oleh

Lampu Indikator Aki di Mobil Menyala, Jangan Panik

Janganlah kamu panik, jika lampu indikator aki di mobil menyala. Meski hal tersebut sebuah tanda bahwa pada komponen aki mengalami masalah, namun bisa segera diatasi.

Saat lampu indikator aki di mobil menyala, biasanya mobil tidak langsung mogok. Namun jika dibiarkan maka bisa berpotensi mobil tidak bisa distarter. Sebab seperti diketahui, bahwa aki merupakan pemasok utama listrik termasuk untuk menyalakan starter mobil. 

Normalnya lampu indikator aki akan padam saat mesin mulai berputar. Hal tersebut menandakan bahwa sistem pengisian, atau dinamo alternator telah menghasilkan muatan listrik yang digunakan untuk mengecas aki mobil.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat lampu indikator aki di mobil menyala pada panel speedometer. Pertama adalah masalah kelistrikan yang terjadi, bisa jadi pada bagian pengisian arus listrik atau karena aki yang tidak mau mengisi. Atau soket alternator kendur dan bagian carbon brush telah habis atau aus. Akibatnya dinamo alternator tidak bisa menghasilkan listrik.

“Ketika lampu indikator di mobil menyala, itu biasanya disebabkan karena pengisian arus listrik bermasalah atau aki tidak mau mengisi arus listrik,” ungkap Aris Triyono selaku Service Advisor Daihatsu (6/1/2022).

Komponen Yang Harus Dicek Saat Lampu Indikator Aki menyala

lampu indikator aki di mobil menyala
ilustrasi aki mobil

Saat lampu indikator aki menyala, segera lakukan pengecekan. Tidak melulu harus ganti aki. Bisa jadi ada beberapa komponen yang memang harus dilakukan perawatan.

Baca juga  3 Perbedaan Head Unit Single DIN dan Double DIN

Contohnya ketika kamu cek kondisi komponen karbon brush atau slip ring yang terdapat di dinamo alternator, kemudian kondisinya rusak atau aus, maka bisa diperbaiki. Berbeda halnya jika kedua komponen tersebut sudah aus parah. Maka sebaiknya kedua komponen itu segera diganti. Hal tersebut dilakukan agar kerusakan tidak menjalar ke komponen lain.

Namun jika akumulator yang menjadi penyebab dan menjadikan pengisian tidak bisa maksimal. Maka komponen tersebut segera diganti dengan yang baru.

Meski demikian, jika dirasa ragu untuk mengecek komponen-komponen tersebut segera bawa mobil kesayangan ke bengkel langganan atau bengkel resmi untuk mendapatkan pengecekan dan perbaikan.

Akibat Jika Lampu Indikator Aki Mobil Menyala Dibiarkan Lama

lampu indikator aki di mobil menyala
Salah satu imbas aki bermasalah adalah lampu menjadi redup

Meski bisa diperbaiki atau diganti komponen-komponen penyebab lampu indikator aki mobil menyala, namun masih banyak pemilik mobil yang mengacuhkan dan akhirnya bisa merusak komponen lainnya.

Beberapa komponen yang bisa bermasalah akibat hal tersebut adalah:

  • Lampu utama mobil menjadi redup
  • Sistem audio menjadi terganggu
  • Lampu speedometer menjadi redup
  • Lampu sein menyala tidak optimal
  • Mobil tidak bisa distarter
  • Power window tidak berfungsi
  • Alarm mobil tidak berfungsi
  • Klakson tidak berbunyi

Cara Merawat Aki Mobil

lampu indikator aki di mobil menyala
Aki harus dirawat agar usianya panjang

Setelah tahu yang harus dilakukan ketika lampu indikator aki di mobil menyala, kini kamu juga perlu tahu cara merawat aki. Pasalnya, aki merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Tugasnya adalah sebagai penyuplai utama listrik untuk kebutuhan kinerja mobil.

Baca juga  Kenali Kelebihan dan Kekurangan Nano Ceramic

Karenanya komponen ini tentunya juga harus dijaga kondisinya agar tetap optimal. Nah, untuk itu dibutuhkan perawatan rutin. Berikut cara merawat aki mobil: 

  • Bersihkan Terminal Aki Mobil

Umumnya terminal aki memang rentan kotor. Mulai dari banyaknya kerak hingga debu yang menempel. Bersihkan dengan menggunakan air panas/hangat serta gunakan sikat gigi.

Seperti diketahui, terminal aki memiliki fungsi sebagai jembatan penghubung antara kutub positif dan negatif. Jadi jika kondisinya kotor maka bisa menghambat kinerjanya.

  • Panaskan Mobil Jika Lama Tidak Digunakan

Kondisi aki akan stabil jika mobil digunakan setiap hari. Berbeda halnya jika mobil jarang digunakan, maka kondisi aki bisa mengalami gangguan.

Karenanya, jika memang ingin bepergian ke luar kota untuk beberapa hari, ada baiknya menitipkan kunci mobil ke kolega agar mobil bisa dipanaskan setiap hari.

  • Hindari Memodifikasi Mobil Yang Membebani Aki

Modifikasi memang sah-sah saja, namun ada baiknya menggunakan aksesoris yang tidak memakan listrik yang tinggi. Seperti sepaker eksternal, power equalizer untuk audio serta lampu tambahan.

“Masih banyak pemilik mobil yang belum mengetahui efek buruk jika memodifikasi mobil berlebihan. Seperti memasang speaker tambahan serta power equalizer. Kedua barang itu harus dilihat dulu konsumsi listriknya, jangan sampai bikin tekor aki saat digunakan,” tambah Aris.

  • Cek Volume Air Aki Secara Berkala

Mobil-mobil lansiran anyar memang mayoritas menggunakan jenis aki kering. Namun untuk mobil buatan 1990-an masih ada yang menggunakan jenis aki basah.

Baca juga  Arti Kode dan Ukuran Velg Mobil, Jangan Salah Baca

Untuk aki basah, cek secara rutin volume air akinya. pastikan takarannya sesuai, selain itu juga gunakan air aki yang berkualitas agar komponen di dalam aki juga awet.

  • Servis Berkala Secar Rutin

Kemudian, untuk menghindari atau mengantisipasi lampu indikator aki di mobil menyala adalah dengan melakukan servis berkala secar rutin. Sebab dengan melakukan hal tersebut kondisi mobil akan selalu terjaga prima, begitu juga dengan komponen aki.

“Selain mesin, saat servis berkala di bengkel resmi kondisi aki juga akan dibersihkan dan diperiksa. Jika mobil sudah berjalan lebih dari 3 tahun fungsi aki akan menurun. Bahkan ada beberapa mobil yang harus diganti karena memang kondisinya sudah tidak idel untuk dipakai,” tutup Aris.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penyebab dan komponen apa saja yang harus diperiksa saat lampu indikator aki di mobil menyala, serta cara merawat aki. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru