Selasa, April 16, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Sejarah i-Cockpit, Kabin Kemudi Modern Ciri Khas Peugeot

by Tigor Sihombing

Peugeot punya kabin kemudi modern yang mereka beri nama i-Cockpit. Penggunaan dashboard bergaya ruang kemudi pesawat ini bermula pada tahun 2010 dan bertahan hingga sekarang. 

Awalnya i-Cockpit hadir di mobil konsep SR1 di Geneva Motor Show pada 2010. Mobil merek Prancis berkonsep coupe-cabriolet elegan ini mengusung desain ruang kemudi modern yang nyaman untuk pengemudi dan lebih emosional.

Ketika kebanyakan mobil menggunakan setir berukuran besar, SR1 membuat gebrakan dengan setir yang lebih kecil. Ini digabungkan panel informasi yang posisinya setinggi mata atau dikenal sebagai head-up display.

Layar sentuh ditambahkan, yang membuat semua kontrol lebih sederhana dan menambahkan konektivitas. Ini adalah awal dari layar sentuh untuk Peugeot.

Pada tahun 2012, desain tersebut dipertahankan lalu dilanjutkan pada Peugeot 208. Barulah ketika itu, resmi disebut sebagai i-Cockpit.

Kelebihan i-Cockpit di Mobil Peugeot

i-Cockpit

Seluruh elemment diserahkan sepenuhnya kepada pengemudi.

Menurut Peugeot dalam keterangan resminya dikutip 26 Maret 2023, dikatakan i-Cockpit memiliki banyak kelebihan. Misalnya memiliki kenikmatan berkendara yang lebih berkat roda kemudi yang ringkas. Alhasil mobil jadi lebih lincah terhadap pergerakan pengemudi, tidak perlu lengan banyak bergerak untuk bermanuver.

Baca juga  Penjualan Peugeot Tumbuh 64 Persen di Indonesia

Selain itu, ruang kemudi bergaya i-Cockpit juga membuat berkendara lebih nyaman. Penyebabnya, semua instrumen terpantau di depan mata. Ini tentu menjadikan ketegangan mata berkurang dan pengemudi jadi bisa lebih fokus.

Desain roda kemudi yang lebih rendah, juga memungkinkan lengan pengemudi diposisikan pada sudut yang lebih nyaman. Plus layar sentuh di tengah, memungkinkan pengoperasian fungsi utama kendaraan secara intuitif.

Desain i-Cockpit juga membuat sisi keselamatan lebih optimal di mobil Peugeot. Hal ini karena roda kemudi yang ringkas membuat reaksi lebih cepat, layar yang ditinggikan membuat mata lebih fokus ke jalan, dan peringatan dasbor lebih terlihat. Semua layout mengurangi kelelahan pengemudi dan karenanya meningkatkan keselamatan.

Selanjutnya di tahun pada tahun 2016, generasi i-Cockpit juga diturunkan pada Peugeot 3008 dan Peugeot 5008. Dalam generasi i-Cocpit sudah memiliki layar digital 12,3 inci yang dapat disesuaikan dan dipersonalisasi sepenuhnya, sementara sakelar-sakelar ditempatkan di bawah layar sentuh tengah untuk mempermudah akses ke fungsi-fungsi penting. Pada tahun 2019, Peugeot 208 generasi kedua memperkenalkan cluster digital 3D.

Baca juga  Panduan Pasang Roof Box di Mobil Peugeot 5008 dan 3008

Di tahun 2021, Peugeot i-Cockpit selangkah lebih maju yang disematkan pada Peugeot 308 (2021) dan 408 (2022) baru dengan diperkenalkannya sistem infotainment i-Connect® baru, roda kemudi kompak baru yang mampu mendeteksi keberadaan tangan pengemudi saat menggunakan alat bantu mengemudi dan i-toggle sensitif sentuhan yang dapat dikonfigurasi untuk penyejuk udara, kontak telepon, stasiun radio, dan pengaturan peluncuran aplikasi.

Demikian ulasan Sejarah i-Cockpit. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika