varian, yakni V dan Hybrid dibanderol Rp 457,8 juta untuk varian bensin dan Rp 497,8 juta untuk hybrid.

7. Toyota Alphard Hybrid

Toyota Alphard Hybrid
Toyota Alphard bermesin hybrid memberikan warna baru di segmen MPV mewah di Tanah Air

Pilihan terakhir mobil hybrid di Indonesia, adalah Toyota Alphard Hybrid. MPV mewah ini menyuguhkan desain yang elegan dan mewah.

Interiornya pun punya desain modern dan canggih, melalui hadirnya sistem indicator hybrid, multi information display, termasuk seat premium yang siap memberikan kenyamanan pada pengendara dan penumpang.

Alphard Hybrid dipersenjatai dengan mesin 2AR-FXE dengan dua motor listrik yang berada di bagian depan dan belakang dan e-Four.

Lewat sistem tersebut, penggunaan bahan bakar mobil MPV ini menjadi lebih efisien, dan mampu menghasilkan 152 PS pada putaran mesin 6000 rpm, torsi motor listrik bagian depan 143 PS dan 68 PS di belakang.

Semoga informasi mengenai jajaran mobil hybrid di Indonesia ini dapat bermanfaat buat kalian.

Baca juga:

 

Terbaru