Senin, Maret 4, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

BYD Resmi Hadir di Indonesia Hari Ini, Tiga Mobil Meluncur dan 10 Diler Siap

by Ivan
BYD resmi hadir di Indonesia

Raksana otomotif asal Cina, Build Your Dreams atau BYD dipastikan akan meresmikan kehadiran mereka untuk pasar Indonesia hari ini (18/1) di Sasana Kriya Building, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Seremoni sekaligus peluncuran mobil baru BYD akan menjadi debut bagi mereka meramaikan pasar kendaraan penumpang di Indonesia sekaligus mengukuhkan Indonesia sebagai bagian dari peta ekspansi bisnis jangka panjang global BYD.

Pada peresmian nanti akan dihadiri oleh Mr. Liu Xueliang selaku General Manager BYD Asia Pacific Autosales Division, Mr. Eagle Zhao selaku President Director BYD Indonesia. Juga hadir Airlangga Hartarto selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia dan Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia.

e-Platform BYD disokong Blade Battery dapat meningkatkan kepadatan energi hingga 50 persen

e-Platform BYD disokong Blade Battery dapat meningkatkan kepadatan energi hingga 50 persen

Tahun 2023 sendiri menjadi tahun yang penting bagi BYD dimana mereka mampu memuncaki jadi produsen mobil listrik terlaris di dunia menyingkirkan Tesla.

Bahkan dalam kunjungan tim Moladin ke markas mereka di Cina, BYD mampu menunjukkan dirinya sebagai perusahaan global yang komplet bagi ekosistem untuk New Energy Solution. BYD tak sekadar membuat mobil listrik saja tetapi menguasai keseluruhan lini dari teknologi baterai, energi listrik, dan sistem informasi kendaraan.

3 Mobil Baru BYD Siap Guncang Pasar Mobil Listrik Tanah Air

BYD diproyeksi akan menyiapkan 3 model awal untuk merangsek pasar mobil di Indoensia. Ketiga mobil tersebut ialah BYD Dolphin, BYD Atto 3 dan BYD Seal yang sudah menjalani riset pasar sesuai untuk konsumen di Tanah Air dan sudah meluncur di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina.

Baca juga  Ini Penyebab Cat Hyundai Ioniq 5 Terkelupas, Kata Ahli!

1. BYD Dolphin

Mobil listrik BYD Dolphin jadi salah satu model yang kemungkinan masuk Indonesia

Mobil listrik BYD Dolphin jadi salah satu model yang kemungkinan masuk Indonesia

BYD Dolphin yang dibangun memakai e-platform 3.0 diproyeksi bakal paling menggoda konsumen dan tersedia dalam dua varian. Kedua varian Dolphin menggunakan baterai Blade lithium iron phosphate (LFP) dan motor listrik untuk menggerakkan roda depan. Varian pertama Dynamic Standard Range memiliki baterai 44,92 kWh yang memberikan daya jelajah hingga 410 km. Lalu BYD Premium Extended Range menawarkan jarak tempuh hingga 490 km berkat kapasitas baterai 60,48 kWh yang lebih besar.

Tidak hanya itu, varian Premium Extended Range memiliki tenaga yang lebih tinggi dengan motor listrik berdaya 204 PS dan torsi 310 Nm, serta kemampuan sprint dari 0-100 km/jam dalam waktu tujuh detik. Pada varian Dynamic Standard Range, tenaganya mencapai 95 PS dengan torsi 180 Nm, dan dapat mencapai kecepatan 0–100 km/jam dalam waktu 12,3 detik.

Selain keunggulan tenaga, varian Premium Extended Range juga memiliki kapasitas pengisian daya cepat DC (CCS2) yaitu 80 kW, sedangkan varian Dynamic Standard Range 60 kW. Keduanya juga dilengkapi dengan pengisi daya AC dengan input maksimum 7 kW. Salah satu fitur menarik lain ialah Vehicle-to-load (V2L), yang memungkinkan pemilik menghidupkan peralatan atau perangkat listrik lainnya dengan output maksimum 3,2 kW.

Dari segi dimensi, BYD Dolphin memiliki panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm, tinggi 1.570 mm, dan jarak sumbu roda 2.700 mm. Ukuran ini membuatnya sebanding dengan Honda City Hatchback, yang memiliki panjang 4.345 mm dan lebar 1.748 mm. Sementara ruang bagasinya berkapasitas 345 liter, namun bisa diperluas jadi 1.310 liter dengan kursi belakang yang dilipat.

Baca juga  Toyota Perluas Jangkauan EV Smart Mobility ke Danau Toba

2. BYD Seal

BYD Seal merangsek segmen mobil listrik premium

Seal merangsek segmen mobil listrik premium

BYD Seal seperti halnya Dolphin juga dibangun memakai e-platform 3.0. Namun oleh BYD, mobil ini diset sebagai Mid-Size Sedan sekaligu amunisi pamungkas untuk berlaga di segmen mobil listrik premium.

Mobil ini juga ditawarkan dalam dua varian. Varian tertinggi BYD Seal menggunakan dua motor listrik untuk menggerakkan roda depan dan belakang (All Wheel Drive, AWD) dan baterai LFP 82,5 kW. Tenaga yang dihasilkan cukup besar mencapai 523 dk dan torsi puncak 670 Nm dengan range 580 km.

Tidak berlebihan jika akselerasi BYD Seal diklaim mampu mengunci 0-100 km/jam cuma dalam 3,8 detik. Sementara top speed pada tipe ini mampu tembus 180 km/jam.

3. BYD Atto 3

BYD Atto 3 jadi amunisi di segmen crossover litsrik

BYD Atto 3 jadi amunisi di segmen crossover litsrik

Hadir dengan pendekatan yang mirip dengan BYD Dolphin, BYD Atto 3 adalah sebuah crossover SUV listrik. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.720 yang dibangun BYD menggunakan e-platform 3.0.

BYD Atto 3 mengusung baterai blade lithium ferrophosphate berkapasitas 60,48 kWh yang diklaim memiliki range 420 km berdasarkan pengujian WLTP dengan klaim konsumsi listrik 16 kWh/100 km.

Baca juga  Jajal Top Speed Wuling Air EV di Tol Jakarta, Bisa Ngebut!

Lalu motor untuk menggerak roda depannya memiliki tenaga 150 kW atau setara 201,1 hp dan torsi 310 Nm. Sehingga diklaim bisa sprint dari 0-100 km/jam cuma dalam 7,3 detik, dan menggapai top speed 160 km/jam.

10 Diler BYD

BYD Arista BSD City tengah dipersiapkan

BYD Arista BSD City tengah dipersiapkan

Sejalan dengan peresmian kehadirannya, BYD juga akan langsung menyiapkan 10 diler untuk melayani calon konsumen. Berikut 10 diler BYD yang terdekat dengan lokasi Anda.

1. BYD Arista Kalimalang berlokasi di Jalan Raya Kalimalang No.38, Duren Sawit, Jakarta Timur
2. BYD Arista Tebet berlokasi di Jalan Dr. Sahardjo No. 246 Kel. Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan
3. BYD Arista Pondok Indah berlokasi di Jalan H. Nawi No.17 Kel. Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
4. BYD Arista Sunter berlokasi di Jalan Danau Sunter Selatan Blok O-IV No.22 Kel. Sunter Jaya, Tanjung Priok, Jakarta Utara
5. BYD Arista PIK berlokasi di Jalan Pantai Indah Kapuk Boulevrd Rukan Crown Golf D No. 33-35, Penjaringan, Jakarta Utara
6. BYD Arista BSD City berlokasi di Kavling Komersial The Park, Kav 1.7 Jalan BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang
7. BYD Arista Depok berlokasi di Jalan Margonda Raya No. 888, Beji, Depok
8. BYD Arista Soekarno Hatta, Jalan Soekarno Hatta No. 678, Rancasari, Bandung
9. BYD Arista Amir Hamzah, Jalan T. Amir Hamzah, Medan Barat, Medan
10. BYD Arista Pekanbaru, Jalan Jend. Sudirman, Marpoyan Damai, Pekanbaru

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

 

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika