Cara Merawat Motor Listrik Agar Awet dan Hemat Energi

by Tigor Sihombing
cara merawat motor listrik

Kali ini Moladin akan mengulas cara merawat motor listrik agar awet dan hemat energi. Motor listrik semakin populer di Indonesia karena efisiensinya yang tinggi dan dampak lingkungan yang lebih kecil.

Tapi, untuk menjaga performa dan umur panjangnya, perawatan motor listrik perlu diperhatikan dengan benar. Berikut Moladoin sampaikan cara lengkap tentang cara merawat motor listrik agar tetap awet dan hemat energi.

1. Rawat Selalu Baterai Motor Listrik

Baterai adalah komponen paling vital dalam motor listrik. Agar baterai motor listrik tetap awet, lakukan pengisian daya dengan benar.

Mengutip laporan laporan IEA (International Energy Agency) terkait pentingnya perawatan baterai pada kendaraan listrik. IEA mencatat bahwa baterai, terutama jenis lithium-ion, adalah komponen paling krusial dalam kendaraan listrik, dan performanya sangat bergantung pada perawatan yang baik.

Motor listrik Alva
Motor listrik ALVA One XP sudah dilengkapi fitur anti-theft system

“Perawatan yang tepat tetap menjadi faktor utama dalam memastikan efisiensi dan umur panjang​,” tulis laman tersebut dikutip 9 Oktober 2024.

Jangan menunggu baterai benar-benar habis sebelum diisi ulang. Pengisian yang optimal adalah saat baterai tersisa sekitar 20-30%. Hindari juga overcharge dengan membiarkan baterai terus diisi setelah mencapai 100%.

Baca juga  Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Mudah dan Ringkas

Selain itu, gunakan charger yang direkomendasikan oleh pabrikan. Penggunaan charger yang tidak sesuai dapat merusak baterai dan menurunkan efisiensi motor listrik.

2. Lakukan Pengisian Daya di Tempat yang Aman

Pengisian daya sebaiknya dilakukan di tempat yang teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Panas berlebih bisa menyebabkan baterai overheat, yang bisa menurunkan kualitasnya seiring waktu.

Pastikan juga stop kontak dan kabel charger dalam kondisi baik untuk menghindari korsleting atau masalah kelistrikan lainnya.

3. Periksa Sistem Kelistrikan Secara Berkala

Polytron Fox-R pakai suspensi belakang monoshock
Polytron Fox-R pakai suspensi belakang monoshock

Motor listrik memiliki banyak komponen kelistrikan, seperti inverter, controller, dan kabel-kabel. Lakukan pengecekan rutin untuk memastikan tidak ada kabel yang longgar atau komponen kelistrikan yang rusak.

Jika ada masalah pada sistem kelistrikan, segera bawa ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

4. Pentingnya Merawat Ban dan Rem

Meski motor listrik minim perawatan mesin, komponen seperti ban dan rem tetap memerlukan perhatian khusus. Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan rekomendasi pabrik. Ban dengan tekanan ban terlalu tinggi membuat cepat aus.

Baca juga  Lelang Motor Listrik Gesits Jokowi, Laku Rp2,55 Miliar

Sedangkan ban yang terlalu kempes akan mengurangi efisiensi baterai motor listrik. Untuk sistem pengereman, periksa kampas rem secara berkala. Kampas rem yang aus bisa mempengaruhi kinerja pengereman dan meningkatkan risiko kecelakaan.

5. Gunakan Mode Berkendara yang Sesuai

Sebagian motor listrik memiliki berbagai mode berkendara, seperti eco, normal, atau sport. Untuk menjaga efisiensi energi, gunakan mode eco saat berkendara di dalam kota atau di jalanan yang tidak membutuhkan akselerasi cepat.

Mode ini bisa membantu menghemat daya baterai sehingga kamu tidak perlu sering-sering mengisi ulang.

6. Jaga Kebersihan Motor Listrik

Alva gandeng Otoklix resmi bermitra mempermudah konsumen untuk servis
Alva gandeng Otoklix resmi bermitra mempermudah konsumen untuk servis

Motor listrik yang bersih tidak hanya enak dipandang, tetapi juga lebih tahan lama. Bersihkan motor secara rutin untuk menghindari kotoran atau debu yang bisa menempel pada komponen penting, seperti ventilasi atau bagian kelistrikan.

Gunakan kain lembut dan hindari semprotan air bertekanan tinggi agar tidak merusak komponen elektronik.

7. Servis Rutin di Bengkel Resmi

Lakukan servis rutin di bengkel resmi yang memahami motor listrik. Teknisi di bengkel resmi memiliki pengetahuan dan peralatan khusus untuk menangani motor listrik dengan benar.

Baca juga  Tips Merawat Kabel Kopling agar Awet dan Tetap Optimal

Demikian ulasan cara merawat motor listrik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika