by

7 Cara Mencuci Motor yang Baik dan Benar Supaya Bersih Mengkilap!

-Tips & Trik-3,222 views

Mencuci motor dengan benar tidak dilakukan dengan asal menyiramkan air atau mengaplikasikan sabun khusus kendaraan saja. Kalau hanya menyiramkan air saja, bagian dari motor yang terdalam tidak akan bersih. Selain itu air juga bisa saja masuk ke bagian-bagian yang memiliki aliran listrik dan memicu konsleting.

Kalau kamu ingin mencuci motor di rumah tanpa perlu datang ke tempat cuci motor, coba lakukan beberapa cara di bawah ini. Dengan melakukannya, kamu tidak akan mengalami kesulitan dan masalah dengan mesin. Berikut 7 langkah mencuci motor yang benar selengkapnya.

7 Langkah Cara Mencuci Motor Yang Benar Agar Bersih & Mengkilap

 

1) Persiapkan Kain Lap dan Spons

Kain Lap

Hal pertama yang harus dipersiapkan dengan baik sebelum melakukan pencucian motor adalah menyiapkan alat dan bahannya. Alat yang disiapkan terdiri dari aneka kain lap yang lembut permukaannya, bak untuk menampung air, kran dengan selang airnya dan juga spons untuk mencuci,

Selanjutnya untuk bahan yang digunakan terdiri dari sampo khusus bodi motor yang tidak merusak cat dan stiker dan beberapa bahan untuk mengkilapkan. Setelah semua alat dan bahannya ada, kamu bisa memulai melakukan pembersihan.

2) Pastikan Motor Dalam  Keadaan Dingin

Patikan Motor Dalam Keadaan Dingin

Kalau kamu ingin mencuci motor ada baiknya untuk mendinginkan kendaraan terlebih dahulu. Pendinginan ini wajib dilakukan untuk mencegah terjadinya perubahan susu yang drastis. Motor yang digunakan dalam waktu lama lalu disiram dengan air umumnya akan mengeluarkan asap.

Baca juga  Tanya Apa Saja Masalah Motor di Forum Moladin Tampilan Baru!

Diamkan selama kurang lebih sejam. Kalau sudah turun suhunya baru mulai dibersihkan. Selain masalah perubahan suhu, kalau kamu membersihkan area meski yang panas dan juga knalpot, kemungkinan besar bisa melukai tangan.

3) Bersihkan Rantai Terlebih Dahulu

bersihkan Bagian Rantai

 

Sebelum membersihkan bodi secara menyeluruh, ada baiknya untuk membersihkan bagian rantai. kamu bisa menggunakan WD-40 untuk melunakkan minyak dan juga kerak yang ada di sana. Selanjutnya gunakan bensin atau sejenisnya untuk membuat kotoran hilang.

Setelah bersih dan tidak ada kotoran sama sekali, proses selanjutnya adalah pemberian oli rantai. Proses ini adalah yang paling akhir setelah motor diguyur air, diberi sabun, dan dikeringkan. Jangan langsung diberi minyak setelah rantai dibersihkan dari kerak.

 

4) Bersihkan Beberapa Bagian Mesin

Bersihkan Beberapa Bagian Mesin

Beberapa bagian mesin khususnya yang berada di luar bisa dibersihkan juga dengan WD-40. kamu bisa menggunakan sabun khususnya juga untuk bagian yang sulit sekali dibersihkan. Gunakan sikat gigi bekas kalau dibutuhkan.

kamu tidak perlu sampai melakukan pembongkaran mesin. Cukup yang bagian terluar saja. Kalau bagian dalam serahkan pada bengkel atau dikerjakan sendiri asal memiliki kemampuan mekanik.

 

5) Bersihkan Bagian Bodi

Bersihkan Bagian Bodi

Setelah rantai dan juga mesin dibersihkan dari kotoran dan juga kerak, tahap selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membersihkan bodi. kamu bisa menggunakan air dari kran yang dipancurkan ke arah bodi dan bagian yang aman seperti di roda, jok, dan sekitar setir.

Baca juga  Denda Pajak Kendaraan Bermotor? Begini Cara Menghitungnya

Pembersihan pada tahap ini dilakukan seperti mencuci pada umumnya. Basahi semua bodi motor terlebih dahulu. Selanjutnya beri sampo atau sabun untuk kendaraan. Ratakan semuanya sampai berbusa. Selanjutnya gosok ringan di bagian-bagian yang memiliki kerak.

Kalau semuanya sudah diberi sabun secara merata. Selanjutnya bersihkan dengan air hingga bersih. Lakukan beberapa kali kalau memang ada bagian yang belum bersih. Selanjutnya bilas dengan air sampai tidak ada noda yang terlihat lagi.

 

6) Keringkan dengan Kain yang Lembut

Bersihkan body

 

 

 

Kalau semua bodi sudah bersih dan tidak memiliki noda lagi, tahap selanjutnya adalah mengeringkan bagian bodi yang basah. Keringkan dengan kain lembut merata di semua bagian. Lakukan dengan perlahan-lahan agar tidak mengalami kerusakan pada bodi kendaraan.

Bagian lain yang wajib dikeringkan sampai tidak ada air adalah mesin. Kalau sampai bagian mesin masih basah, kemungkinan besar bisa memicu gangguan seperti konsleting atau sejenisnya.

 

[product product=”Suzuki Address FI” images=”https://cdn.moladin.com/motor/suzuki/Suzuki_Address_FI_2138_88831_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/suzuki/suzuki-address-fi-matic-4-stroke-1-cylinder-air-cooled-sohc-115cc” price=”Rp. 600.000,-*” description=”*DP mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

 

7) Beri Lapisan Kilap

Beri Lapisan Pengkilap

Setelah semua bagian dari mesin kering dan bodi juga tidak ada air, kamu bisa menggunakan semacam compound untuk membuat bodi jadi mengkilap. Aplikasikan ke banyak tempat khususnya di jok atau bodi yang menjadi visual utama dari kendaraan.

Baca juga  Cara Memasang Lampu HID Motor, Riding Malam Hari Lebih Terang!

Lakukan sebanyak beberapa kali sampai tidak ada bagian yang terlihat sangat kusam. Selanjutnya perhatikan bagian rantai dan juga ban. Kalau masih ada yang basah keringkan. Berikan minyak untuk roda dan rantai kalau dibutuhkan.

Inilah 7 langkah cara mencuci motor yang baik dan benar agar mengkilap. Dengan melakukan beberapa cara di atas, kemungkinan terjadi kesalahan akan sangat rendah. kamu bisa membuat motor menjadi sangat kinclong tanpa perlu mengeluarkan banyak uang dan seperti Motor Baru deh!

Perhatikan beberapa cara di atas dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Lakukan dengan perlahan-lahan dan hindari bagian yang sulit. Yang paling penting visual dari motor tampak mengkilap dengan sempurna. Untuk bagian mesin dan sekitarnya lebih baik serahkan pada bengkel.

 

Baca Juga : 

Terbaru