oleh

7 Cara Mengatasi Mobil Mogok di Jalan

Mengalami mobil mogok di tengah jalan, tentu sangat menyebalkan. Panik dan bercucuran keringat sudah umum bagi yang mengalaminya. Nah, dalam artikel kali ini kami akan mengulas mengenai cara mengatasi mobil mogok di jalan.

Musibah datang bisa kapan saja dan dimana saja, termasuk mobil mogok di tengah jalan. Jika mengalami hal tersebut kebanyakan orang tentu akan panik. Bagaimana tidak, mobil-mobil di belakang akan mengklakson secara terus menerus.

Meski demikian, saat mobil mogok di tengah jalan sebenarnya pengemudi  tidak perlu ditanggapi degan kepanikan. Bersikap tenang adalah kunci utama saat mengalami mobil mogok di tengah jalan.

“Saat mobil mengalami mogok di tengah jalan tentu membuat kita tidak bisa berpikir jernih karena dilanda kepanikan. Situasi tersebut bukan memberi solusi namun  justru akan memperkeruh suasana. Langkah awal adalah bersikap tenang dan dorong ke tepi jalan dan kemudian dilakukan pengecekan ke bagian mobil yang sekiranya menjadi penyebab mobil tersebut mogok,” ungkap Jusri Pulubuhu selaku Founder & Lead Instructor Saftey Driving JDDC pada Kamis (7/1/2022).

Langsung saja, untuk mengetahui lebih jauh cara mengatasi mobil mogok di tengah jalan. Mari kita simak ulasannya berikut ini:

1. Jangan Panik dan Dorong Mobil ke Tepi Jalan

cara mengatasi mobil mogok di jalan
Pinggirkan mobil ke tempat yang aman agar tidak mengganggu lalu lintas

Seperti diungkapkan sebelumnya bahwa saat mobil mogok baiknya jangan panik dan bersikap tenang. Setelah tenang, turun dari mobil dan minta bantuan orang sekitar untuk mendorong mobil ke tepi jalan.

Baca juga  Cara Lulus Ujian Praktik SIM A dengan Mudah

Pasalnya kalau masih di tengah jalan, mobil akan mengganggu lalu lintas. Kemudian proses pengecekan kendaraan pun jadi tidak leluasa di lakukan.

2. Nyalakan Lampu Hazard dan Cek Indikator Mobil

Cara mengatasi mobil mogok di jalan berikutnya adalah segera nyalakan lampu hazard. Kemudian dilanjutkan dengan mengecek semua lampu indikator mobil yang umumnya terletak dibagian speedometer.

Melalui simbol yang ada pada indikator, penyebab mogok akan lebih mudah diketahui. Apakah ada kerusakan pada mesin, suhu radiator yang terlalu tinggi, masalah pada aki, bahan bakar habis, atau masalah lainnya.

3. Pasang Segitiga Pengaman dan Kunci Pintu

cara mengatasi mobil mogok di jalan
Ilustrasi segitiga pengaman mobil

Setelah mobil ada di bagian tepi jalan, jangan lupa untuk memasang segitiga pengaman dengan jarak minimal 5 meter dari mobil. Setelahnya, cek beberapa bagian yang sekiranya menjadi penyebab mobil mogok.

Jika mobil berhenti mendadak karena radiator mengalami overheat, tunggulah sejenak hingga suhu mobil turun. Buka tutup radiator dan tambahkan air ke dalamnya. 

Sementara jika bahan bakar habis. Artinya segera cari bensin dan isi tangkinya supaya mobil bisa diaktifkan kembali.

Oh ya, sebelum melakukan pengecekan jangan lupa pintu mobil dikunci. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari tindak kejahatan di jalan raya.

Baca juga  Ketahui Besaran Pajak Plat Nomor Cantik dan Cara Membuatnya!

4. Buka Kap Mesin dan Lakukan Pengecekan

cara mengatasi mobil mogok di jalan
Buka kap mesin untuk mengecek ada kerusakan secara kasat mata

Cara mengatasi mobil mogok di jalan selanjutnya adalah buka kap mesin. Hal ini supaya kamu tahu apakah ada persoalan di sana. Tidak perlu cek komponen sampai detail, dengan melihat pun bisa.

Minimal bila ada asap atau api, kamu jadi tahu. Kemudian bisa segera memadamkannya dengan alat-alat yang ada. Sebagai informasi, saat ini semua mobil baru sudah disediakan Alat Pemadam Api Ringan di dalam kabin ketika melakukan pembelian.

Bila kamu mengerti soal mobil dengan detail, bisa juga cek komponen yang sering jadi penyebab mobil mogok. Misalnya apakah arus listrik pada aki sudah lemah? Ini penting, karena aki merupakan pusat energi di mobil. Jika terjadi masalah pada kabel, terminal aki, atau volume air aki, baiknya harus segera dibenahi. Jika tidak, mobil akan tetap dalam kondisi mati atau mogok terus.

Selain masalah aki, switcher starter yang aus pun kerap menjadi pemicu mobil mogok. Umumnya, kabel yang aus harus diganti, sedangkan kabel yang renggang masih dapat diperbaiki dengan menggunakan penyambung sementara.

5. Hubungi Bengkel Rekanan

Cara mengatasi mobil mogok di jalan selanjutnya adalah dengan menghubungi bengkel rekanan melalui sambungan telepon. Nantinya mekanik bengkel akan memandu untuk melakukan pengecekan atau perbaikan sementara komponen yang bermasalah.

Baca juga  Kenali Fungsi Thermostat Mobil dan Ciri Kerusakannya

“Hubungi bengkel rekanan, bisa melalui telepon atau video call. Informasikan gejala terakhir sebelum mobil mogok, kemudian minta dipandu untuk mengecek dan memperbaikinya untuk sementara. Namun jika memungkinkan, panggil orang bengkel tersebut untuk datang ke lokasi dan melakukan prebaikan sementara,” terang Aris Triyono, Service Advisor Daihatsu.

6. Hubungi Pihak Asuransi

cara mengatasi mobil mogok di jalan
Mobil yang dikover asuransi secara komprehensif, biasanya bisa ditowing secara gratis

Langkah ini bisa dilakukan jika pemilik mobil mempunyai asuransi mobil comprehensive. Umumnya pihak asuransi akan mendatangi lokasi dengan mobil derek untuk membawa mobil tersebut ke bengkel rekanan dari perusahaan asuransi tersebut.

“Manfaat asuransi kendaraan tentu sangat banyak. Salah satunya jika mobil mogok di jalan raya, kami akan cepat merespon untuk membantu konsumen kami dengan membawa mobil tersebut ke jaringan bengkel rekanan kami,” imbuh Jusri.

7. Hubungi Pihak Derek

Nah, jika pemilik tidak mempunyai asuransi kendaraan maka bisa menghubungi perusahaan derek untuk membawa mobil tersebut ke rumah atau bengkel rekanan dari pemilik mobil tersebut.

Berbeda halnya saat mobil mogok di jalan tol. Maka biasanya aka nada derek dari pengelola jalan tol tersebut untuk membawa mobil yang mogok ke bengkel yang dekat dari salah satu pintu keluar jalan tol.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara mengatasi mobil mogok di jalan. Jangan panik ya!

Simak terus Moladin.com untuk mengetahui informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru